Parenting

5 Tips Memilih Sekolah Dasar (SD) yang Tepat Untuk Anak

Oleh Kiddo.id   |   

anak belajar di sekolah

Sekolah dasar yang baik membuat anak nyaman dan betah belajar.

(Image credit: 123rf.com)

 

Ketika si kecil sudah tumbuh besar dan mulai masuk sekolah dasar, pasti Mama Papa akan memilih sekolah untuk anak sd yang berkualitas dan unggul, bukan? Pasalnya lingkungan sekolah memiliki peran penting untuk tumbuh kembang si kecil, kalau Mama Papa mencari lingkungan yang tidak bagus dan tidak cocok dengan si kecil, dikhawatirkan mereka akan frustasi. 

Selama di sekolah SD, kemungkinan si kecil akan mempelajari banyak hal yang baru bagi mereka. Makanya pastikan Mama Papa memilih sekolah SD yang tepat bagi si kecil, agar mereka semangat belajar. 

Memilih sekolah untuk anak sd yang tepat bagi perkembangan si kecil memang tak mudah ya. Ada beberapa hal yang perlu Mama Papa perhatikan dengan teliti, mulai dari kualitas sekolah, jarak rumah ke sekolah, program belajar dan kebijakan sekolah, dan lain sebagainya. 

Tips Memilih Sekolah Dasar (SD) yang Tepat Untuk Anak

Kalau Mama Papa masih bingung juga, simak artikel ini ya, karena Kiddo.id akan memberikan 5 tips memilih sekolah SD untuk anak.

Yuk, langsung saja kita simak bersama!

  1. Tentukan Kriteria 

Anak sedang bermain bersama temannyaKriteria sekolah yang baik mendukung tumbuh kembang anak.

(Image credit: 123rf.com)

 

Langkah pertama yang perlu Mama Papa lakukan sebelum memilih sekolah untuk anak sd, yaitu tentukan dulu kriteria sekolah yang tepat untuk anak.

Pastikan Mama Papa tidak sembarangan memilih kriterianya ya, karena sekolah merupakan investasi jangka panjang bagi si kecil untuk melatih masa depan yang lebih baik nantinya. Kriteria yang ditetapkan juga harus sesuai dengan kebutuhan. 

Mama Papa perlu mengetahui usia anak, apakah sudah ideal masuk SD atau dimasukkan ke TK terlebih dahulu. Setelah itu, Mama Papa juga perlu mengetahui jarak dan waktu tempuh dari rumah ke sekolah si kecil.

Ada baiknya memilih sekolah untuk anak sd yang dekat dari rumah. Selain dapat menghemat ongkos, juga dapat memberikan pengawasan atau perlindungan secara langsung kepada si kecil dengan mudah dan terjangkau. 

Tentukan pula, apakah sekolah yang dipilih itu sekolah negeri atau swasta. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, ya!

  1. Browsing di Internet

Mama Papa mencari sekolah terbaik di internetAda beragam informasi yang bisa Anda temukan di internet, salah satunya sekolah SD terbaik untuk anak.

(Image credit: 123rf.com)

 

Rasanya tak lengkap jika Mama Papa hanya mengandalkan informasi sekolah unggulan dari beberapa orang sekitar saja. Tenang, sekarang sudah ada internet yang menyediakan beragam informasi yang dibutuhkan.

Mama Papa cukup menyalakan data internet, pastikan koneksi internet stabil, buka google chrome dan langsung saja, cari informasi yang dibutuhkan lewat internet. 

Informasi yang bisa Mama Papa dapatkan dari internet sangat banyak, mulai dari nama sekolah SD terbaik dan terdekat, ketersediaan guru di sekolah, deretan prestasi yang diraih sekolah tersebut dan lainnya. Setelah ketemu sekolah yang tepat, Mama Papa bisa menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk pendaftaran.

  1. Hitung Biaya Sekolah SD

menyiapkan uang biaya sekolah anak Sekolah membutuhkan biaya, Mama Papa harus menyiapkannya dengan baik.

(Image credit: 123rf.com)

 

Setelah memilih sekolah untuk anak SD yang tepat, Mama Papa harus mulai menghitung biaya sekolah SD yang diperlukan si kecil. Agar Mama memiliki gambaran jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan si kecil dan Papa bisa mempersiapkannya dengan baik.

Cobalah cari tahu besar SPP yang harus dikeluarkan setiap bulannya, biaya membeli buku dan seragam, serta biaya lainnya. Jangan sampai kegiatan belajar si kecil terhambat, akibat kurangnya biaya. 

Dalam hal ini, sebaiknya Mama Papa sebaiknya memilih sekolah SD sesuai dengan budget keuangan yang dimiliki. Pasalnya tak sedikit sekolah SD unggulan yang menawarkan harga terjangkau bahkan gratis. Mama Papa juga bisa mengajak si kecil untuk mengikuti beasiswa, agar biaya yang dikeluarkan lebih murah. 

  1. Program Sekolah

Program sekolah yang baik dapat meningkatkan keaktifan dan kecerdasan siswa.

(Image credit: 123rf.com)

 

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa sekolah SD terbaik pasti memiliki banyak program untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Beberapa program sekolah yang biasanya tersedia mulai dari pembelajaran agama, kursus bahasa asing (Inggris), dan extrakulikuler lainnya.

Mama Papa bisa mengajak si kecil untuk mengikuti ekstrakurikuler yang diminatinya, misalnya jika si kecil suka berpetualang, ajaklah mereka untuk ikut Pramuka atau jika suka bernyanyi ajaklah mereka ikut ekskul seni. Sudah saatnya si kecil melatih bakatnya agar bisa menjadi profesional. 

  1. Penataan Kelas atau Lingkungan Sekolah

anak pergi ke sekolah  Anak pergi ke sekolah bersama teman-temannya untuk belajar.

(Image credit: 123rf.com)

 

Selain dilihat dari programnya, Mama Papa juga perlu memperhatikan penataan kelas atau lingkungan sekolahnya sebelum memilih sekolah untuk anak sd yang tepat. Pilihlah sekolah yang bersih dan terawat agar si kecil nyaman belajar.

Setiap sekolah yang bagus pasti memiliki fasilitas lengkap dan mumpuni, mulai dari tempat olahraga baik indoor ataupun outdoor, tempat bermain anak, taman yang indah dan bersih, kantin anak sehat, kamar mandi atau toilet, kelas beserta fasilitas di dalamnya. 

Untuk mengetahui hal ini, Mama Papa bisa mencari informasinya di internet atau website resmi sekolah, atau survei langsung ke sekolah biar lebih afdol. Perhatikan setiap sisi ruangan di sekolah, pastikan berkualitas baik dan nyaman. 

Baca juga : Jangan Dipaksa! 5 Tanda Anak Siap Masuk Sekolah Dasar (SD)

 

Itulah 5 tips memilih sekolah untuk anak sd yang tepat dan berkualitas baik, demi mendukung tumbuh kembang si kecil. Pastikan Mama Papa melakukan tips-tips berikut dengan baik. Jangan menganggap remeh akan hal ini, karena sekolah SD merupakan langkah awal menentukan prestasi anak di masa depan. Mama Papa juga bisa memberi dukungan kepada si kecil melalui aplikasi Kiddo.id.

Kiddo.id merupakan platform edtech yang membantu orang tua dalam memaksimalkan potensi anak lewat aktivitas dan kursus pilihan, serta ribuan konten edukasi dan parenting. Kiddo.id juga menawarkan fitur Milestone Tracker untuk mengetahui potensi terbaik anak dan memantau perkembangannya. Melalui tes potensi pada fitur ini, Mama Papa bisa mengetahui kecenderungan potensi yang di miliki si kecil sehingga dapat terasah secara maksimal.

Seberapa suka dengan artikel ini?