Aktivitas Anak

Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Pilih Les Privat Bahasa Inggris

Oleh Kiddo.id   |   

Bahasa Inggris menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dipungkiri di era sekarang. Tapi jangan sampai gegabah dalam memilih, pertimbangkan dulu 5 hal berikut sebelum memilih les privat bahasa Inggris untuk si kecil. Bahasa Inggris menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dipungkiri lagi manfaatnya di era modern, apalagi di era ketika si kecil akan beranjak dewasa nanti. Karena itu, ada baiknya para orang tua menyiapkannya sedari dini, contohnya dengan memberikan les privat bahasa Inggris kepada si kecil.

Perhatikan Modul dan Materi Ajaran

Hal pertama yang harus Mama dan Papa pertimbangkan sebelum memilih tempat les atau guru les adalah modul dan materi yang diajarkan di les tersebut. Tidak semua les privat memberikan materi yang sama, pastikan materi tersebut bukanlah materi yang sudah dipahami di luar kepala oleh si kecil atau materi yang terlalu susah sehingga si kecil akan kesulitan untuk belajar ke depannya.

Mama dan Papa bisa meminta brosur atau penjelasan secara lisan dari penyedia jasa les privat bahasa Inggris tersebut sebelum memutuskan untuk memilihnya. Mama dan Papa harus ingat bahwa les privat ini adalah untuk si kecil, bukan untuk Mama dan Papa. Maka dari itu, pastikan ia juga paham tentang apa yang akan ia pelajari sebelum ia masuk ke tempat les.

Ketahui Level Bahasa Anak Anda

Selain soal modul dan materi ajaran untuk si kecil, Mama dan Papa juga harus paham tentang level bahasa Inggris dari si kecil. Mama dan Papa tidak boleh terburu-buru dalam menilai. Mungkin Mama dan Papa merasa bahwa si kecil sudah bisa hingga materi tingkat menengah, namun ternyata si kecil baru bisa materi untuk pemula.

Mama dan Papa bisa berkonsultasi kepada penyedia jasa les privat sebelum menentukan level bahasa si kecil. Atau, Mama dan Papa juga bisa memberikan tes lewat pihak ketiga untuk mengetahui level bahasa si kecil. Hal ini akan mempermudah Mama dan Papa dalam memilih tempat les yang tepat untuk si kecil.

Baca juga: Kenali 5 Tanda Anak Miliki Bakat Bernyanyi

 

Atur Jadwal Anak dengan Baik

Les privat bukan berarti si kecil harus belajar penuh setiap hari. Mama dan Papa harus tahu bahwa si kecil juga masih perlu sekolah dan mengerjakan pekerjaan rumah. Tentu, memiliki buah hati dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik adalah idaman banyak orang tua, namun bukan berarti Mama dan Papa perlu memaksakannya kepada si kecil setiap hari.

Si kecil masih harus memiliki waktu bersama Mama dan Papa, waktu istirahat, waktu bermain bersama teman, waktu untuk dirinya sendiri, dan waktu untuk mengerjakan PR dari sekolah. Jangan sampai les ini menjadi hal yang membuatnya terlalu lelah atau jenuh. Pasalnya, rasa lelah dan jenuh dapat berakibat pada ketidakinginan si kecil untuk belajar.

Siapkan Anggaran

Les privat bahasa Inggris bukanlah hal yang murah, lho. Berbeda dengan kelas yang ada di bimbingan belajar, guru akan memfokuskan dirinya pada si kecil, sehingga tentunya biaya yang dibutuhkan akan semakin besar. Cari banyak opsi, mulai dari yang cukup murah hingga yang sedikit lebih mahal dari budget Mama dan Papa. Jangan sampai les privat yang Mama dan Papa pilih tidak bisa mengakomodir kemampuan si kecil untuk belajar bahasa Inggris.

Rekomendasi Les Privat Inggris

Ada cukup banyak les privat Bahasa Inggris yang Mama dan Papa bisa temukan di Indonesia, namun bila Mama dan Papa lebih ingin les secara online, Mama dan Papa bisa memilih dari salah satu les privat yang tersedia di website Kiddo.id! Dalam website Kiddo.id, Mama dan Papa bisa menyortir pilihan les privat bahasa Inggris berdasarkan umur anak, lokasi, serta harga yang dipatok. Hanya dalam beberapa kali klik saja, Mama dan Papa pun sudah berhasil mendaftarkan anak untuk ikut les privat bahasa Inggris. Sekarang ini, banyak merchant di Kiddo.id yang menawarkan les privat bahasa Inggris berbasis online, jadi si kecil pun tetap bisa belajar di rumah dengan nyaman!

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?