Parenting

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Tempat Les Bahasa Inggris

Oleh Kiddo.id   |   

Keluarga Kiddo, Bahasa Inggris kini menjadi sesuatu yang dipelajari sejak usia dini. Bahkan berbagai kursus Bahasa Inggris mulai membuka kelas bagi balita dan anak usia TKuntuk menampung tuntutan adanya kursus bagi pelajar dengan usia belia. Kalau Keluarga Kiddo ingin mencari tempat kursus untuk Belajar Bahasa Inggris, perhatikan dulu tips memilih tempat kursus bahasa Inggris berikut ini. 

Tips memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris Yang Bagus 

1. Lokasi 

Memilih tempat kursus dimulai dengan lokasi. Umumnya Keluarga Kiddo akan pilih tempat yang dekat dengan rumah. Walau nyaman pergi kursus yang dekat rumah, kadang tidak banyak pilihan yang ada dalam satu area. 

Memilih tempat untuk kursus yang dekat memberikan banyak keuntungan. Keluarga Kiddo tidak kesulitan untuk mengantar atau jemput anak karena lokasinya yang dekat dengan rumah Bahkan sang buah hati bisa berangkat dan pulang sendiri kalau lokasinya sangat dekat. 

Memilih tempat kursus yang agak jauh juga bisa dilakukan kalau sejalur dengan tempat kerja. Jadi keluarga Kiddo bisa mengantar anak sekaligus berangkat kerja. Anak bisa belajar semangat karena diantarkan oleh orang tuanya. Sementara mama papa juga bisa beraktivitas dengan nyaman karena tidak perlu memilih rute jauh. 

Mama Papa tentu memiliki kesibukan masing-masing yang perlu dipertimbangkan dalam hal memilih tempat kursus. Jadi, pilih kursus untuk Bahasa Inggris yang berada tidak jauh dari rumah atau tempat kerja. 

2. Jarak Tempuh 

Keluarga Kiddo yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung tentu sangat paham kalau waktu sangat penting untuk pergi ke suatu tempat. Di kota-kota tertentu kita hanya bisa pergi ke satu atau dua tempat, kalau beruntung dalam satu waktu. 

Keluarga Kiddo bisa memilih tempat kursus Bahasa Inggris dengan terlebih dahulu memeriksa jarak dan jarak tempuhnya. Mulai dengan pergi dari rumah dan menuju tempat kursus yang diminati. Lihat, berapa lama perjalanan untuk sampai ketempat tujuan. 

Keluarga Kiddo juga harus membedakan antara bepergian dengan mobil motor atau kendaraan umum. Walau bisa lebih cepat sampai dengan pakai motor, tapi kalau sehari-hari pakai mobil, tentu lama perjalanan jadi beda. 

Hal lain yang harus diperhatikan adalah bagaimana si kecil bersikap kalau harus menempuh perjalanan jauh. Apakah mereka mudah bosan dan gak sabaran? Kalau iya, tentu pilihan terbaik adalah memilih tempat yang dekat-dekat saja. 

3. Reputasi  

Bagi anak-anak tentu reputasi bukanlah hal yang penting. Namun, bagi orang tua tentu hal ini sangat menentukan apakah akan menaruh anaknya di tempat kursus tersebut atau tidak.  Rekomendasi teman atau bahkan anggota keluarga dapat memberikan gambaran mengenai apakah sebuah tempat kursus untuk Bahasa Inggris bagus atau tidak. 

Tentu saran yang diterima akan beragam. Selain itu, pengalaman seseorang bisa berbeda dengan orang lain. Sehingga pendapat subjective tidak bisa dijadikan satu-satunya pertimbangan saat memilih tempat kursus. 

Perhatikan apakah ada keluhan pelanggan di media sosial. Atau adakah ulasan buruk tempat kursus tersebut dari sumber lainnya. Kini sudah banyak kursus Bahasa Inggris yang memiliki website dan sosial media sendiri. Jadi, sangat mungkin kalau memperhatikan hal ini dalam rangka mempertimbangkan mau belajar Bahasa Inggris dimana. 

4. Sesuai Kesibukan Anak  

Cara memilih tempat kursus terbaik adalah memilih kursus yang jam pelajarannya sesuai dengan kesibukkan anak. Iya, bahkan anak-anak memiliki kesibukannya sendiri. Keluarga Kiddo tentu pernah melihat anak yang les musik, menari dan Bahasa Inggris. Si kecil bisa sibuk seharian berpindah dari sekolah ke tempat kursus dan ke tempat kursus lainnya. 

Anak bisa belajar banyak hal karena masih muda. Mereka dapat menyerap pengetahuan lebih baik dari pada orang dewasa. Tapi mereka juga memerlukan struktur dan kegiatan sehari-hari yang seimbang antara belajar dan bermain. 

Kalau keluarga Kiddo sedang mencari kursus untuk anak belajar Bahasa Inggris, coba untuk  melihat jadwal kesibukan anak yang sudah ada terlebih dahulu. Apakah mereka bisa mengikuti atau bahkan jadi kecapean. 

5. Sesuai Dengan Keinginan 

Hal paling penting dalam memilih tempat kursus Bahasa Inggris adalah apa yang diinginkan si kecil dan orang tua. Apakah keduanya sepaham atau ada perbedaan pendapat. Sangat penting untuk dapat mengetahui apakah anak suka atau tidak. 

Anak yang akan belajar, jadi kalau tidak bisa menemukan tempat yang mereka sukai, maka Keluarga Kiddo akan kesulitan. Jalan terbaik adalah mengkomunikasikan apa yang dibutuhkan anak. Bagaimana mengetahuinya? 

Baca juga: 5 Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Online untuk Si Kecil

Keluarga Kiddo bisa mengajak si kecil bercakap-cakap tentang tempat kursus seperti apa yang dia inginkan. Dengan demikian, Keluarga Kiddo dapat mencari tempat kursus untuk belajar Bahasa Inggris yang sesuai dengan keinginan anak. 

Kalau anak tidak tahu apa yang dia inginkan? Keluarga Kiddo bisa menjelaskannya perlahan-lahan. Umumnya tempat kursus anak-anak lebih banyak porsi bermain dan pengenalan konsep dasar. Coba sosialisasikan pada anak tentang hal-hal mengenai tempat kursus yang bisa menarik perhatian anak. 

Itulah 5 tips memilih tempat Kursus Bahasa Inggris yang disukai oleh anak dan sesuai harapan orang tua. Dengan demikian semua pihak bisa puas dengan pemilihan kursus karena memenuhi harapan keluarga Kiddo dan si kecil tentunya.  Kiddo.id adalah platform terbaik untuk membantu si kecil belajar Bahasa Inggris melalui rekomendasi tempat kursus atau berbagai aktivitas yang dapat si kecil ikuti. Berbagai tempat kursus yang tersedia di Kiddo.id merupakan merchant pilihan terbaik yang siap bantu si kecil mengasah kemampuan Bahasa Inggrisnya!

Seberapa suka dengan artikel ini?