Tanamkan 5 Makna Penting dari Hari Pahlawan Pada Anak

Oleh Tanggal 19 Januari 2021

Tanamkan 5 Makna Penting dari Hari Pahlawan Pada Anak
10 November menjadi tanggal untuk memperingati Hari Pahlawan setiap tahunnya di Indonesia. Hari Pahlawan merupakan momen untuk mengingat terjadinya pertempuran Surabaya pada 1945 lalu. Momen ini merupakan salah satu momen perjuangan para pahlawan Indonesia di Surabaya melawan tentara Inggris. Pasalnya, pada 10 November 1945 terjadi pertempuran besar setelah kemerdekaan Indonesia terjadi. Hari Pahlawan menjadi bukti bahwa perjuangan meraih serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidaklah mudah. Berikut 5 makna penting yang harus Mama Papa tanamkan pada anak dalam memperingati Hari Pahlawan.

Menumbuhkan Rasa Nasionalisme dan Bela Negara

Peringatan Hari Pahlawan setiap tahunnya tentu bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan bela negara dalam diri warga negara Indonesia, khususnya anak-anak para penerus bangsa. Momen ini dapat Mama Papa gunakan untuk menceritakan kembali sejarah para pejuang Indonesia di masa lampau pasca kemerdekaan Indonesia berhasil diraih. Rasa cinta pada negara sangat penting untuk ditanamkan dalam diri anak sejak dini karena hal ini dapat menjadi salah satu semangat mereka untuk belajar semakin giat.

Menanamkan Nilai Perjuangan

Perjuangan para pejuang bangsa Indonesia merupakan suatu hal yang patut untuk diteruskan bagi generasi muda. Jika dahulu para pejuang berjuang dengan berbagai pertempuran di medan perang, berbeda dengan perjuangan yang harus dilakukan generasi muda pada masa ini. Perjuangan tersebut dapat berupa aktivitas maupun karya yang dihasilkan untuk mempertahankan keutuhan negara dan memajukan negara. Nilai juang ini juga harus ditanamkan pada diri masing-masing anak agar selalu semangat dan pantang menyerah dalam menggapai cita-cita.

Baca juga: 6 Cara Mengajarkan Keberanian Pada Anak

 

Mengajarkan Arti Keberanian

Keberanian yang ditunjukkan oleh para pejuang Indonesia di masa lampau adalah contoh yang sangat baik untuk generasi muda. Keberanian memperjuangkan hak kebebasan dan bernegara warga Indonesia pada masa lampau merupakan cerminan bagi generasi muda dalam menghadapi berbagai konflik dan isu-isu yang ada di dunia, khususnya dalam hal pendidikan. Nilai keberanian harus dimiliki setiap orang agar punya daya juang dalam hidup.

Memberikan Motivasi untuk Memajukan Negara

Momen-momen peringatan hari nasional di Indonesia menjadi suatu motivasi bagi generasi muda untuk mau ikut andil dalam memajukan negara, baik itu dalam hal pendidikan, kesenian, olah raga, kebudayaan, olimpiade, dan masih banyak lagi. Motivasi ini dapat dibangun melalui pengajaran-pengajaran yang tepat dan bimbingan orang tua. Meski zaman sudah berubah, tetapi sejarah dan nilai luhur bangsa Indonesia tidak boleh dilupakan.

Mengajarkan Nilai Keberagaman yang Ada di Indonesia

Para pejuang bangsa Indonesia pada masa lampau berasal dari berbagai penjuru daerah yang tersebar di Indonesia. Hal ini memberikan arti bahwa sikap dan sifat gotong royong sangatlah kental dan menjadi warisan budaya Indonesia. Tanpa memandang suku, ras, agama, dan perbedaan-perbedaan lainnya, kemerdekaan Indonesia bisa dipertahankan pada saat itu dan hingga sekarang. Makna penting dari Hari Pahlawan di atas penting untuk Mama Papa sampaikan kepada si kecil. Dengan demikian, hal tersebut dapat membentuk karakter diri seorang anak menjadi pribadi yang gemilang. Yuk, ikut sertakan juga si kecil dalam berbagai aktivitas-aktivitas menarik serta edukatif yang sudah disediakan oleh Kiddo.id. Terdapat Info&Tips juga lho seputar dunia anak. Selamat mencoba, Keluarga Kiddo! Gambar: Freepik

Yang Ada di Kiddo.id

Marketplace Aktivitas

premium

Konten Premium

milestone

Tes Gratis


Baca Juga