Do It Yourself

DIY Home Decor : 5 Cara Membuat Pewangi Pakaian dari Bahan Alami di Rumah

Oleh Naila Humaira   |   

diy home decorPakaian sebaiknya diberi aroma untuk menghilangkan bau tidak sedap. (Image credit : Freepik.com)

Menyadari bahayanya penggunaan bahan kimia yang berlebihan untuk kehidupan makhluk hidup di lingkungan sekitar kita, alangkah baiknya keluarga Kiddo juga ikut mendukung mengurangi produk bahan kimia dengan cara mulai beralih menggunakan produk alami sebagai bahan dasar untuk memenuhi keperluan rumah tangga. Contohnya membuat sabun mandi yang dibuat secara organik menggunakan aneka macam buah-buahan atau membuat pewangi pakaian dari bahan alami yang mudah ditemukan.

Mengenai cara membuat pewangi pakaian dari bahan alami, ternyata masih sedikit loh yang mengetahui cara membuatnya karena kebanyakan lebih menyukai menggunakan pewangi pakaian dari bahan kimia. Padahal, penggunaan pewangi pakaian dari bahan kimia yang merupakan buatan pabrik dalam jangka panjang dapat menyebabkan alergi dan ketidakseimbangan hormon.

Membuat aneka pewangi pakaian dari bahan alami di rumah sangat mudah. Menggunakan pewangi pakaian dari bahan alami dapat membuat pakaian keluarga Kiddo memiliki wangi yang dapat bertahan lama dan membuatnya pun bisa menyesuaikan dengan selera keluarga Kiddo. Penasaran kan? Berikut 5 cara membuat pewangi pakaian dari bahan alami untuk keluarga tercinta.

 

1.Membuat Pewangi Pakaian dari Soda Kue

soda kue dijadikan pewangi pakaianSoda kue dapat djadikan sebagai pewangi pakaian. (Image credit : Freepik.com)

Biasanya soda kue dibuat dalam pembuatan kue dan roti. Namun siapa sangka, ternyata soda kue dapat juga dibuat menjadi pewangi pakaian loh. Mama Papa dapat dengan mudah menemukannya di mana saja. Berikut bahan dan cara membuatnya yang dapat Mama Papa ikuti:

Bahan-bahan yang harus disiapkan :

  • 100 gr soda kue
  • 150 ml air panas
  • 800 ml cuka sari apel
  • 20 tetes minyak atsiri favorit

Baca juga : 10 Ide Membuat Kerajinan Kertas Origami yang Unik untuk Anak TK

Cara membuatnya :

  1. Gunakan mangkuk atau wadah yang berukuran besar lalu campurkan air panas, soda kue, dan cuka sari apel
  2. Selanjutnya, tunggu hingga buih-buih gelembung yang tercipta sudah mereda
  3. Setelah itu, pindahkan campuran ke botol dan teteskan minyak atsiri ke dalamnya
  4. Tutup botol dengan rapat dan kocok supaya minyaknya merata sebelum menggunakannya.
  5. Setiap kali mencuci, tuangkan empat sendok ramuan pewangi pakaian tersebut.

2. Membuat Pewangi Pakaian dari Kondisioner

Biasanya kondisioner digunakan untuk menjadikan rambut lebih sehat sekaligus juga sebagai pengganti minyak rambut untuk keluarga Kiddo yang memiliki tipe rambut kering. Selain itu, kondisioner juga digunakan untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari atau polusi udara. Namun, siapa menyangka jika ternyata kondisioner juga dapat dijadikan sebagai bahan utama membuat pewangi pakaian. Mama Papa dapat mencoba membuat pewangi pakaian dari kondisioner karena dapat memberikan wewangian sekaligus juga pelembut pakaian. Siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu ya Ma Pa!

Alat dan Bahan-Bahan yang diperlukan :

  • Dua gelas kondisioner dengan aroma sesuai selera,
  • Tiga gelas cuka putih
  • Enam gelas air hangat
  • Minyak atsiri
  • Wadah untuk menampung semua bahan.

Cara membuat :

  1. Campur kondisioner, cuka dan air hangat hingga rata dan teksturnya halus,
  2. Selanjutnya, teteskan minyak atsiri untuk memperkuat aromanya
  3. Terakhir, tempatkan di wadah khusus dan siap digunakan

3. Membuat Pewangi Pakaian dari Garam Inggris

epsom salt untuk pewangi pakaianGaram Inggris dapat digunakan sebagai pewangi pakaian. (Image credit : Freepik.com)

Membuat pewangi pakaian yang satu ini tergolong praktis karena hanya membutuhkan dua bahan saja, yakni garam Inggris atau dikenal dengan nama epsom salt dan minyak atsiri. Perlu diingat oleh Mama Papa bahwa garam Inggris sangat berbeda dengan garam biasa. Hal ini karena garam Inggris memiliki tekstur yang lebih halus serta mengandung magnesium dan sulfat yang mampu melembutkan pakaian layaknya menggunakan pelembut pakaian buatan pabrik.

Cara membuatnya :

  1. Siapkan toples kaca kemudian tuangkan garam Inggris dan minyak atsiri.
  2. Selanjutnya, tutup rapat kemudian kocok atau aduk dengan sendok hingga campurannya merata
  3. Terakhir, pewangi pun siap digunakan

Catatan tambahan dalam menggunakan pewangi pakaian ini, karena tekstur garam Inggris berupa bubuk, maka cara penggunaannya sebagi pewangi pakaian akan berbeda. Mama Papa harus mencampurkan pewangi pakaian tersebut dengan deterjen pakaian dari awal proses mencuci baju.

4. Membuat Pewangi Pakaian dari Akar Wangi

Apabila Mama Papa tidak ingin repot mencampurkan bahan, Mama Papa cukup menggunakan tanaman akar wangi sebagai pewangi pakaian. Manfaat tanaman akar wangi menjadi pengharum pakaian tidak diragukan lagi. Tanaman yang berasal dari India ini cukup mudah ditemukan di Indonesia karena memiliki aroma kuat dan mengandung minyak atsiri pada akarnya. Biasanya akar wangi ini digunakan untuk pengharum kain batik. Caranya, Mama Papa cukup keringkan akar wangi, kemudian meletakannya di dalam lemari pakaian.

Simpel, kan ?

5. Membuat Pewangi Pakaian dari Tanaman Mesoyi

Menggunakan tanaman mesoyi juga bisa dimanfaatkan sebagai pewangi pakaian alami. Mesoyi merupakan kerabat dari kayu manis yang lebih populer. Cara menggunakannya adalah keringkan kulit batang mesoyi kemudian tempatkan pada kantong berpori kecil dan gantungkan di sudut lemari pakaian. Wangi dari tanaman mesoyi tahan lama dan akan meresap ke dalam pakaian.

 

Seperti yang telah kita ketahui beberapa ide diatas menggunakan bahan tambahan yaitu minyak atsiri. Belakangan ini minyak atsiri sangat populer karena digunakan sebagai minyak essensial yang bermanfaat sebagai aromaterapi atau dapat dioles langsung ke tubuh agar kesehatan keluarga tetap terjaga. Mama Papa dapat memperoleh minyak atsiri dari beberapa tanaman yang tumbuh di Indonesia seperti akar wangi, kunyit, daun nilam, cengkeh, sereh wangi, sereh dapur, sirih, kayu putih, seledri, kemangi dan lain-lain.

 

Selamat mencoba mengharumkan semua pakaian dari bahan alami dan bantu sebarkan juga ide ini agar mereka turut merasakan manfaatnya ya!

Untuk mengetahui ide atau tips lainnya tentang DIY, Mama Papa dapat mengunjungi kumpulan tips DIY ala Kiddo.id. Apa itu Kiddo.id?

Kiddo.id adalah sebuah platform edukasi untuk anak dan telah bekerja sama dengan ratusan lembaga pendidikan yang siap memaksimalkan potensi si kecil dengan pengajaran yang mengedukasi dan menghibur. Untuk aneka tips dan informasi lebih lengkap, Mama Papa dapat mengunjungi laman Kiddo.id . Semoga bermanfaat dan membantu keluarga Kiddo ya!

 

Seberapa suka dengan artikel ini?

Aktivitas akan datang