Aktivitas Anak

Yuk, Kenali Tanda Si Kecil yang Punya Bakat Word Smart!

Oleh Immanuela Harlita Josephine   |   

Word smart adalah kemampuan anak dalam berbahasa. Bentuknya seperti kecerdasan dalam menulis maupun saat berbicara. Anak mampu merangkai kata dengan baik dan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami saat sedang berbicara. Kemampuan word smart pada anak dapat ditunjukkan ketika mereka gemar membaca buku, cepat dalam mengeja kata dengan baik, suka menulis, suka berbicara dan mendengarkan cerita.

Terdapat 8 bentuk kecerdasan majemuk, yaitu logic smart, picture smart, body smart, music smart, people smart, self smart, nature smart, dan juga word smart. Anak dengan kemampuan word smart biasanya cepat dalam merangkai kata. Mereka cenderung senang dengan pelajaran-pelajaran bahasa di sekolah. Mereka akan lebih memilih belajar dalam metode hafalan. 8 bentuk kecerdasan tadi pasti dimiliki setiap anak meski dengan porsi yang berbeda-beda dan akan ada bentuk kecerdasan yang lebih menonjol dalam diri anak.

Perlu bimbingan orang tua dalam mengetahui dan mengasah bentuk kecerdasan mana yang paling menonjol pada diri anak. Hal ini bertujuan agar anak dapat menemukan strategi pembelajaran paling sesuai yang dapat membantunya dalam mengatasi kesulitan belajar. Berikut beberapa tanda bahwa si kecil memiliki bakat word smart yang lebih menonjol dalam dirinya.

Mampu Menulis Lebih Baik

Anak dengan bakat word smart akan lebih mudah dalam merangkai kata. Ketika mereka diperhadapkan dengan pelajaran menulis, mereka akan lebih mudah mencari kosakata. Anak dengan kemampuan ini biasanya kaya akan perbendaharaan kata jika dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Senang Bercerita

Kebanyakan anak menyukai lelucon. Anak dengan bakat word smart akan senang melemparkan lelucon mereka melalui sebuah cerita. Mereka juga senang apabila mendengarkan cerita dongeng maupun membuat cerita dongeng di sekolah. Cerita-cerita yang mereka bagikan selalu dapat mengambil perhatian lebih dari teman-teman sebayanya.

Memiliki Ingatan yang Baik untuk Nama, tempat, Tanggal, atau Hal-hal Sepele

Anak-anak dengan bakat word smart akan lebih cepat dalam mengingat nama orang, nama tempat, tanggal ulang tahun teman dan kerabat, hingga hal-hal sepele seperti makanan kesukaan seseorang. Mereka akan mengingat informasi-informasi tersebut dengan lebih mudah.

Suka Permainan Kata

Anak dengan kemampuan word smart menyukai permainan kata, seperti mengerjakan soal menyusun kata yang acak di sekolah. Mereka juga tertarik untuk mengerjakan soal-soal seperti mencari kata dari banyaknya huruf di kertas. Jika beranjak dewasa pun, bentuk permainan kata yang akan mereka cari adalah seperti mengerjakan TTS.

Baca juga: Kenali 5 Tanda Anak Miliki Bakat Bernyanyi

 

Mengeja Kata-kata Secara Akurat

Bakat word smart pada anak akan memampukan mereka untuk mengeja kata-kata secara akurat. Mereka juga senang mencari makna dari sebuah kata baru yang didengar. Pengejaan kata pada saat mereka berbicara akan lebih jelas saat sedang diungkapkan.

Gemar Membaca Produk Bahasa

Anak dengan bakat word smart senang dalam membuat kalimat berima. Mereka juga akan lebih mudah dalam merangkai puisi. Saat berbicara pun, kata-kata yang keluar akan lebih terstruktur. Mereka juga senang membaca buku cerita.

Senang Mendengarkan Kata yang Diucapkan

Kemampuan ini membuat anak juga senang sebagai pendengar. Mereka gemar dibacakan dongeng. Metode belajar pun akan lebih mudah apabila mereka mendengarkan penjelasan secara personal dan berulang-ulang. Mereka lebih mudah menyerap suatu kata dan membayangkannya dengan bentuk-bentuk khusus. Anak dengan kemampuan word smart ini juga tertarik membaca komentar, aktif dalam memberi komentar maupun masuk dalam forum diskusi.

Memiliki Kosakata yang Baik

Bakat ini membuat anak mampu menuangkan pemikiran mereka lewat rangkaian kata. Karena itulah, mereka sering dinilai pintar dalam bercerita. Kosakata yang digunakan akan lebih mudah dimengerti oleh orang lain yang mendengarnya karena memiliki kosakata yang kaya.

Mampu Berkomunikasi dengan Mudah

Bakat ini memampukan anak berkomunikasi dengan lebih mudah. Hal ini ditunjukkan dengan pemilihan kata yang sesuai dan tidak terlalu baku saat hendak berbicara, sehingga memudahkan pendengar mengerti maknanya. Pemilihan bahasan yang baku saat berkomunikasi cenderung menjadi kurang interaktif. Namun, anak dengan bakat  ini mampu berkomunikasi dengan lebih interaktif dibanding anak-anak seusianya.

Apakah si kecil di rumah juga menunjukkan tanda-tanda seperti di atas? Berarti mereka merupakan anak-anak dengan kemampuan word smart loh. Mama Papa juga dapat melatih bakat word smart si kecil dengan mengikuti aktivitas-aktivitas anak hanya di Kiddo.id.

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?