Resep

Aneka Resep Ikan Nila Yang Enak Disantap Bersama Keluarga

Oleh Naila Humaira   |   

Mama memiliki banyak ikan nila di rumah tapi bingung mau dimasakin jadi apa? Kini, Mama tidak perlu bingung lagi karena ada banyak aneka resep ikan nila mulai  di rebus, di goreng, hingga dijadikan pepes. Apalagi makan ikan nila ditambah dengan nasi panas plus aneka menu makan pelengkap lainnya, membuat Si Kecil jadi bertambah nafsu makannya!

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Ikan nila cukup mudah ditemui dan sering dijadikan santapan sehari-hari di berbagai daerah. Hal ini dikarenakan ikan nila dapat diolah menjadi berbagai menu olahan yang beragam, seperti diolah menjadi menu berkuah, panggang, goreng, hingga menjadi pepes. Ikan nila  mengandung lebih banyak nutrisi sehat dan tentunya memberikan manfaat bagi tubuh kita. Hmm, apa aja ya?

Mengandung Omega-6

Apakah Mama Papa sedang mencari asupan makanan yang mengandung asam lemak tinggi atau lebih dikenal dengan Omega-6? Jika iya, Mama Papa tidak perlu bingung, karena ikan nila memiliki kandungan yang sangat sesuai dan memiliki peran untuk  membantu tubuh menjaga kadar kolesterol. Kandungan Omega-6 juga sangat bermanfaat untuk penderita yang memiliki penyakit diabetes untuk mempersiapkan sel otot untuk merespons insulin, serta mampu mencegah penyakit jantung koroner. Menurut berbagai literatur menunjukkan bahwa ikan nila juga baik dikonsumsi oleh anak untuk pertumbuhan otak.

Mengandung Protein

Perlu Keluarga Kiddo ketahui bahwa ikan nila juga memiliki protein loh! Kandungan protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menyembuhkan jaringan tubuh yang rusak, menyeimbangkan hormon, membantu aliran oksigen dalam tubuh, hingga mencerna makan. Selain itu, kandungan protein pada ikan nila juga penting untuk pertumbuhan tulang dan otot. Adapun menurut berbagai literatur menyebutkan bahwa asngat penting bagi sikecil untuk mengonsumsi ikan nila karena memiliki manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan organ, membran, sel, dan otot. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi ikan nila, Keluarga Kiddo dapat merasakan semua manfaatnya.

Mengandung Kalsium

Ikan nila juga memiliki kandungan kalsium sebesar 12 mg yang bermanfaat untuk kesehatan tulang, salah satunya mencegah terjadinya osteoporosis. Menurut berbagai literatur juga menyebutkan bahwa kandungan kalsium pada ikan nila dapat berperan penting untuk proses pembekuan darah dan kesehatan otot, salah satunya otot jantung.

Mengandung Omega-3

Ikan nila memiliki sumber asam lemak omega-3 yang kaya dan secara langsung  dapat menetralkan dampak asam lemak omega-6. Kandungan omega-3 bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, paru-paru, hingga menjaga sistem imun. Adapun studi literatur menunjukkan kandungan asam lemak omega-3 pada ikan nila membantu mencegah aterosklerosis dan stroke, membantu meningkatkan kekuatan otak serta membantu peningkatan fungsi neurologis.

Mengandung Selenium

Menurut literatur menunjukkan bahwa selenium dikenal sebagai antioksidan dan berperan merangsang vitamin E dan C untuk meningkatkan kesehatan kulit. Oleh karena itu, perlu Mama ketahui bahwa ikan nila juga memiliki kandungan selenium sekitar 78 persen yang bermanfaat untuk menjaga imunitas sehingga dapat membuat daya tahan tubuh lebih baik.

Baca juga : Resep Mudah Buat Fish and Chips, Kreasi Ikan Untuk Anak

Beragamnya kandungan nutrisi serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita, pasti Mama penasaran kan, ikan nila sebaiknya  dReikanNila Asam pedasgklik iolah menjadi menu apa ya yang cocok buat berbuka puasa? Berikut Kiddo akan merangkum aneka resep ikan nila.

Resep Ikan Nila Asam Pedas

Kalau Mama lagi ngidam banget bikin masakan ada rasa asam pedas, Mama bisa menggunakan bahan utama ikan nila menjadi menu ikan nila asam pedas, loh! Mama bisa mengetahui bahan dan cara membuatnya dengan mengklik Resep ikan nila asam pedas (credit : www.youtube.com)

Resep Ikan Nila Goreng Bumbu Kuning

Apakah Mama ingin resep yang sederhana dan mudah disantap bersama keluarga di rumah? Jika iya, Mama bisa menggunakan resep sederhana ini dengan bahan utama ikan nila dengan menu ikan nila goreng bumbu kuning. Wah, si kecil bisa lahap dan ingin nambah makan nih, Ma! Mama bisa mengetahui bahan yang perlu disiapkan dan cara membuatnya dengan mengklik Resep ikan nila goreng bumbu kuning (credit : www.youtube.com)

Resep Ikan Nila Pepes

Udah mencoba dua menu di atas dan bosan? Mama bisa membuat menu ikan nila dengan cara dipepes. Wah, makan ikan nila pepes bisa bikin air liur menetes nih, Ma karena baunya yang sedap dengan beraneka macam rempah-rempahnya! Lalu, bahan dan cara membuatnya gimana ya? Mama bia mengklik Resep ikan nila pepes (credit : www.youtube.com)

Resep Ikan Nila Balado

Jika Mama ingin membuat menu makanan yang pedas, Mama bisa mencoba resep ikan nila balado. Mama bisa mengetahui bahan yang disiapkan dan cara membuatnya dengan mengklik Resep ikan nila balado (credit : www.youtube.com)

 

Itulah 4 aneka resep ikan nila yang dapat Mama coba sebagai hidangan utama. Kiddo.id juga memiliki kumpulan aneka resep sederhana dan mudah dilakukan bersama Keluarga Kiddo di rumah, loh! Agar Mama lebih cerdas dan kreatif membuat aneka masakan untuk keluarga di rumah, Mama bisa membaca aneka resep di sini.

Selamat mencoba dan menikmati aneka resep olahan ikan nila Keluarga Kiddo!

Seberapa suka dengan artikel ini?

Aktivitas akan datang