Aktivitas Anak

5 Aktivitas Ini Mampu Latih Motorik Si Kecil

Oleh Immanuela Harlita Josephine   |   

Aktivitas untuk mengembangkan keterampilan motorik anak bisa berbeda-beda. Setiap anak memiliki tahapannya sendiri dalam proses tumbuh kembangnya. Mama Papa perlu untuk memberikan berbagai latihan atau cara agar motorik anak terlatih. Proses tumbuh kembang anak dapat ditandai dengan bertambahnya gerakan baru yang dilakukan. Aktivitas fisik merupakan cara paling tepat untuk melatih motorik anak. Berikut ini beberapa aktivitas untuk mengembangkan keterampilan motorik anak yang Mama Papa bisa latih untuk si kecil.

Bermain Trampolin

Bermain trampolin adalah aktivitas yang bagus untuk meningkatkan keseimbangan anak. Si kecil dapat berlatih untuk merangkak, belajar berdiri, hingga melompat. Kedua kaki mereka akan lebih kuat berdiri saat bermain trampolin. Aktivitas ini juga bisa melatih daya sensorik pada anak. Trampolin biasa ditemukan pada taman. Si kecil dapat bertemu dengan anak-anak sebayanya sehingga dapat berlatih bersama pula.

Bermain Lompat Jingkat

Bermain lompat jingkat membutuhkan keterampilan motorik, keseimbangan, dan koordinasi yang kuat. Lompat jingkat adalah cara sederhana untuk melatih keterampilan motorik.. Mama Papa dapat menggambar halaman rumah atau halaman parkir rumah yang beraspal dengan kapur putih membentuk pola kotak. Kotak-kota tersebut kemudian diisi dengan angka-angka yang akan dilompati oleh si kecil. Tidak hanya melatih motorik, si kecil juga bisa sambil berlatih menghitung melalui angka-angka tersebut.

Kelas Seni Bela Diri

Kelas seni bela diri adalah cara yang baik untuk membantu anak-anak mengembangkan kekuatan pada lengan dan kaki mereka. Tindakan seperti menendang, meninju, dan bergulat berfungsi untuk mengembangkan bagian-bagian otot inti pada tubuh. Aktivitas ini dapat membantu anak-anak dalam hal keseimbangan dan mengetahui posisi tubuh mereka. Seni bela diri juga dapat memberikan manfaat tambahan bagi anak-anak penderita ADHD.

Baca juga: Seru! Aktivitas Ini Mampu Buat Anak Gemar Cuci Tangan

Bermain di Taman Bermain

Bermain di taman bermain bisa memberikan banyak manfaat bagi anak. Berayun di ayunan dapat membantu anak-anak mengembangkan keseimbangan. Ini juga membantu mereka belajar bagaimana mengkoordinasikan perpindahan berat badan dan menggerakkan kaki mereka maju mundur. Banyak permainan lain juga di taman bermain yang dapat melatih keterampilan motorik anak seperti tangga tali, jembatan goyang, jungkat jungkit, dan masih banyak lagi. Mainan-mainan tersebut mampu melatih otot-otot tubuh mereka.

Bermain Sepeda Roda Tiga dan Skuter

Beberapa anak yang kesulitan dengan keterampilan motorik mereka bisa menggunakan cara satu ini. Belajar mengendarai sepeda roda tiga bisa melatih anak dalam menggerakan kaki karena mereka harus mengayuh sepeda. Skuter juga dapat melatih keseimbangan anak dan bagaimana mereka mengendalikan kedua tangan untuk mengarahkan skuter saat sedang dijalankan.

Mama Papa dapat melihat berbagai aktivitas untuk melatih motorik anak lainnya di Kiddo.id. Terdapat aktivitas melatih motorik anak melalui kelas-kelas online yang disediakan bagi si kecil untuk mengisi hari-hari di masa pandemi ini. Selamat mencoba!

 

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?