Aktivitas Anak

Berapa Usia Ideal Anak Untuk Belajar Piano? 

Oleh Kiddo.id   |   

 Anak fokus belajar piano Usia ideal anak untuk belajar piano. (Image Credit: Freepik.com)

Apakah Mama Papa ingin mengajarkan Si Kecil bermain Piano? Tapi apakah umur segini anak sudah boleh diajarkan main Piano? Kekecilan gak yah?

Anak kecil sudah mulai boleh diperkenalkan dasar-dasar belajar Piano di usia 4 tahun. Namun, di usia 6 sampai 9 tahun, anak akan jauh lebih siap secara mental dan kemauan belajar.

Nah, di artikel ini saya juga akan membahas secara lengkap apa saja sih tanda-tanda yang Mama Papa perlu diperhatikan untuk tau kesiapan si kecil belajar piano. Dan tentu tips-tips jitu mulai mengajarkan alat musik ini kepada si Kecil!

Yuks kita mulai!

 

Tanda-Tanda Si Kecil Siap Belajar Piano 

 

1.Si Kecil Punya Kemampuan Dasar Motorik 

Anak belajar piano dan mengenal tuts Anak memiliki kemampuan dasar motorik. (Image credit: Freepik.com)

Paling simple-nya sih Mama Papa bisa melihat apakah Si Kecil sudah dapat memencet tuts dengan baik dan bisa membedakan nada-nada. 

Jika Si Kecil tidak memiliki masalah dalam kedua hal ini, dapat dikatakan Si Kecil sudah mampu untuk belajar piano.

2. Bisa Membedakan Mana Kiri dan Mana Kanan 

Hal ini mungkin tergolong sederhana, tapi sangat penting untuk diketahui loh Ma Pa. Karena kesulitan membedakan kiri kanan pada anak dapat digolongkan sebagai gangguan disleksia. 

Gak hanya membuat Si Kecil kesulitan dalam belajar piano tetapi juga dapat berpengaruh dalam hal lainnya. Nah, kalau ternyata Si Kecil bisa membedakan kiri dan kanan dengan baik, berarti Si Kecil sudah siap untuk belajar piano.

3. Sudah Bisa Berhitung 

Salah satu tahapan penting dalam belajar piano adalah dapat membedakan tangga nada serta ketukan. 

Oleh karena itu kemampuan menghitung ketukan dan mempelajari interval nada sangat penting dimiliki oleh Si Kecil sebelum memulai belajar piano.

4. Si Kecil Punya Motivasi

bu mendampingi anak belajar piano Mama menyemangati si kecil belajar piano. (Image Credit: Freepik.com)

Nah, ini paling penting yah Ma Pa! Si Kecil harus punya motivasi belajar yang tinggi. Seperti Mama Papa ketahui, bahwa belajar piano itu membutuhkan proses yang panjang dan tidaklah mudah. 

Dukungan Mama Papa juga bisa jadi salah satu pemicu agar Si Kecil belajar piano. Misal Si Kecil sudah terlihat gak terlalu bersemangat, Mama Papa tetap harus menyemangatinya yah!

5. Si Kecil Dapat Fokus Selama 30 Menit 

Gak cuman motivasi, fokus adalah hal penting yang diperlukan dalam proses belajar. Untuk belajar piano, setidaknya Si Kecil dapat memusatkan perhatian dan fokus belajar selama 30 menit. 

Tentunya, dengan konsistensi yah Ma Pa!

6. Konsisten Berlatih Tiap Hari 

Konsistensi adalah perlu dan penting! Coba Mama Papa bayangkan apabila Si Kecil dapat konsisten tiap hari belajar selama 30 menit, ya pasti akan ada perkembangan latihan yang terlihat kan?

Peran Mama Papa disini penting juga loh untuk menjaga konsistensi latihan Si Kecil. Selalu berikan semangat yah untuk Si Kecil!

7. Cukup Umur dan Dapat Mengikuti Instruksi 

Katanya sih gak ada usia ideal untuk belajar piano. Tapi, beberapa ahli mengatakan bahwa usia 6-9 tahun adalah usia yang pas!

Kenapa?

Di usia 6 tahun, Si Kecil sudah memiliki satu tahun pengalaman di TK dan terbiasa dengan pembelajaran dan arahan dari orang dewasa. Otak Si Kecil dapat mempelajari dengan cepat. Gak hanya itu, tangan Si Kecil sangat fleksibel tapi juga gesit untuk mulai bermain piano.

Nah, di usia 7-9 tahun sendiri Si Kecil siap mental untuk mempelajari bahasa musik yang kompleks dengan lebih mudah. 

Alasan lainnya sih, di rentang usia ini Si Kecil memiliki jumlah waktu yang banyak untuk dapat berlatih. Karena di usia 9 tahun keatas biasanya Si Kecil sudah punya minat lain.

Baca juga : 10 Manfaat Musik bagi Tumbuh Kembang Anak

Tips Belajar Piano Untuk Anak 

Nah, kalau Si Kecil sudah ada tanda-tanda mau belajar piano, saatnya Mama Papa mulai menyiapkan beberapa hal berikut yah!

1.Sediakan Piano di Rumah 

Anak bermain piano Anak bermain piano keyboard di rumah. (Image Credit: Freepik.com)

Paling mendasar adalah Mama Papa mulai sediakan piano di rumah. Gak perlu sampai harus beli Grand Piano yang super mahal, Mama Papa bisa mulai dari menyiapkan organ atau digital piano.

Karena bagus atau tidaknya sebuah piano itu tidak menjamin Si Kecil dapat bermain piano dengan baik kog, Ma. Paling penting adalah Si Kecil dapat berlatih piano secara rutin saja.

2. Atur Bangku Piano Sesuai Tinggi Si Kecil 

Ini hal simple tapi memiliki efek cukup besar! Saatnya atur bangku piano disesuaikan dengan tinggi Si Kecil yah Ma Pa. 

Bayangkan saja apabila Si Kecil duduk terlalu tinggi atau rendah dari piano, maka dipastikan tidak akan merasa nyaman. Pada akhirnya, ini akan mempengaruhi fokus Si Kecil ketika belajar.

Sekarang juga tersedia kursi piano yang bisa diatur tingginya menggunakan putaran knob loh Ma! Sehingga cukup beli sekali bisa sampai si Kecil beranjak dewasa!

3. Buat Menyenangkan, Fokus Di Akurasi 

Hal rutinitas yang dilakukan tiap hari biasanya akan menimbulkan kebosanan. Mama Papa pun harus mengarahkan Si Kecil bahwa belajar piano adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan!

Gimana caranya?

Mama Papa bisa loh ikutan latihan Si Kecil dengan menggunakan alat musik lainnya. Si Kecil pun akan merasa lebih happy dengan dukungan Mama Papa.

Ingat yah Ma Pa, Si Kecil sebisa mungkin harus fokus terutama di akurasi. Apabila hal ini sudah dilakukan dengan baik, tahap belanjar selanjutnya pun gak akan susah! 

4. Ajarkan Si Kecil Pola Kebiasaan Latihan 

Untuk menghindari kebosanan, coba juga Mama Papa mengatur pola jadwal latihan dan ajarkan hal ini kepada Si Kecil.

Biasanya saya sih akan memberikan makanan kesukaan Si Kecil sebelum mengikuti les piano. Hal kecil seperti ini bisa loh bikin semangat Si Kecil!

5. Saling Berlatih Dengan yang Lain 

Anak bermain piano dengan teman sebaya  Berlatih piano dengan yang lain dapat menyemangati anak untuk belajar lebih giat. (Image credit: freepik.com)

Sesekali ajak Si Kecil untuk dapat berlatih bersama teman yang lainnya. Ini bisa jadi satu cara agar Mama Papa bisa mengamati dan mengukur kemampuan bermain piano Si Kecil dengan yang lain.

Si Kecil akan secara gak sadar juga akan mengamati teman lainnya. Ketika dia melihat temannya lebih mahir, maka jiwa kompetisi Si Kecil akan tumbuh dan hal ini mendorong untuk belajar lebih giat. 

Sebaliknya, bisa saja dengan berlatih bersama maka kemampuan Si Kecil menjadi lebih baik

 

Ayo Belajar Piano di Kiddo.id!

 

Nah kalau Si Kecil sudah memiliki tanda-tanda ingin berlatih piano dengan serius dan Mama Papa sudah all set menyiapkan kebutuhan belajar Si Kecil, maka segera dimulai latihan belajar piano yah!

Kiddo.id menyediakan berbagai pelatihan piano secara privat dari para guru piano terbaik. Gak hanya privat, Mama Papa juga bisa loh sekarang melatih secara online.

Apalagi yang ditunggu? 

Daftarkan Si Kecil sekarang!

Seberapa suka dengan artikel ini?