Aktivitas Anak

Patut Dicoba, Ini 5 Keuntungan Berikan Anak Les Privat

Oleh Immanuela Harlita Josephine   |   

Ada banyak alasan dibalik setiap orang tua yang memberikan anak-anak mereka fasilitas les privat. Beberapa orang tua merasa tidak mampu membantu anak mereka dalam mengerjakan tugas sekolah. Bimbingan dari guru les privat dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu anak memperkuat pemahaman subjek, meningkatkan kepercayaan diri, dan membangun keterampilan belajar yang penting. Ada begitu banyak keuntungan dari les privat yang diberikan bagi anak.

Melalui les privat, anak akan mendapatkan perhatian secara khusus yang tidak mereka dapatkan saat sedang berada di sekolah seperti biasanya. Ini membantu anak-anak yang kesulitan untuk menyeimbangi pemikiran serta pemahaman mereka akan materi yang diberikan di sekolah. Les privat dapat membantu si kecil dalam mengembangkan keterampilan belajar dan membantu mereka menyiapkan diri lebih lagi dalam menerima setiap materi-materi di sekolah. Berikut 5 keuntungan dari fasilitas les privat yang orang tua berikan bagi anak.

Pengalaman Belajar Secara Individual dan Unik

Si kecil akan menerima pengalaman belajar secara individual dengan tutor yang dapat menyesuaikan pelajaran dan aktivitas sesuai kebutuhan si kecil. Anak dapat lebih bebas menanyakan apapun terkait materi yang sedang dipelajari tanpa harus merasa takut atau malu seperti saat sedang di sekolah. Tutor juga akan menyesuaikan cara penyampaian materi yang sesuai dengan anak.

Meningkatkan Nilai Akademik Anak

Les privat akan mempersiapkan anak lebih lagi dalam menghadapi ujian di sekolah. Nilai dan pemahaman anak terkait beberapa materi yang sulit di sekolah akan meningkat saat anak mendapat les privat. Tutor akan melatih anak saat belajar agar nilai yang didapat di sekolah mengalami perubahan yang signifikan.

Baca juga: Yuk, Kenali Tanda Si Kecil yang Punya Bakat Word Smart!

Meningkatkan Semangat Belajar Anak

Belajar akan menjadi hal yang menyenangkan bagi anak apabila mereka dapat merasakan semangat dan dorongan yang kuat dari guru maupun tutor yang sedang memberikan materi. Anak akan merasa lebih aman dan nyaman apabila belajar tidak di bawah tekanan. Materi pelajaran akan lebih mudah dimengerti apabila guru atau tutor dapat memahami kondisi psikologis anak yang seringkali merasa kewalahan bahkan frustasi saat belajar di sekolah.

Mendorong Pembelajaran Mandiri

Melalui les privat, anak akan belajar lebih inisiatif untuk mengerjakan pekerjaan sekolahnya. Anak juga akan belajar bagaimana mengontrol kecepatan belajar mereka saat hendak mengerjakan soal-soal dari tutor.

Meningkatkan Harga Diri dan Kepercayaan Diri Anak

Harga diri dan kepercayaan diri anak akan meningkat melalui les privat. Anak akan lebih merasa nyaman saat mengerjakan tugas-tugas di sekolah karena tutor di les privat sudah lebih dulu mengajarkan materi tersebut kepada anak. Anak akan lebih mudah mengerti dan kepercayaan dirinya pun akan timbul apabila hendak menghadapi soal-soal di sekolah bersama banyak teman-teman lainnya.

5 keuntungan dari les privat di atas bisa menjadi pertimbangan bagi Mama Papa untuk memberikan fasilitas ini kepada si kecil. Mama Papa dapat menentukan dan menilai sendiri seberapa butuh anak mendapat pelajaran tambahan lewat les privat. Kenali kondisi si kecil saat menghadapi masa-masa belajar di sekolah. Kiddo.id hadir untuk membantu Mama Papa memilih berbagai les privat untuk si kecil. Masih dalam masa pandemi ini, terdapat berbagai jenis Les Privat Online yang disediakan oleh Kiddo.id.

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?