Resep

Resep Banana Milk Crispy Mudah dan Enak

Oleh Naila Humaira   |   

banana milk crispyPisang dapat diolah menjadi aneka makanan dan minuman. (Image credit : Freepik.com)

Berbicara tentang pisang, akhir-akhir ini pisang menjadi salah satu menu favorit bagi keluarga Kiddo karena mempunyai banyak manfaat, harganya yang terjangkau dan mudah didapat. Maka tidak mengherankan bila di dunia inovasi yang semakin berkembang saat ini, pisang tidak ketinggalan untuk menjadi obyek yang bisa dikembangkan. Terdapat berbagai macam olahan pisang kekinian yang menjadi buruan para keluarga Kiddo, diantaranya banana nugget, banana spring roll, banana frozen dan masih banyak lagi.

Apa Itu Banana Milk Crispy ?

Banana milk crispy, sesuai dengan namanya merupakan jenis olahan pisang mengandung susu dan memiliki tekstur yang crispy atau crunchy.

Banana milk crispy dapat dijadikan sebagai cemilan yang cocok waktu berkumpul bersama keluarga, teman, sahabat, dan juga arisan. Bahkan makanan ini sangat direkomendasikan sebagai teman ngopi ataupun teh karena rasa manis dan legit serta gurih membuat gigitan pertamanya lumer di lumut. Cemilan ini juga cocok loh disantap sewaktu santai pada pagi, siang, ataupun sore hari.

Meski terasa berat ketika dimakan, cemilan ini tidak membuat perut kenyang seperti kita makan cake atau roti. Justru bikin nagih, lembutnya pastry pisang dipadukan dengan topping keju cokelat atau keju almond dan tekstur yang crispy ketika digigit, apalagi ketika masih hangat-hangatnya dari oven menambah sensasi rasa tersendiri. Selain itu, cemilan ini dapat menjadi salah satu pilihan ketika kita ingin membeli buah tangan yang tidak biasa. Ya, olahan pisang dalam bentuk pastry ini masih sedikit ditemukan. Apalagi olahan produk rumahan. Tentunya, semakin istimewa kan.

Kandungan Bahan Makanan Banana Milk Crispy

Bahan utama dalam membuat banana milk crispy adalah pisang. Pisang yang dipakai dalam hal ini adalah pisang apa saja bisa digunakan. Direkomendasikan menggunakan pisang raja. Sebab pisang raja, jika dioven rasanya makin legit dan aromanya harum.

Secara singkat mengenai pembuatannya, banana milk crispy terbuat dari puff pastry yang dipadukan dengan pisang dan ditambah keju serta berbagai varian topping sesuai selera.

Istilah pastry sendiri mungkin masih terdengar asing bagi beberapa orang. Orang-orang lebih mengenal dengan istilah cake atau roti. Namun, pastry berbeda dengan cake. Meski secara bahasa, berasal dari bahasa Prancis “Patissery” yang berarti kue. Pastry terbuat dari adonan dominan tepung dan lemak yang dipanggang. Sedangkan cake terbuat dari campuran bahan selain tepung dan lemak. Pastry adalah sejenis roti yang berlapis-lapis yang ringan dan ketika digigit akan menjadi remahan. Pastry mengembang dengan bantuan lemak  sehingga ketika dipanggang akan meleleh dan membentuk lapisan-lapisan yang tipis serta menjadikan tekstur renyah, sedangkan roti atau cake mengembang dengan bantuan ragi dan akan membentuk tekstur yang lembut.

Makanan ini bisa ditambah dengan fla custard untuk isian yang berbahan dari susu serta taburan aneka topping seperti kismis, chocochips, almond, dan keju yang dapat menambah cita rasa manis, legit, dan gurih bercampur menjadi satu. Kalau rasanya begini, siapa yang berani menolak, baik anak-anak, muda, hingga dewasa pasti suka dengan camilan ini.

Jadi, tak heran kalo olahan ini bisa membuat para penikmat kuliner merasa ketagihan. Meskipun kelihatannya berkelas, banana milk crispy bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Resep Membuat Banana Milk Crispy

Adapun cara membuatnya tidak sulit kok Ma Pa! Ajaklah si kecil untuk mencoba membuat banana milk crispy supaya lebih menyenangkan dan menjadi pengetahuan baru untuk si kecil.

Sebelum memulai masak, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk membuat camilan manis ini ya Ma.

Bahan-bahan :

  • Pisang matang
  • Kulit pastry
  • 75 gram gula tepung
  • 2 butir kuning telur
  • 100 ml susu evaporasi
  • 100 ml freshmilk
  • 2 sdm susu kental manis
  • 1 sdm tepung maizena
  • Meses ceres
  • Kacang almond
  • Keju parut

Mengenai langkah-langkah pembuatannya, Mama Papa dapat melihat langsung prosesnya disini.

(Credit : Dapur Mamake Youtube Channel)

Baca juga : Resep Membuat Budapest Cake untuk Kue Ulang Tahun

 

Untuk mengetahui ide atau tips lainnya tentang resep, Mama Papa dapat mengunjungi kumpulan tips resep ala Kiddo.id. Apa itu Kiddo.id?

Kiddo.id adalah sebuah platform edukasi untuk anak dan telah bekerja sama dengan ratusan lembaga pendidikan yang siap memaksimalkan potensi si kecil dengan pengajaran yang mengedukasi dan menghibur. Untuk aneka tips dan informasi lebih lengkap, Mama Papa dapat mengunjungi laman Kiddo.id. Semoga bermanfaat dan membantu keluarga Kiddo ya!

Seberapa suka dengan artikel ini?

Aktivitas akan datang