Parenting

10 Cara Memudahkan Belajar Matematika

Oleh Kiddo.id   |   

Anak TK jaman sekarang, sudah mulai belajar mengenai baca, tulis dan berhitung. Jika membicarakan mengenai hitungan atau matematika, tentu mengajari anak adalah hal yang sulit.Papa mama seringkali merasa kewalahan ketika harus mencari cara pintar matematika agar anak juga semakin mengerti.

Cara Pintar Belajar Matematika untuk si Kecil

  1. Gunakan Mainan

Ajari anak belajar matematika dengan memakai peralatan penunjang seperti mainan yang mereka sukai. Misalkan saja seperti menghitung bola, menjumlahkan kelereng atau membentuk angka dengan mainan lego. Ingatlah bahwa belajar matematika tidak perlu harus langsung membelikan buku soal dan hitungan. 

Apalagi bila langsung menyuruh anak untuk mulai mengerjakannya. Maka dari itu, Mama Papa bisa pakai mainan untuk memberikan pemahaman dasar tentang konsep matematika. Cara ini akan lebih memudahkan transisi dari permainan menjadi pemahaman konsep pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. 

  1. Baca Buku

     

Mama Papa bisa memakai buku cerita bergambar untuk lebih memudahkan anak dalam mengenal angka. Pasalnya, kini ada banyak buku dengan konsep cerita yang tidak secara langsung mengajarkan hitungan matematika. 

the very hungry caterpillar - cara pintar matematika 

fish eyes

gambar: amazon.co.uk

The Very Hungry Caterpillar atau Fish Eyes adalah beberapa contoh buku anak-anak yang mengajarkan tentang berhitung dan angka. Selain itu, Mama Papa juga bisa memilih buku dengan banyak gambar yang berisi seputar matematika. 

Contohnya saja buku yang di dalamnya menanyakan hal seperti, berapa jumlah anak di gambar atau ada berapa daun yang berguguran. Sang buah hati, tentu saja akan merasa lebih senang dilibatkan dalam kegiatan membaca. 

Mama Papa juga bisa sesekali menyematkan pertanyaan matematis tanpa terkesan mengajarkan anak hitungan secara formal. Dengan konsep pengajaran seperti ini, tentu aktivitas belajar anak juga makin seru dan menyenangkan. 

  1. Solusi Kehidupan sehari-hari 

Cara pintar matematika selanjutnya dan bisa dibilang yang paling mudah adalah dengan memasukkannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan saja ada satu buah kue yang harus dibagikan secara merata kepada semua anggota keluarga. 

Ajaklah anak untuk memikirkan bagaimana solusi terbaiknya, supaya masing-masing orang mendapat bagian yang sama. Dalam hal ini, Mama Papa bisa memberi stimulus matematika untuk menyelesaikannya. 

  1. Benda Nyata

Anak akan memahami konsep hitungan yang lebih baik, apabila memakai objek atau benda nyata. Misalkan saja dengan memakai objek berupa permen atau jeruk sebagai ilustrasinya. 

Atau Mama Papa juga bisa membagi seloyang kue tart untuk dihabiskan empat orang anak dengan rata. Belajar hitungan memakai benda nyata, pastinya akan lebih memudahkan konsep matematika anak untuk dipahami. 

  1. Sambil Bermain 

Cara pintar matematika bagi anak usia dini selanjutnya adalah mengajari anak sambil bermain. Si kecil seringkali tidak menyadari bahwa mereka telah memahami konsep matematika dalam aktivitas sehari-harinya, termasuk saat bermain. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Les Matematika Dasar untuk Si Kecil

Seperti halnya saat si kecil tengah melakukan permainan lompat-lompatan, petak umpet atau menyusun lego. Namun perlu diingat, bahwa Mama Papa haruslah membimbing anak agar bisa memastikan hal apa yang ingin dipelajarinya. 

Kemudian, pastikan anak bisa memahami hal tersebut dengan baik. Mama Papa juga bisa memberikan visualisasi yang jelas, sehingga anak bisa melihat hubungan antara bermain dan matematika. Contohnya adalah saat si kecil bermain lego dengan konsep tambahan atau bangun ruang. 

  1. Memasak

Adapun cara lain yang bisa Mama Papa lakukan, demi membuat pelajaran matematika lebih mudah dipahami oleh anak. Caranya adalah dengan mengajak anak melakukan aktivitas memasak. 

Ada berbagai hitungan atau konsep yang anak bisa pelajari ketika membantu Mama Papa memasak. Selain belajar, aktivitas seru yang satu ini juga bisa dijadikan ajang mempererat hubungan antara orangtua dan anak. 

Ingatlah bahwa hal ini sangat penting agar si kecil semakin tertarik dengan konsep pembelajaran yang sudah Mama Papa buat. Ada banyak hal yang bisa dicapai hanya dari meluangkan sore hari dan membuat kue bersama. 

  1. Melalui Aplikasi

Mama Papa ngin solusi praktis untuk mengajarkan matematika pada si kecil? Cobalah untuk mencari aplikasi matematika yang sesuai dengan usia anak dan memiliki konsep pembelajaran yang menyenangkan. 

Cara seperti ini bisa dijadikan selingan dari pelajaran matematika yang terkesan membosankan atau di sela-sela jam belajarnya. Mama Papa kuga dapat memanfaatkan aplikasi ini sebagai bahan untuk menyibukkan anak saat menunggu sesuatu. 

Dengan begitu, si kecil tidak akan membuang-buang waktu hanya untuk bermain saja. Melainkan, mereka dapat bermain sekaligus belajar hal-hal kecil yang berkaitan dengan hitungan. Apalagi seiring perkembangan teknologi, kondisi ini memungkinkan segala hal jadi lebih mudah dilakukan. 

  1. Anggota Tubuh 

Orang tua bisa memakai anggota tubuh sebagai media belajar matematika. Berhitung, membuat angka sampai membentuk bangun ruang. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan anggota tubuh. 

  1. Alat Bantu 

Pakai alat bantu yang sesuai dengan materi yang ingin dipelajari oleh sang buah hati. Mama Papa bisa membelikan mainan seperti lego, kaca pembesar, abaskus atau magnet angkat sebagai alat bantu mempelajari konsep matematika. Jadi, Mama Papa bisa mengajak anak berhitung dengan lego dan beralih ke magnet angkat tersebut. 

Selain itu, ajaklah melihat gambar yang atraktif dan diiringi musik yang menarik dengan tema hitungan. Dengan begini, tentu pembelajaran akan lebih menyenangkan. Sang buah hati pun bisa dibuat penasaran dengan alat bantu belajar yang tepat tersebut. 

  1. Snack Kesukaan Sang Buah Hati 

Bagaimana kalau anak berhitung sambil makan buah kesukaannya atau belajar berbagi sebatang coklat dengan adik? Ada banyak cara menyenangkan untuk memahami matematika dengan memakai snack kesukaan anak. 

Itulah 10 cara pintar matematika yang bisa Mama Papa lakukan demi mengajari si kecil. Melalui cara tersebut, tentu proses mengajari anak dalam belajar matematika tidaklah sulit. Kiddo.id bisa jadi solusi bagi Mama Papa yang ingin mengajarkan matematika secara mudah bagi si kecil.

Seberapa suka dengan artikel ini?