Parenting

6 Cara Efektif Mengajarkan Anak Berbahasa Inggris Sejak Dini

Oleh Kiddo.id   |   

Umur berapa, sih, anak mulai bisa diajarkan bahasa Inggris? Bagaimana cara mulai mengajarkan si kecil mengenal bahasa Inggris?

Sebenarnya anak sudah bisa mulai diajarkan bahasa Inggris sedini mungkin. Namun optimalnya, anak mulai belajar bahasa Inggris antara umur 3 sampai 10 tahun. Di saat inilah anak bisa cepat menangkap konsep bahasa asing.

Melalui artikel ini, saya akan membahas secara lengkap beberapa cara yang saya gunakan untuk mulai mengajarkan anak saya bahasa Inggris mulai di usia 3 tahun. Semoga membantu yah!

Yuk, langsung kita mulai!

1.Belajar dengan Games

Anak belajar bahasa inggris dengan cara bermain games bersama orang tua

Belajar bahasa Inggris sambil bermain mempermudah anak belajar dan sekaligus memperkuat bonding dengan orang tua

Coba Mama Papa bayangkan, lebih seru belajar masak dari buku atau langsung belajar sambil diajari praktek dengan yang sudah jago masak? Kalau saya sih seneng diajarin langsung yah.

Nah, sama halnya dengan anak-anak. Mereka akan lebih mudah belajar jika belajar sekalian praktik. Apalagi kalau praktiknya sambil bermain. Double the fun!

Ada banyak sekali aktivitas yang Mama dan Papa bisa lakukan bersama dengan anak-anak untuk mengenalkan bahasa Inggris. Mulai dari bermain board game, tebak-tebakan, ataupun permainan fisik.

Kalau saya sendiri sih punya 3 permainan yang sering saya gunakan ketika mengajarkan si kecil mulai belajar bahasa Inggris di awal, yaitu:

  • Tebak-tebakan menggunakan flashcard

Saya yakin Mama Papa pasti sudah tidak asing dengan flashcard, ya? Dulu waktu kecil saya sering menggunakan untuk menghafal soal-soal ulangan.

Flashcard seperti yang Mama Papa tau, adalah kartu dengan 2 sisi yang berbeda. Di satu sisi mereka memiliki gambar dengan tema tertentu (misalnya binatang, benda sehari-hari, angka dan lain-lain). Dan di sisi sebaliknya adalah kosakata yang mendeskripsikan gambar tersebut.

Nah, anak-anak saya sendiri bisa cepat belajar menghafal kosakata bahasa Inggris menggunakan flashcard, lho! Mungkin karena mereka bisa dengan mudah mengaitkan kosakata bahasa Inggris tertentu dengan gambar visual yang mereka sudah tau yah. 

  • Menyusun huruf melalui scrabble

Selain flashcard, pasti Papa Mama juga tau scrabble? Games ini pasti juga menemani masa kecil Mama Papa. Sampai sekarang games ini juga masih popular lho. Bahkan bisa dimainkan secara offline ataupun online.

Mama papa gak usah khawatir karena cara main scrabble masih sama seperti dulu kok. Permainan ini sangat sederhana karena kita tinggal menyusun kata-kata yang teracak menjadi sebuah kata yang memiliki makna.

Anak saya sangat senang bermain games ini, apalagi kalau main berdua dengan saya. Anak saya berlatih berpikir lebih cepat untuk menyusun kata yang teracak. Selain melatih berpikir lebih cepat, tentunya games ini juga melatih anak menambah kosakata Bahasa Inggris juga loh.

  • Permainan fisik yang seru

Terkadang anak sering merasa bosan bermain games dan mengajak kita melakukan aktivitas lainnya. Nah, kalau Mama Papa biasanya mengajak anak main petak umpet, Mama Papa bisa tuh mengajak main games lain yang lebih seru, seperti bermain command games.

Games ini sangat mudah untuk dilakukan. Mama Papa hanya meminta anak untuk mengikuti apa yang Mama Papa perintah. Sebagai contoh, saat Mama Papa bilang “Hands up!”, maka anak harus segera mengangkat tangannya. Atau Mama Papa bisa berpura-pura menjadi monster dan sambil berkata “Runaway, runaway!”, pasti anak akan berlari-lari kesenangan. Pasti seru banget kan.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris di Rumah? Bisa, Kok!

Kalau saya sih banyak memberi variasi dalam main games ini, seperi memberi perintah yang makin dipercepat, atau juga mengajak adik atau kakak untuk main bersama. Semakin seru anak bermain semakin semangat juga belajarnya, ya kan Ma Pa?

Siapa sih yang gak suka bermain games? Gak cuma anak pasti Mama Papa juga suka kan. Tapi anak juga merasa bosan jika belajar bahasa Inggris hanya melalui bermain games. Maka dari itu pada bagian selanjutnya saya jelaskan juga cara menyenangkan lainnya dalam belajar bahasa Inggris, yaitu sambil mendengarkan lagu dan bernyanyi. 

2. Belajar dengan Mendengarkan Lagu dan Bernyanyi Anak belajar bahasa inggris dengan cara mendengar dan menyanyikan lagu 

 

Mendengarkan lagu-lagu bahasa Inggris melatih anak untuk menyukai dan belajar bahasa Inggris dengan sendirinya.

Siapa sih yang gak suka mendengarkan lagu? Mama Papa pasti suka dengerin lagu dong. Mama Papa sendiri sukanya dengerin lagu apa? Apakah lagu Rock, Pop, Jaz, atau dangdut mungkin? Gak ada yang salah sih dengan pilihan lagu Mama Papa itu. Mama Papa bahkan bisa memanfaatkan lagu supaya anak kita belajar bahasa Inggris dengan lancar.

Baca juga: Cara Mudah Mengajarkan Anak Bahasa Inggris. Lakukan Ini Yuk!

Ada banyak lagu anak-anak berbahasa Inggris yang bisa membantu anak belajar. Tapi kalau untuk belajar anak, Mama Papa usahain banget dengarkan anaknya menggunakan lagu anak-anak yaa, jangan memberikan anak lagu seusia Mama Papa, karena lagu Mama Papa banyak mengandung kata-kata yang tidak pantas bagi anak untuk dipahami, nanti anaknya malah bingung loh.

Nah, kalau saya punya beberapa kriteria lagu anak yang bagus buat anak belajar bahasa Inggris di awal beserta contoh lagunya, yaitu

  • Simpel

Mama Papa bisa mencari lagu dengan irama  yang simple dan durasi yang singkat supaya anak gampang memahami kosakatanya, contohnya Johny Johny Yes Papa. Pasti Mama Papa kalau sudah mendengar bisa langsung hafal deh karena liriknya simpel banget. Cuma kaya gini nih

Johny Johny?

Yes Papa

Eating Sugar?

No Papa

Telling Lies

No Papa

Open your mouth?

Ha ha ha

Contoh lagu simple lainnya misalnya Baby Shark dan Five Little Ducks.

 

  • Tema tentang hewan

 

Hayoo apa hewan favorit anak Mama Papa? Jangan bosen ya kalau anak mengajak ngobrol tentang hewan favoritnya terus. Mending sambil dinyanyiin aja biar anaknya juga jadi lancar berbahasa Inggris. Kalau anak saya sih sukanya  hewan domba, yauda akhirnya saya dengarkan lagu dengan tema domba judulnya Baa Baa Black Sheep, liriknya seperti ini

Baa Baa black sheep, have you any wool?

Yes sir, yes sir, three bags full.

One for the master, one for the dame

One for the little boy who lives down the lane

Baa baa black sheep, have you any wool?

Yes sir, yes sir, three bags full.

Contoh lagu lainnya tentang hewan misalnya Three Little Pigs dan Bingo.

  • Memacu aktivitas fisik

Anak saya juga sering mendengarkan lagu suka sambil lompat-lompat atau berlari-larian. Kalau anak Mama Papa pernah seperti itu gak? Anak saya antusias banget kalau mendengarkan lagu Walking Walking. Biasanya ia akan nyanyi sambil muter-muter gitu, tapi seru! Lagunya seperti ini

Walking walking. Walking walking.

Hop hop hop. Hop hop hop.

Running running running. Running running running.

Now let’s stop. Now let’s stop.

Contoh lagu lain yang juga seru dan bisa buat anak muter-muter, yaitu Head, Shoulder, Knees, and Toes, dan Jump Rope. 

Selain menambah kosakata, ternyata belajar bahasa Inggris lewat lagu juga bisa menambah kekompakan dengan Mama Papa juga, dan selain itu juga bisa bikin sehat juga lho!

3. Mengenalkan Kosakata dengan Gambar

 Anak belajar bahasa inggris dengan membaca buku cerita dalam bahasa inggris 

Ketika Mama Papa membacakan anak buku bergambar dalam bahasa inggris, maka anak dengan mudah mengingat kosakata baru.

Kalau disuruh baca buku, saya paling betah baca komik. Saya suka baca komik alasannya simpel: ada gambarnya. 

Tentu Mama Papa pasti setuju yah, kalau buku yang ada gambarnya pasti lebih menarik dibaca dibandingkan buku yang cuma berisi tulisan saja. 

Nah, hal ini juga berlaku bagi anak kita.

Belajar bahasa Inggris lewat buku bergambar sangat mudah dilakukan sama anak kita, karena ada banyaaak banget buku-buku anak dengan bahasa Inggris. Mama Papa juga gak usah pusing milihnya, karena Mama Papa bisa memilih buku sesuai apa yang anak mau. 

Berikut ini beberapa tips untuk memilih buku yang cocok untuk anak belajar bahasa Inggris:

  • Cari buku dengan tema sederhana

Supaya mau rajin membaca, anak harus diberikan buku dengan tema yang sederhana dan mudah dimengerti. Misalnya tentang cerita sehari-hari, pekerjaan orang-orang, atau kehidupan hewan-hewan.

Hampir semua buku anak saat ini memberikan tema sederhana. Selain cerita yang sederhana, buku anak kini juga menggunakan kosakata bahasa Inggris yang mudah dicerna. Jadi Mama Papa gak usah pusing-pusing memberikan buku untuk anak yaa. 

Contoh buku dengan tema sederhana misalnya: 

  1. Giraffes Can’t Swim, 
  2. Tales of Sasha: The Disappearing History, dan 
  3. Switch Story of Seasons Friends of Mineral Town.
  • Sesuaikan dengan keinginan anak

Selain hewan-hewan, anak saya dari awal sudah punya ketertarikan tinggi dengan pesawat terbang. Berawal dari suka ngeliatin pesawat di udara, sampai sekarang setiap diajak beli buku maunya tentang pesawat, Ya sudah, akhirnya hampir semua buku-buku di rumah isinya tentang pesawat. 

Kalau anak Mama Papa sendiri tertarik dengan apa? Membeli buku sesuai dengan keinginan anak itu artinya anak kita akan membaca apa yang dia minta. Pasti anak betah membaca buku tersebut berlama-lama dan akan lebih mudah memahami kosakata bahasa Inggris di dalam buku tersebut.

Supaya anak menyerap isi buku tersebut, coba deh Mama Papa bertanya tentang isi buku yang telah dibaca. 

Ya… seperti ngobrol-ngobrol aja gitu. Kalau anak antusias, wah berarti anak kita sudah menyerap isi buku tersebut dengan baik!

Contoh buku yang bagus untuk meningkatkan ketertarikan anak misalnya: 

  1. Animal Adventures: Sharks Paperback, 
  2. The Big Book of Birds, dan 
  3. The Usborne Big book of Sea Creatures.
  • Pilih buku yang banyak variasinya

Anak zaman sekarang sungguh sangat beruntung ya Ma Pa, karena mereka bisa membaca buku sambil bisa mendengarkan suara (audiobook). Buku anak-anak waktu zaman saya masih kecil ya jelas belum ada.

Anak kita menjadi semakin mudah untuk belajar kosakata bahasa Inggris karena selain mereka melihat gambar, mereka juga bisa mendengarkan kosakata dari buku tersebut. Bahkan sekarang sudah banyak buku yang memiliki tekstur berbeda-beda di setiap halamannya, seperti halus, kasar, bergelombang, dan lain-lain.

Nah, Mama Papa tinggal pilih aja buku yang kira-kira variasinya cocok untuk anak Mama Papa. 

Beberapa contoh buku yang bagus untuk dibaca untuk anak misalnya: 

  1. Noisy Animals Sound Book with 60 Fantastic Sounds, 
  2. Let’s Cut Paper, dan 
  3. Let’s Sticker and Paste! Amazing Animals.

4. Menggunakan Aplikasi

Anak belajar bahasa inggris menggunakan aplikasi di gadget

Membimbing anak menggunakan gadget dengan benar juga mempermudah anak untuk belajar bahasa Inggris sejak dini loh!

Hayoo ada berapa aplikasi sosial media di HP Mama Papa? Pasti banyak banget yaa, sama sih saya juga banyak hehe. Diantara berbagai macam aplikasi di HP Mama Papa, ada gak aplikasi belajar bahasa Inggris buat anak? Kalau gak ada, ayo cepat di install!

Meskipun anak kita bisa belajar bahasa Inggris lewat banyak cara, belajar bahasa Inggris melalui aplikasi bisa menjadi alternatif loh, apalagi kalau anaknya sudah mulai bosan dengan cara-cara lama.

Belajar melalui aplikasi mungkin belum biasa diantara Mama Papa, padahal manfaatnya banyak lho, misalnya anak pasti senang karena memadukan antara belajar dengan games. 

Selain itu tampilan dan karakter yang ditampilkan dalam aplikasi sangat memikat anak buat terus menggunakan aplikasi tersebut.

Nah, saya punya beberapa saran aplikasi yang bagus nih supaya anak Mama Papa jadi rajin belajar bahasa Inggris, diantaranya :

  • English for Kids

Aplikasi ini punya tampilan yang sangat sederhana, tapi bermanfaat banget buat anak untuk menambah kosakata. 

Sebagai contoh aplikasi ini hanya meminta kita untuk menebak hewan apa yang diawali huruf “A”, dan semakin lama tingkatannya semakin sulit. 

Contoh lainnya ketika keluar gambar sapi, maka kita harus menebak bagaimana suara dari sapi tersebut. Mudah ya? 

  • Learn to Read with Tommy Turtle

Kalau anak Mama Papa cepat bosan dalam membaca, Mama Papa bisa nih menggunakan aplikasi Learn to Read with Tommy Turtle

Aplikasi  ini merupakan salah satu aplikasi yang memudahkan anak kita untuk bisa cepat membaca karena tampilan yang menarik dan disertai games sederhana. 

Aplikasi ini memadukan kata-kata sederhana Bahasa Inggris dan suara dengan cara seperti bermain games. Wah kalau ini sih gak hanya anak kita saja yang tertarik, Mama Papa pasti juga tertarik mainin-nya ya.

  • Hooked on Phonics

Jika anak Mama Papa mulai suka membaca buku, maka aplikasi ini pas banget buat belajar Bahasa Inggris. 

Karena pada dasarnya aplikasi ini merupakan buku, tapi gak hanya berupa tulisan, ada gambar dan audionya juga. Jadi Mama Papa bisa menggunakan aplikasi ini sebagai alternatif membaca buku dan menonton Youtube kalau anak sudah mulai bosan.

Jadi karena perkembangan teknologi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari, Mama Papa juga harus menyesuaikan metode belajar bahasa Inggris anak kita supaya mereka juga gak ketinggalan zaman gitu loh. 

5. Rutin Berbahasa Inggris Sehari-hari

 

 

 Anak belajar bahasa inggris dengan sering diajak berkomunikasi langsung

Sering berbicara empat mata dengan anak-anak menggunakan bahasa Inggris mampu mempercepat si kecil mahir berbahasa Inggris. 

Dulu saya pertama kali belajar bicara bahasa Inggris dengan cara ngomong di depan kaca. Kok di depan kaca? Soalnya Mama Papa saya dulu gak lancar bicara bahasa Inggris jadi gak ada teman bicaranya deh hehe.

Kalau Mama Papa sendiri pernah gak mengajak anaknya bicara bahasa Inggris? Kalau belum, harus dicoba dari sekarang ya, karena rutin berbahasa Inggris sehari-hari merupakan cara paling efektif supaya anak semakin fasih berbicara.

Meskipun anak sudah menggunakan banyak metode dalam belajar bahasa Inggris, rutin berbahasa Inggris sehari-hari merupakan langkah yang paling penting.

Oleh karena itu, disini saya memberi tips buat Mama Papa supaya anak mau diajak berbahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari, yaitu :

  • Mulai dengan kata-kata yang sederhana

Apa kata dalam bahasa Inggris pertama yang dikenalkan Mama Papa ke anak? Gunakan kata-kata yang umum terlebih dahulu seperti Bye, Kiss, Come On, Please, dan lain sebagainya. 

Kalau kata-kata tersebut pasti anak sudah terbiasa, bukan? Nah kalau sudah mulai terbiasa Mama Papa bisa menambah kata-kata sederhana lainnya.

  • Ajak bicara ketika anak sedang bermain atau menonton video

Ketika menonton video di Youtube perasaan anak kan sedang happy, nah Mama Papa bisa ikut serta dengan mengajak anak bicara menggunakan bahasa Inggris. 

Coba deh Mama Papa minta anak untuk video apa yang sedang ia tonton dengan menggunakan Bahasa Inggris. Anak pasti akan mengikuti apa yang kita tanyakan.

  • Jangan mengajak bicara ketika anak sedang lelah

Sama kayak Mama Papa, anak juga memiliki perasaan dan emosi sendiri. Jadi kalau perasaan dan emosi anak sedang tidak baik, contohnya saat sedang lelah, Mama Papa jangan menambah bebannya dengan mengajak bicara Bahasa Inggris. Kasian kan anaknya.

Nah supaya anaknya mau, suasana hati anak harus sedang baik sehingga ia pun akan senang menanggapinya. Sabar yah Ma Pa…

  • Mulai percakapan sederhana dengan menggunakan bahasa Inggris

Ketika anak sudah mulai mengenal Bahasa Inggris, Mama Papa harus terus membiasakan anak untuk menggunakan Bahasa Inggris agar anak tidak lupa. 

Salah satu cara paling gampang adalah dengan mengganti kata-kata yang biasa digunakan dengan menggunakan kata-kata berbahasa Inggris. Sebagai contoh, biasakan anak mengucapkan “Saya mau makan” menjadi “I want to eat”, atau “Ayo, kita pergi” menjadi “Come on, lets go!”

Kunci dari keberhasilan conversation antara Mama Papa sama anak adalah rutinitas. Jadi sering-seringin aja Ma Pa ngobrol dengan Bahasa Inggris dengan anaknya.

Kalau Mama Papa sudah terbiasa berbicara dengan Bahasa Inggris dengan anak, maka akan tercipta bonding diantara kalian. Mama Papa juga akan semakin tertantang untuk meningkatkan tingkat kesulitan Bahasa Inggris yang digunakan kepada anak kita. Anak pun jadi semakin lancar berbicaranya.

6. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Anak belajar bahasa inggris dengan mengikuti kursus offline ataupun online

Banyak pilihan kursus les bahasa Inggris baik online ataupun offline yang Mama Papa bisa pilih untuk mengajarkan anak bahasa Inggris sejak dini. 

Gambar: Freepik

Mama Papa pasti punya keinginan bisa menemani anak-anak belajar di rumah kan? Sayangnya, mau tidak mau masih harus kerja setiap hari. Meskipun anak bisa belajar menggunakan video, buku, dan aplikasi, tetapi belajar bahasa Inggris memang lebih baik jika ada yang menemani.

Nah Mama Papa gak usah sedih, karena anak masih bisa belajar bahasa Inggris dengan baik yaitu dengan mengikutsertakan anak pada kursus Bahasa Inggris.

Saat ini sudah sangat banyak pilihan kursus Bahasa Inggris untuk anak-anak. Paket pembelajarannya pun juga beragam, ada yang fokus pada daily conversation, general english, atau fun english. 

Sebelum pandemi Covid-19, Mama Papa bisa memilih belajar di tempat lesnya langsung. Namun saat ini hampir semua tempat kursus Bahasa Inggris diselenggarakan secara online. 

Baca juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Pilih Les Privat Bahasa Inggris

Pilihan metode kursus juga sangat beragam. Ada kursus yang menawarkan paket pengajar native speaker. Ada juga yang diajar sama kakak-kakak mahasiswa.

Disini saya mencoba memberi beberapa tips dalam memilih tempat kursus Bahasa Inggris yang baik, yaitu :

  • Pilih kebutuhan belajar anak

Jika Mama Papa mau mengikutsertakan anak kursus Bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari, Mama Papa bisa ambil kelas daily conversation untuk anak, kalau perlu ambil yang pengajarnya native speaker. 

Melalui pengajar native speaker, anak akan didorong untuk bisa Bahasa Inggris baik speaking maupun listening. 

Sedangkan sebaliknya, jika Mama Papa mengikutsertakan anak ke dalam kursus Bahasa Inggris untuk kebutuhan nilai di sekolah, Mama Papa dapat mengambil kelas general english. 

  • Batasi anak dalam belajar

Hampir semua kursus Bahasa Inggris saat ini dilaksanakan secara online. Oleh karena itu Mama Papa tidak perlu mengikutsertakan banyak kursus Bahasa Inggris karena anak akan merasa capek, apalagi anak juga menjalani sekolah secara online kan. 

Nah, Mama Papa bisa memadukan kursus Bahasa Inggris dengan aktivitas belajar lain seperti membaca, menonton video, dan lain-lain.

  • Padukan belajar bahasa Inggris dengan pelajaran lain

Selain belajar bahasa Inggris anak juga perlu belajar mata pelajaran lain yang gak kalah penting. 

Mama Papa bisa coba memasukkan anak ke tempat les yang memadukan pelajaran lain dengan bahasa Inggris, seperti belajar matematika menggunakan Bahasa Inggris. 

Memang sih anak mungkin akan mengalami kesulitan di awal, namun jika anaknya suka tidak ada salahnya untuk dilanjutkan.

Mama Papa gak usah bingung karena ada banyak banget tempat kursus Bahasa Inggris yang bisa dijadikan alternatif anak untuk belajar. 

Di Kiddo.id sendiri, terdapat banyak pilihan kursus Bahasa Inggris yang bisa diikuti si kecil. Seperti English Fun dari Omah English, Kelas Reguler Bahasa Inggris dari English Academy Indonesia, English Course dari ACE English Course, dan masih banyak lagi. Semua bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan Mama Papa. Jadi Mama Papa gak usah bingung lagi yaa!

Seberapa suka dengan artikel ini?