Resep

Resep Donat Kentang Sederhana untuk Cemilan Si Kecil

Oleh Naila Humaira   |   

resep donat kentang sederhanaResep donat kentang sederhana (Image credit : freepik.com)

 

Salah satu aneka camilan yang digemari oleh berbagai kalangan, terutama anak-anak adalah camilan donat. Donat di masa kini memiliki aneka jenis macam donat yang tidak kalah enak dibandingkan dengan donat biasa, yakni dinamakan dengan donat kentang.

Donat kentang memiliki tekstur lebih enak dan empuk. Kentang merupakan salah satu jenis sumber karbohidrat pada makanan yang biasanya disantap bareng dengan nasi dan menu lauk pauk lainnya. Namun, siapa sangkanya ternyata kentang bisa diolah menjadi aneka camilan manis yang disukai oleh berbagai kalangan, yakni donat. Membayangkan kelembutan donat bila dicampur dengan kentang menjadi menu yang pas untuk berbuka puasa dimulai dengan yang manis-manis dulu.

Kentang atau yang dikenal dengan nama ilmiah Solanum tuberosum L. ini memiliki beragam kandungan yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, yakni sebagai berikut.

Mengandung Antioksidan

Mama perlu mengetahui bahwa kentang memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan serangan berbagai macam penyakit seperti kanker, diabetes, atau penyakit jantung. Adapun kentang yang mengandung antioksidan empat kali lebih banyak dari kentang biasa, dapat Mama temukan pada kentang yang berwarna ungu.

Mengandung Resistant Starch

Di dalam kentang terdapat zat tepung yang dinamakan dengan resistant starch yang dapat dimanfaatkan untuk mengontrol gula darah, berguna untuk bakteri yang ada di usus besar, serta bermanfaat untuk mengurangi resistansi insulin agar gula darah menjadi lebih terkontrol.

Manfaat lainnya dengan adanya resistant starch yakni dapat menjaga sistem pencernaan. Hal ini dijelaskan ketika resistant starch memasuki sistem pencernaan, ia akan berubah menjadi asam lemak rantai pendek bernama butirat untuk membantu menjaga kesehatan Keluarga Kiddo.

Mengandung Vitamin B6

Apakah kentang memiliki vitamin? Jawabannya tentu ada.

Kentang mengandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi saraf dan otak. Kandungan vitamin B6 dalam kentang dapat membantu mengatasi stress, depresi, hingga gangguan kecemasan. Serta dapat mendorong pelebaran pembuluh darah untuk memastikan otak cukup mendapatkan darah.

 Baca juga : Resep Membuat Jajanan Cimol Mozarella Ala Rumahan

 

Resep Donat Kentang Sederhana

Selain dipaparkan mengenai kandungan dan manfaat untuk tubuh, ada satu manfaat lainnya bila mengonsumsi kentang, yakni bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kentang dapat memberikan rasa kenyang sehingga tidak ada lagi keinginan untuk mengonsumsi jenis makanan ringan.

Mama dapat menggunakan kentang sebagai menu diet sehari-hari dengan mengolahnya menjadi dikukus, digoreng, atau merebus. Namun, saat ini kentang juga bisa dijadikan sebagai aneka cemilan, yakni menjadi donat kentang. Berikut ini Kiddo akan membagikan resep membuat donat kentang sederhana untuk cemilan Si Kecil.

Bahan-bahan :

  1. 250 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 100 gr kentang (kukus lalu haluskan)
  3. 2 kuning telur
  4. 80-90 ml susu cair dingin
  5. 30 gr margarin
  6. 40 gr gula pasir
  7. 1 1/2 sdt ragi
  8. 1/4 sdt garam

Catatan tambahan :

  1. Susu cair dapat diganti dengan air putih dingin
  2. Susu cair bisa ditambahkan atau dikurangi dari resep karena tiap tepung memiliki perbedaan kelembaban.

Cara Membuat :

  1. Masukkan tepung terigu, gula pasir dan ragi lalu diaduk sampai tercampur rata
  2. Selanjutnya, masukkan kentang, kuning telur dan masukkan susu cair dingin sedikit demi sedikit lalu uleni sampai setengah khalis
  3. Lalu, masukkan margarin dan  garam kemudian uleni sampai khalis
  4. Selanjutnya, bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bulatkan
  5. Letakkan di loyang yang sudah ditaburi tepung agar tidak lengket lalu tutup dengan kain dan diamkan selama 20 menit
  6. Setelah 2o menit, pipihkan atau tekan sedikit adonan
  7. Selanjutnya lubangi adonan dan diamkan selama 20 menit
  8. Setelah 20 menit, Mama bisa menggoreng donat dengan menggunakan api kecil
  9. Terakhir, beri topping donat sesuai selera dan donat siap untuk disantap!

Untuk lebih jelasnya bila Mama belum bisa membayangkan cara membuatnya, Mama bisa menonton video di bawah ini.

Credit: CR Cook Youtube Channel

 

Mama butuh inspirasi masakan untuk keluarga di rumah? Tenang dan jangan kebingungan, Kiddo.id juga menyediakan kumpulan aneka resep sederhana dan mudah dilakukan bersama keluarga Kiddo di rumah, loh! Mama bisa membaca aneka resep di sini.  Selamat mencoba resep donat kentang Keluarga Kiddo!

 

Seberapa suka dengan artikel ini?

Aktivitas akan datang