Aktivitas Anak

8 Rekomendasi Les Bahasa Inggris untuk Anak di Jakarta (2021)

Oleh Kiddo.id   |   

Anak belajar bahasa inggris di tempat kursus les bahasa inggris di Jakarta

Rekomendasi Les Bahasa Inggris untuk Anak di Jakarta (2021)

Mama Papa lagi mencari tempat les bahasa Inggris yang cocok buat si kecil? Bingung harus pilih yang mana di antara puluhan tempat kursus bahasa Inggris yang ada di Jakarta?

Nah, di artikel ini saya akan membahas secara lengkap beberapa tips dalam menentukan tempat les bahasa Inggris yang cocok untuk anak Mama Papa. Dan, 8 rekomendasipilihankursusbahasaInggrisdiJakarta yang bisa Mama Papa pilih.

Yuks langsung kita mulai aja!

Tips Memilih Tempat Les Bahasa Inggris

 Anak bingung memilih belajar bahasa inggris melalui kelas offline atau online

Bingung memilih tempat les bahasa inggris untuk anak? Perhatikan tips berikut ini yah Mama Papa!

Sebelum memilih tempat kursus bahasa inggris, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar anak Mama Papa bisa mendapatkan hasil yang maksimal:

a.Tanyakan akreditasi, materi pelajaran dan kualitas guru 

Hati-hati yang Mama Papa yang suka ikut-ikutan teman memasukan anak ke tempat les. 

Pastikan Mama Papa sudah mengecek kualitas dari tempat les itu sendiri. Salah-salah, biaya kursus yang dikeluarkan nantinya tidak bisa membuat anak-anak mendapatkan pendidikan sesuai dengan yang diharapkan.

Oleh karena itu, sebelum mendaftarkan anak, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu akreditasi, materi pelajaran dan kualitas gurunya sudah sesuai.

Supaya tidak kecewa, ada baiknya juga Mama Papa menanyakan apakah memungkinkan bagi si kecil untuk mengikut kelas percobaan (demo class) sebelum mendaftar. 

Dengan begini, Mama Papa bisa langsung menilai seberapa baik kualitas pelajaran dan guru dalam menyampaikan materi bahasa Inggris.

b. Pastikan lokasi tempat kursus tidak terlalu jauh dari rumah

Seperti memilih sekolah, ada baiknya Mama Papa juga mencari lokasi kursus bahasa Inggris yang tidak terlalu jauh dari rumah tinggal.

Kenapa?

Sesuai pengalaman saya sih, anak-anak biasanya kecapean setelah seharian belajar di sekolah. Mereka biasanya memerlukan waktu istirahat atau tidur siang sebelum nantinya harus mengikuti les bahasa inggris di sore hari.

Nah, jika lokasi tempat les tidak terlalu jauh, otomatis anak memiliki waktu lebih lama untuk beristirahat.

Selain itu, hemat bensin dan waktu juga kan buat Mama Papa yang harus mengantar ke tempat les bahasa inggris secara rutin?

c. Sesuaikan biaya kursus dengan budget 

Ini yang sering lupa diperhitungkan oleh Mama Papa saat memilih tempat les bahasa inggris.

Banyak loh yang saya tau memaksakan memasukan anaknya ke tempat les tertentu walaupun sebenarnya tidak masuk di budget.

Pastikan juga Mama Papa menanyakan biaya-biaya tambahan yang mungkin timbul selama mengikutkan anak di tempat kursus tersebut. Misalkan biaya seragam, outing, dan lain-lain.

d. Perhatikan Kondisi Tempat Kursus dan Fasilitas yang ditawarkan

Pasti Mama Papa merasa lebih nyaman saat bekerja di tempat yang bersih, terang dan adem, bener gak? Sama juga dengan si kecil, mereka perlu tempat yang kondusif supaya bisa belajar dengan efektif.

So pastikan, tempat kursus bahasa inggris tersebut memiliki kelas yang bersih, terang dan nyaman.

Fasilitas seperti ruang komputer, materi dalam bentuk aplikasi ataupun kursus dalam bentuk online juga bisa menjadi nilai plus untuk pertimbangan Mama dan Papa.

1.EF – English First 

Saya yakin Mama Papa pasti sudah familiar dengan English First. Bagaimana engga, mereka sudah mulai buka kelas bahasa Inggris dari 40 tahun yang lalu loh! Saya aja belum lahir! Hehehe…

Di Jakarta sendiri mereka sudah memiliki 18 cabang loh, jadi Mama Papa bisa menyesuaikan cabang EF terdekat dari rumah.

Konsep belajar di English First juga cukup unik yang diberi nama Efekta. 

Konsep belajar bahasa Inggris dibuat menjadi interaktif dengan menggunakan berbagai aplikasi teknologi dan permainan sehingga membuat pembelajaran bahasa inggris untuk anak-anak menjadi seru dan menyenangkan.

Mama Papa bisa melihat konsep Efekta melalui video presentasi EF dibawah ini:

Ada baiknya Mama Papa konsultasi lebih dulu sebelum mendaftarkan anak untuk kursus. Biasanya EF akan merekomendasikan anak untuk mengikuti free trial class secara online. Jika Mama Papa sudah merasa cocok dengan metode belajarnya, bisa langsung memproses pe

ndaftaran dengan biaya sekitar 100 ribuan. Kalau biaya kursusnya berkisar antara 1,5 hingga 5 juta tergantung pada program yang dipilih.

2. Kiddo.id

Buat Mama Papa yang khawatir anaknya ikut kursus offline di masa pandemi ini, Kiddo.id juga punya beberapa pilihan tempat les bahasa Inggris online dengan harganya terjangkau loh. 

Berikut ini adalah beberapa les bahasa inggris yang Mama papa bisa temukan di Kiddo.id.

Dengan biaya mulai dari Rp. 50 ribu, Mama Papa bisa menemani anak belajar bahasa Inggris di rumah! Jangan lupa siapkan buku gambar, pensil, penghapus, dan juga krayon ya!

Pembelajaran akan difasilitasi via Google Meet atau Zoom. Tidak hanya itu, akan ada permainan interaktif agar anak bisa lebih cepat mengingat apa yang dipelajari dalam bahasa Inggris.

Setelah anak Mama Papa berhasil menyelesaikan materi pembelajaran yang diberikan, mereka akan mendapatkan e-certificate sebagai tanda kelulusan.

3. Wall Street English 

Bagi Mama Papa yang memiliki anak usia remaja atau di atas 15 tahun, bisa memilih Wall Street English sebagai salah satu pertimbangan.

Kenapa sih saya merekomendasikan tempat les ini? 

Karena salah satu kelebihannya adalah metode pembelajaran “Blended Learning Method” yang mengkombinasikan teknologi, sehingga memungkinkan anak untuk dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan suasana belajar yang sangat mendukung.

Penjelasan tentang metode Blended Learning Method bisa Mama Papa cek di sini:

Wall Street English juga memiliki kelas daring dengan berbagai materi interaktif serta digital workbook yang bisa diakses di smartphone ataupun laptop.

Mama Papa nggak perlu khawatir karena anak dapat berkomunikasi langsung dengan para native trainers melalui program “Chat Hour”. Anak juga diberikan kesempatan mempraktekkan kemampuan Bahasa Inggris di depan umum dalam acara rutin yang bernama Social Club. Program ini sangat bagus untuk melatih anak agar semakin fasih berbahasa Inggris.

Sebelum mendaftarkan anak, Mama Papa boleh meminta anak untuk mencoba online free trial dulu. Setelahnya, anak akan diberikan study plan sesuai dengan kemampuan mereka. Mama Papa bisa mendaftarkan anak untuk ikut kelas dengan biaya sekitar 2,2 juta per bulan jika merasa cocok dengan program belajarnya.

4. TBI – The British Institute

Tahukah Mama Papa kalau TBI ini adalah satu-satunya institut pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh University of Cambridge English untuk kursus pelatihan CELTA (Certificate in Teaching English to Speaker of Other Languages) loh!! Keren banget kan?

Apa aja sih kelebihannya TBI?

Tentunya metode pembelajaran yang sangat fleksibel dan diterapkan langsung sesuai dengan kebutuhan para siswanya.

Salah satu program yang ditawarkan untuk anak usia 4 sampai 15 tahun adalah Young Learner English untuk meningkatkan 4 skill yaitu reading, writing, listening, dan speaking skills, tidak ketinggalan juga develop grammar nya.

Oleh sebab itu, Mama Papa jangan heran kalau biaya pendaftaran untuk kursus di TBI cukup tinggi yaitu 300 ribu dan biaya kursus 4,5 juta selama 6 bulan ditambah biaya buku sekitar 300 ribu.

Calon siswa juga akan diminta melakukan placement test dan online speaking test terlebih dulu sebelum dibuatkan waiting list untuk menentukan kelas mereka dengan sistem level. 

Untuk saat ini TBI masih menjalankan kelas secara online dengan menggunakan beberapa platform seperti Google Classroom, Zoom, Google Meet, dan beberapa platform lainnya. Jadi Mama Papa perlu siapkan koneksi internet yang stabil untuk mendukung proses belajar anak di rumah.

5. ILP

Termasuk salah satu tempat les bahasa Inggris terbaik di Jakarta, ILP memiliki program yang bervariasi untuk anak mulai usia 3 tahun hingga dewasa. Metode pembelajaran untuk anak usia dini mulai dengan memperkenalkan konsep Emergent Skills.

Apa itu Emergent Skills?

Yaitu kegiatan membaca, menulis, motorik, dan interaksi sosial yang mulai timbul pada anak dengan pengikutsertaan Mama Papa dalam pembelajaran. Metode ini dipercaya dapat membantu dan mempercepat perkembangan anak dalam segala bidang pembelajaran loh!

Baca juga: 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Tempat Les Bahasa Inggris

Nggak hanya itu, saya merekomendasikan ILP untuk Mama Papa karena tempat les ini memiliki fasilitas seperti ruang pembelajaran yang nyaman dan memadai dilengkapi dengan teknologi multimedia modern.

Namun dalam situasi saat ini, Mama Papa juga boleh memilih kelas online di ILP jadi anak tetap bisa kursus Bahasa Inggris dari rumah dengan aman dan nyaman dengan biaya mulai 750 ribuan. Anak diwajibkan mengikuti placement test setelah Mama Papa membayar biaya pendaftaran sebesar 150 ribu.

6. LIA

Tempat les bahasa Inggris satu ini paling pas untuk Mama Papa yang anaknya gampang bosan saat belajar seperti keponakan saya hehe.

Ciri khas metode pembelajaran Lembaga Bahasa LIA adalah learning in a fun way, learning how to learn, dan learning more than just English. Anak tidak akan merasa bosan karena materi belajar menggunakan buku Story Central series yang dikemas dalam bentuk cerita.

Mama Papa bisa mengecek metode LB LIA Nine Core Elements di sini:

Level belajar program English for Children (EC) ditentukan berdasarkan tingkatan kelas sekolah formal yaitu 1-6 SD. 1 level berdurasi 1 tahun dan tiap sesinya berlangsung selama 60-90 menit tergantung level yang Mama Papa pilih. Biaya pendaftarannya 100 ribu dengan biaya kursus mulai Rp. 1,150,000,- per 3 bulan.

Mama Papa yang memiliki anak usia di bawah 7 tahun bisa mengikuti program Gelato dengan biaya 600 ribu per bulan. Ada diskon 100 ribu per bulan loh kalau Mama Papa membayar langsung untuk 3 bulan.

Selama pandemi, Lembaga Belajar LIA menjalankan program study from home jadi Mama Papa punya banyak waktu  mendampingi dan menemani anak belajar di rumah.

7. English Today

Mama Papa yang sedang mencari tempat les agar anaknya bisa lancar berbicara bahasa Inggris dalam waktu singkat, saya rekomendasikan ke English Today.

Usut punya usut, ternyata English Today menggunakan metode reverse 80/20 loh!

Mama Papa pasti bertanya-tanya, metode apa sih itu?

Jadi, anak diberikan 80% waktu berbicara lebih banyak saat belajar seperti dalam video ini:

Metode ini dipercaya paling efisien dan efektif untuk mendapatkan hasil maksimal karena menekankan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi. Anak pun menjadi semakin percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris.

Untuk sekarang, English Today hanya memiliki program private online class untuk anak-anak. Dibagi menjadi 3 pilihan guru privat bahasa Inggris yaitu Local, Combo (50% Local & 50% Native), dan Native yang terdiri dari 30 sesi berdurasi 1 jam per sesi dengan biaya berkisar mulai Rp. 5,250,000,- hingga Rp. 10,500,000,-.

Mama Papa yang mengundang teman-teman anak untuk bergabung dalam private online class boleh membagi biaya kursusnya. Jadi lebih terjangkau kan?

8. Kampung Inggris Jakarta

Ternyata Kampung Inggris bukan cuma ada di Pare, Kediri loh, Mama Papa! Jadi anak nggak perlu jauh-jauh untuk belajar bahasa Inggris.

Mama Papa cukup membayar 25 ribu untuk mendaftarkan anak dalam program Speaking Instan. Anak bisa langsung ikut belajar berbicara bahasa Inggris dengan seru bersama teman-teman di dalam kelas dan didampingi seorang tutor selama 1 jam.

Tapi kalau Mama Papa ingin mengikutsertakan anak di kelas reguler, akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar 125 ribu dan 500 ribu untuk biaya kursus bulanannya. Jadwal lesnya hanya 2x pertemuan tiap minggu dengan metode belajar fun learning menggunakan TV flat.

Uniknya belajar di Kampung Inggris Jakarta, anak bisa mengikuti berbagai macam pilihan program seperti camp Weekdays dan Weekend, juga TREF Course, belajar bahasa Inggris sambil jalan-jalan.

Penjelasan mengenai beberapa program kursus Kampung Inggris Jakarta bisa Mama Papa cek di sini:

Pastinya menyenangkan karena anak bisa belajar dengan suasana dan fasilitas yang mendukung.

Apalagi anak wajib berbicara bahasa Inggris selama berada di dalam English Area yang ada di kelurahan Tanjung Barat ini.

Saat pulang, anak Mama Papa pasti sudah jago berbicara bahasa Inggris deh!

Seberapa suka dengan artikel ini?

Aktivitas akan datang