Aktivitas Anak

5 Tips Buat Si Kecil Betah Ikuti Sekolah Online Selama Pandemi

Oleh Immanuela Harlita Josephine   |   

Mengikuti sekolah online selama masa pandemi ini seringkali menjadi hal yang membosankan bagi si kecil. Tak sedikit pula orang tua yang merasa kewalahan mendampingi anak belajar melalui sekolah online. Jika biasanya anak terbiasa dengan bertemu secara tatap muka dan belajar bersama-sama dengan teman sebaya, kini mereka hanya bisa melihat dari layar saja.

Hal tersebut memberikan banyak dilema baru dalam dunia pendidikan terkait efektivitas belajar mengajar anak. Pasalnya, setiap keluarga memiliki aturan dan kebiasaannya sendiri dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bagi orang tua yang terbiasa bekerja ke kantor, sekolah online bisa menjadi bumerang bagi mereka saat tengah mendampingi anak sekolah.

Terdapat banyak kasus kekerasan pada anak yang bermunculan selama masa pandemi ini berlangsung. Anak merasa sulit mengikuti pola belajar baru di kelas online dan orang tua menjadi stress dalam menanganinya. Kasus-kasus seperti ini menjadi hal yang sangat disayangkan apabila banyak keluarga yang sulit beradaptasi dengan kondisi baru ini.

Namun, sekolah online merupakan salah satu jalan yang paling tepat saat ini untuk ditempuh guna menekan angka pasien COVID-19 yang terus bertambah setiap hari. Perlu adanya peran pemerintah dan lembaga pendidikan dalam memberikan penyuluhan dan arahan kepada banyak orang tua yang memiliki anak usia sekolah agar proses belajar mengajar dapat didukung dan berjalan dengan baik. Berikut ini 5 tips yang dapat dilakukan orang tua untuk mendampingi si kecil agar betah mengikuti sekolah online selama masa pandemi.

Dampingi dan Berikan Motivasi

Saat anak sedang sekolah online, orang tua lebih baik ada di sekitar mereka untuk mendampingi. Dengan kehadiran Mama Papa di sekitar mereka, hal tersebut bisa memberikan rasa aman dan lebih percaya diri dalam mengikuti proses belajar online. Mama Papa juga bisa memantau bagaimana perkembangan si kecil saat sedang belajar. Usahakan agar tidak menginterupsi saat anak sedang menjalankan sekolah online karena itu akan membingungkan mereka. Beri motivasi dan semangat untuk si kecil saat mereka berhasil menjawab pertanyaan dari guru maupun tidak. Pastikan bahwa lingkungan sekitar membuat anak merasa nyaman untuk belajar sehingga fokus mereka pun tidak terganggu saat sedang belajar.

Tetapkan Target

Penting untuk menetapkan target saat seklah online sedang berjalan. Tujuan dibuatnya target tersebut adalah untuk menjaga fokus anak saat sedang belajar. Tetapkan target untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumah yang diberikan pada saat sedang sekolah online. Jangan undur pengerjaan tugas-tugas mereka karena itu akan mengganggu jam main dan istirahat si kecil. Fokuskan kepada target-target penyelesaian tugas dengan memberikan reward apabila mereka sudah berhasil melalui sekolah online dengan baik. Ketika anak sudah berhasil mencapai target yang ditentukan, berilah mereka beberapa saat untuk istirahat agar proses belajar tidak membuat mereka jenuh.

Baca juga: 5 Langkah Melindungi Kesehatan Mental Anak di Masa Pandemi

 

Beri Waktu Istirahat

Selingi waktu belajar saat sedang sekolah online dengan istirahat. Istirahat penting agar anak tidak mudah bosan dan jenuh mengikuti rangkaian pembelajaran. Istirahat disela belajar dapat berupa peregangan tubuh yang dilakukan oleh Mama Papa bersama si kecil. Buat mereka merasa rileks dengan melontarkan candaan dan hiburan lainnya. Beri juga si kecil minum dan cemilan untuk menjaga perut mereka agar tidak lapar dan tetap fokus saat kembali belajar. Usahakan agar anak tidak memegang gadget saat sedang istirahat karena itu akan membuat mood mereka kembali sulit untuk bisa fokus belajar. Jika sekolah online sudah selesai, biarkan si kecil memilih aktivitas yang mereka ingin lakukan. Tetapkan jadwal tidur malam untuk menjaga kualitas istirahat si kecil sehingga mereka memiliki energi penuh saat harus kembali menghadapi sekolah online.

Beri Menu Makanan yang Mendukung Perkembangan Otak

Asupan yang diberikan bagi si kecil juga sangat penting untuk menunjang kerja otak mereka saat berpikir dan belajar. Mama Papa dapat membuat menu-menu bergizi, seperti tumis brokoli, sup jagung, wortel dan olahan makanan lainnya. Pastikan agar si kecil tidak telat makan sekalipun mereka hanya melakukan aktivitas di rumah. Berikan juga camilan yang bergizi dan minum susu untuk menjaga metabolisme tubuh mereka. Makanan yang tepat mampu mendukung perkembangan kinerja otak anak lebih lagi. Hal ini dapat menunjang proses belajar mereka saat tengah mengikuti sekolah online.

Buat Jadwal Rutinitas

Membuat jadwal rutinitas keseharian untuk si kecil sekalipun mereka di rumah itu sangatlah baik. Cara ini adalah untuk membuat anak mengerti dan terbiasa dengan kewajiban-kewajiban apa yang harus mereka lakukan setiap hari. Melalui jadwal, mereka akan mengerti bahwa waktu sekolah online adalah penting meski hanya di rumah saja. Hal ini akan menjaga pikiran dan fokus mereka untuk merasa layaknya seperti sekolah tatap muka. Jadwal ini juga bermanfaat untuk melatih disiplin si kecil dalam melakukan berbagai aktivitas. Mama Papa bisa mendiskusikan terlebih dahulu mengenai pembuatan jadwal ini dengan menyesuaikan juga keinginan si kecil.

Lima tips di atas dapat Mama Papa terapkan kepada di kecil yang sedang menjalankan sekolah online. Dukungan dari orang tua sangatlah penting. Berikan rasa nyaman dan keterbukaan bagi si kecil untuk meluapkan segala perasaan mereka. Jangan mengekang atau terlalu kaku dalam mengarahkan si kecil saat sedang menjalankan sekolah online mereka serta selalu berikan dukungan dan semangat serta pujian bagi mereka. Temukan Info&Tips lainnya seputar parenting dan cara mendampingi anak dalam menghadapi masa pandemi ini hanya di Kiddo.id. Terdapat berbagai kursus online dan segudang aktivitas menarik buat anak juga lho. Selamat mencoba!

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?