Parenting

5 Cara Bangun Harga Diri Pada Anak Sejak Dini

Oleh Immanuela Harlita Josephine   |   

Harga diri atau yang bisa kita kenal dengan self esteem adalah salah satu karakteristik terpenting dari perkembangan anak dengan kesehatan mental. Faktanya, kehidupan sosial, perilaku, dan emosional anak memiliki peranan penting dalam cara mereka menangani adanya masalah, tekanan dengan teman sebaya, dan tantangan lain sepanjang hidup.

Jika anak dapat percaya akan harga dirinya, itu akan menjadi faktor pelindung untuk kesehatan mental yang baik. Dengan menumbuhkan rada percaya diri pada anak akan memengaruhi lingkungan sosial yang positif dan berfungsi sebagai pertahanan anak ketika mereka sedang berada dalam situasi negatif.

Berikut ini adalah beberapa cara kecil namun penting untuk orang tua lakukan kepada anak dalam memberikan rasa harga diri pada anak secara positif setiap hari.

Mengajarkan Pentingnya Nilai Harga Diri Pada Anak

Harga diri pada dasarnya adalah bagaimana anak-anak melihat bagaimana diri mereka sendiri. Hal ini termasuk pada apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri dan kemampuan mereka untuk melakukan sesuatu. Itu juga dapat dibentuk oleh seberapa besar anak merasa dicintai dan seberapa besar dukungan maupun dorongan yang mereka terima dari orang-orang penting dalam hidup mereka, seperti orang tua dan guru mereka.

Sementara itu, menjadi percaya diri tidak berarti bahwa dunia hanya berputar unttuk saya dan kebutuhan saya lebih penting daripada kebutuhan orang lain. Harga diri yang sehat bukanlah mengenai kesombongan ataupun narsisme. Orang tua dapat mengajarkan kepada anak tentang menyeimbangkan harga diri dengan keterampilan hidup lainnya, seperti memiliki sikap empati, bersikap baik, sopan santun, dermawan, dan memiliki rasa syukur.

Tunjukkan Rasa Cinta Tanpa Syarat Pada Anak

Rasa cinta dari orang tua yang bisa dirasakan oleh anak akan memberi mereka rasa aman dan pandangan yang sangat penting atas diri mereka sendiri. Cinta tanpa syarat dari orang tua akan menjadi dasar dalam diri anak untuk semua hubungan yang sehat dan membentuk pribadi mereka menjadi lebih baik setiap hari.

Berikan pelukan Mama Papa pada si kecil. Ungkapkan rasa sayang kepada mereka setiap hari. Saat si kecil dalam masa pertumbuhan, fondasi cinta ini akan membantu mereka terus membangun lingkaran sosial mereka sendiri, baik itu dalam pertemanan dan relasi lainnya.

Baca juga: Kenali 5 Tanda Anak Miliki Bakat Bernyanyi

 

Miliki Waktu Bermain Bersama Anak

Saat Mama Papa bermain bersama si kecil, itu akan menunjukkan bahwa Mama Papa senang menghabiskan waktu dengan mereka. Hal ini juga memberikan pemahaman  bahwa orang tua menghargai kehadiran anak. Bermain bersama anak memiliki banyak manfaat bagi hubungan antara orang tua dengan anak.

Tidak hanya mengembangkan kepercayaan diri pada anak, mereka akan mampu menjadi orang yang menarik dan menghibur sehingga dapat membentuk ikatan sosial yang kuat.

Berikan Anak Tugas dan Tanggung Jawab

Memberikan anak tugas untuk melakukan pekerjaan rumah yang sesuai dengan usia mereka akan membuat anak memiliki tujuan dan pencapaian. Meskipun mereka tidak melakukan sesuatu dengan sempurna, tetap berikan penghargaan atas upaya yang mereka lakukan. Puji mereka untuk semua tugas yang dilakukan dengan baik. Yakinkan mereka bahwa seiring berjalannya waktu, mereka akan menjadi lebih baik lagi dalam banyak hal, termasuk tugas-tugas mereka yang lain.

Memiliki tugas dan tanggung jawab juga akan memberi anak-anak rasa kendali atas hidup mereka. Dengan memiliki tanggung jawab atas pekerjaan kecil di rumah akan membantu dalam membangun kepercayaan diri dan ketahanan.

Tanamkan Kemandirian Pada Anak

Tahun-tahun sekolah dasar adalah masa anak-anak bertumbuh dengan cepat dan mulai mengenai apa itu kemandirian. Penting bagi Mama Papa untuk membiarkan si kecil tumbuh mandiri dengan membiarkan mereka mencari cara untuk berbicara dengan teman baru, berbicara dengan guru di sekolah, mengatur mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah, menyiapkan seragam dan sebagainya.

Dorongan dari orang tua kepada anak sangatlah besar dalam membentuk kemandirian pada diri mereka. Biasakan untuk tidak terlalu banyak ikut campur dalam menyelesaikan suatu hal berupa tantangan dalam hidup anak. Biasakan untuk melihat sejauh mana anak menghadapi tantangan itu. Hal tersebut akan membangun kemandirian dan pada akhirnya meningkatkan nilai harga diri pada diri mereka.

Lima cara di atas dapat membantu Mama Papa untuk menanamkan pentingnya nilai harga diri pada si kecil. Temukan artikel-artikel tentang Parenting lainnya hanya di Kiddo.id.

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?