Do It Yourself

Cara Mudah Buat Playdough Bersama Si Kecil di Rumah

Oleh Immanuela Harlita Josephine   |   

Playdough adalah salah satu mainan paling digemari oleh anak-anak. Mainan ini menyerupai tekstur tanah liat yang dibuat menggunakan warna-warna cerah dan menarik perhatian si kecil. Meski terkesan sederhana, namun permainan ini memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak lho Mama Papa. Melalui permainan playdough ini, si kecil bisa belajar mengenal warna, membentuk karakter-karakter unik dari playdough, hingga belajar mengenal tekstur. Playdough dapat melatih kreativitas anak lebih lagi. Mainan ini juga dapat dimainkan bersama-sama di berbagai kalangan usia. Tidak perlu membeli playdough ini di took mainan, kini Mama Papa bisa juga membuatnya bersama si kecil di rumah lho. Berikut ini cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • 1/2 kg tepung terigu
  • 250 gr garam
  • 200 ml air matang
  • 1 sdt minyak goring
  • Beberapa pewarna makanan, warna sesuai selera

Baca juga: 5 Ide Kreasi Mainan Anak dari Kardus Bekas

Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah seperti baskom sebagai tempat mengolah bahan-bahan playdough.
  2. Masukan tepung terigu dan garam. Aduk hingga merata.
  3. Tuangkan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam air matang hingga mendapatkan tingkat warna yang diinginkan. Aduk pewarna tadi bersama air hingga merata.
  4. Tuang air yang sudah diberikan pewarna makanan tadi ke dalam adonan tepung terigu sedikit demi sedikit. Campurkan hingga terigu berubah warna dan menjadi adonan yang mulai menggumpal dan mengental.
  5. Uleni adonan hingga kalis. Jika tepung sudah kalis dan dapat dibentuk-bentuk, tuangkan minyak goreng dan uleni lagi hingga seluruh permukaan adonan menjadi licin.
  6. Playdough rumahan pun siap dimainkan bersama si kecil.

Sangat mudah bukan membuat playdough ala rumahan ini? Mama Papa bisa menemukan tutorial membuat mainan anak dan kelas aktivitas Kerajinan Tangan online menarik lainnya buat si kecil di Kiddo.id lho. Jangan sampai kelewatan Info&Tips lainnya juga ya!

Gambar: divascancook

Seberapa suka dengan artikel ini?