Parenting

10 Teknik Awal Mengajar Anak Mengaji Iqro dengan Benar

Oleh Kiddo.id   |   

Anak belajar Iqro bersama orang tua sejak dini

Mengajari anak belajar mengaji Iqro sejak dini sangat penting untuk membentuk karakternya.

(Image credit: 123rf.com)

Masih inget gak, kalo Mama Papa khatam Al Quran di umur berapa tahun? Pasti nih jadi satu kebanggaan tersendiri apabila Si Kecil sudah khatam Al Quran sejak dini juga, ya kan?Nah, supaya Si Kecil bisa khatam Al Quran sejak dini, Mama Papa harus mengajarkan Si Kecil mengaji Iqro dari kecil. Tapi kalau anaknya susah atau tidak mau diajarin bagaimana?

Nah, di artikel ini saya akan memberikan tips-tips jitu supaya Si Kecil bisa mulai belajar mengaji Iqro dengan benar.

 

Yuks, langsung kita mulai!

1. Kenalkan Agama Islam Sejak Dalam Kandungan

Membaca Alquran bersama pasangan sejak anak masih di dalam kandungan

Menjadi contoh yang baik sejak anak masih di kandungan dengan cara rajin membaca Alquran.

(Image credit: 123rf.com)

Mama Papa pasti paham peribahasa “Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya”, atau kalau diartikan “Perilaku anak pasti tidak jauh dari perilaku orang tua”

Jadi Mama Papa paham kan, kalau Si Kecil mau jadi anak yang soleh artinya sejak anak masih di dalam kandungan, Mama Papa juga harus mulai mencontohkan sikap-sikap orang yang soleh juga ya!

Lalu, bagaimana caranya agar Mama Papa bisa menjadi contoh yang baik bagi Si Kecil? 

Cara paling mudahnya adalah dengan membiasakan mengaji, mengajarkan tentang adzan, solat, dan doa sehari-hari; baik dari kandungan sampai anak lahir dan semakin bertumbuh. 

Dan satu lagi, jangan memberikan contoh kurang baik di depan Si Kecil ya! Mama Papa harus ingat anak adalah peniru dari apa yang dilakukan orang tua.

 

2. Memperkenalkan Huruf Hijaiyah

Belajar huruf hijaiyah itu sama mudahnya kayak belajar huruf alfabet loh Ma. Malah saya waktu kecil lebih suka belajar huruf hijaiyah dibandingkan belajar membaca A I U E O.

Sebenarnya Mama Papa sudah bisa mengajarkan Si Kecil huruf hijaiyah itu sejak Si Kecil mulai belajar membaca. Biasanya saat umur anak sekitar 3 – 4 tahun-an. 

Nah, Mama Papa bisa mengenalkan huruf alfabet dan huruf hijaiyah secara bersamaan. Dan, cara paling gampang mengenal huruf hijaiyah itu adalah belajar sambil menyanyi.

Mama Papa bisa lihat video di Youtube tentang huruf-huruf hijaiyah. Kalau setiap habis mandi sore Si Kecil dinyanyikan lagu tentang huruf-huruf hijaiyah, pasti Si Kecil akan cepat hafal tuh!

3. Mengulang Huruf Hijaiyah Setiap Hari 

Mama Papa pasti suka merasa bosan kalau Si Kecil minta diputar lagu itu-itu terus di Youtube? Mama Papa gak boleh bosen ya! Itu tandanya Si Kecil punya selera sendiri terhadap musiknya.

Nah sekarang coba Mama Papa cari lagu tentang huruf-huruf hijaiyah, ada gak yang Si Kecil suka? Pasti kalau ada yang disukain, bakal diputer-puter terus tuh lagunya, dan lama-lama hafal deh huruf-huruf hijaiyah.

Nah kalau sudah hafal, coba Mama Papa test Si Kecil, misalnya huruf hijaiyah sehabis alif apa hayooo? Terus sehabis jim apaaa? Kalau Si Kecil lupa, putar lagi lagunya. 

Pasti seru deh main games ini bareng-bareng ya!

4. Memberi Visual Terhadap Huruf Hijaiyah

Saya dulu waktu belajar huruf hijaiyah, selalu ingat huruf “Jim” bentuknya seperti gajah, karena sama-sama punya perut yang gendut. Karena ingatnya sama huruf “Jim” huruf yang lain jadi suka lupa hehehe.

Sebenarnya cara ini juga bisa digunakan Mama Papa buat mengingat-ingat bentuk huruf hijaiyah ke Si Kecil. 

Misalnya “Alif” itu mirip tongkat, “Ba” itu perahu, “Tsa” itu perahu dengan tiga orang penumpang. 

Cara ini bisa membantu Si Kecil mengingat huruf hijaiyah melalui teknik visualisasi. Ketika mereka bisa mengaitkan bentuk huruf hijaiyah dengan sebuah objek, akan jauh lebih mudah untuk menghafalnya.

Baca juga : 5 Cara Mama Buat Ramadhan Lebih Menyenangkan Bagi Si Kecil

5. Belajar dengan Games

Siapa sih disini yang tidak suka bermain games? Gak cuma Si Kecil, Mama Papa pasti juga suka bermain games kan? Main games memang menyenangkan, dan juga ada manfaatnya. Mama Papa bisa memanfaatkan games untuk belajar membaca Iqro Si Kecil.

Nah contoh yang paling mudah main games sambil belajar Iqro itu dengan menggunakan flash card.

Flash card itu adalah kartu yang memiliki karakter di setiap lembarnya. 

Nah Mama Papa bisa membeli flash card yang khusus berisi huruf-huruf hijaiyah. Nanti Mama Papa bisa sambil main games tebak-tebakan sama Si Kecil dengan menggunakan flash card itu. 

Dijamin seru dan cepat hafal deh!

6. Belajar dengan Bernyanyi

Generasi sekarang beruntung banget ya karena ada banyak lagu anak-anak yang bisa dipilih untuk di dengarkan. 

Selain itu, mereka bisa mendengarkan lagu-lagu dimanapun dan kapanpun mereka mau. Mulai dari TV, HP atau bahkan saat berkendara di mobil. Jadi ingat jaman saya kecil dulu, kalau mau mendengarkan lagu harus beli kaset nya dulu dan pilihannya gak banyak.

Nah lagu anak-anak sekarang kan sudah banyak ya, ada gak di antara lagu anak-anak tersebut yang Si Kecil suka? 

Kalau anak saya sih saya pengaruhi sama lagunya Nusa Rara yang judulnya Huruf Hijaiyah. Lagu ini enak banget! Gak cuma anak saya yang suka, saya pun juga suka. Bahkan kakak yang sudah besar pun selalu ikutan nyanyi bareng!

7. Membagikan Kisah Alquran 

Dari semua buku-buku bacaan di rumah, saya waktu kecil paling suka membaca kisah-kisah Nabi. Cerita tentang Nabi-Nabi tuh menurut saya banyak banget pelajarannya. 

Sejak kecil, saya paling suka kisah Nabi Sulaiman yang bisa berbicara dengan hewan. Dan tentunya kisah tentang Nabi Muhammad SAW dong.

Dulu saya suka cerita tentang Nabi karena sering didongengin sama Mama Papa saya sehabis Sholat Magrib berjamaah. Kadang sebelum tidur saya minta agar cerita dongeng yang tadi dibacakan supaya diulang lagi. 

Mungkin Mama Papa bisa mencontoh pengalaman saya, karena Si Kecil kalau sudah tertarik sama kisah Nabi, dia akan membaca sendiri dan akhirnya jadi belajar membaca deh.

Eits, gak cuma kisah-kisah teladan aja loh yang dipelajari dari kisah tentang Nabi-Nabi, Si Kecil juga bisa belajar huruf hijaiyah juga! 

Caranya gampang kok, Mama Papa tinggal beli buku tentang kisah Nabi yang ada gambarnya, dan ada keterangan dalam huruf hijaiyah juga. Dijamin Si Kecil makin betah baca-baca buku.

Mama Papa juga bisa loh pilihin kisah-kisah Nabi apa yang paling menarik buat Si Kecil ikuti. Nanti kalau Si Kecil sudah hafal kisahnya, coba minta mereka menceritakan lagi ke Mama Papa.

8. Ikut Kursus Mengaji 

Salah satu hal yang paling saya kangenin waktu kecil adalah pergi mengaji ke Taman Pengajian Anak (TPA) setiap sore. Disana saya belajar mengaji dan bertemu teman-teman. 

Pulang mengaji kita langsung main sepeda bareng-bareng. Rasanya indah sekali kalau mengingat masa-masa itu.

Apa yang saya alami mungkin juga bisa dialami sama Si Kecil ya. Mama Papa juga harus memikirkan kursus mengaji buat Si Kecil karena mungkin Mama Papa belum sempat mengajarkan secara langsung karena sibuk kerja. 

Mungkin dulu Mama Papa bisa memberikan Si Kecil kursus mengaji di TPA secara langsung. Namun sekarang karena pandemi jadi tidak bisa ya Ma. Tapi Mama Papa gak usah khawatir, Si Kecil masih bisa belajar mengaji secara online. 

Apalagi sekarang banyak pilihan kursus belajar mengaji online. Salah satu-nya adalah di Kiddo!

Melalui Kiddo Mama Papa bisa memilih kursus mengaji sesuai kebutuhan Si Kecil. Mama Papa bisa memilih private mengaji, mengaji Iqro atau Quran, bahkan juga bisa sambil mengambil kelas matematika! Wah banyak ya pilihannya dan bagus-bagus lagi!

9. Coba Manfaatkan Beragam Teknologi 

Waktu masih kecil, Mama Papa belajar mengaji Iqro melalui metode apa? Pasti jawabannya hanya melalui buku Iqro. 

Beda banget ya Ma dengan zaman sekarang. Zaman dulu Mama Papa gak punya banyak pilihan dalam belajar Iqro. Kalau zaman sekarang? Wah banyak banget Ma! 

Anak-anak sekarang bisa belajar menggunakan Youtube, dengan aplikasi di HP, bahkan menggunakan Al Quran yang bisa mengeluarkan suara. 

Karena ada banyak pilihan cara, Mama Papa harus mencoba semua cara tersebut! Si Kecil masa sih ga suka lihat Youtube? Nah, makanya Mama Papa gunakan Youtube buat belajar mengaji Iqro. 

Anak juga pasti suka bermain games kan? Nah kalau ini Mama Papa bisa mengajarkan dia belajar mengaji sambil bermain games di aplikasi yang ada di HP.

10. Memberikan Pemahaman Arti Mengaji

Belajar mengaji bersama orang tua di rumah

Ajak anak mulai belajar mengaji dan tanamkan manfaat menjadi anak soleh.

(Image credit: 123rf.com)

Dulu waktu awal-awal saya suka sebel kalau disuruh pergi mengaji. Dulu sampai harus dimarahi dulu sama Mama baru saya mau berangkat mengaji. Tapi kini waktu saya punya anak, saya baru sadar arti penting dari mengaji.

Belajar dari pengalaman saya, Mama Papa harus bisa memberi arti kepada Si Kecil tentang pentingnya mengaji. Mama Papa harus memberikan pemahaman sejak dini, “Kenapa sih aku harus ngaji?”

Jawaban paling mudah adalah karena agar jadi anak yang soleh. Dan anak yang soleh akan disayang Allah SWT. Tanamkan hal ini ke Si Kecil sejak dini. 

Mungkin dampaknya gak akan langsung terasa, tapi nanti pas Si Kecil sudah mulai beranjak dewasa ia baru akan merasakan manfaatnya.

Kalau Si Kecil semakin rajin belajar Iqro, Mama Papa juga jangan sungkan untuk memujinya. Anak itu paling suka dipuji. Dan pasti dijamin Si Kecil akan semakin rajin untuk belajar Iqro. Kalau Si Kecil rajin dan bertambah pintar, pasti Mama Papa akan bangga sekali kan.

 

Nah, itu dia penjelasan saya tentang 10 tips teknik awal anak belajar mengaji Iqro? Bagaimana menurut Mama Papa? Mudah bukan? Mudah-mudahan Mama Papa bisa mulai mempraktekkannya ke anak-anak di rumah ya dan semoga anaknya juga semakin rajin dan bertambah pintar! 

Huaaaa semangat Mama Papa dan Si Kecil‼

Seberapa suka dengan artikel ini?