Parenting

Penting! Kenali 5 Alasan Kenakalan Anak Usia Dini

Oleh Immanuela Harlita Josephine   |   

Terkadang, anak-anak memang suka melanggar peraturan dan itu hal yang lumrah terjadi. Mama Papa perlu lebih memerhatikan tingkah laku si kecil dalam merespon suatu hal karena respon yang mereka lakukan akan menunjukkan sikap diri mereka. Perilaku buruk atau kenakalan anak yang berulang kali terjadi bisa berbuah menjadi masalah yang serius di kemudian hari.

Anak-anak cenderung akan lebih cepat mengikuti apa yang mereka lihat secara berulang-ulang tanpa memikirkan dampak dari perilaku tersebut. Dalam hal ini, peran orang tua sangat penting dalam pembentukan perilaku si kecil. Orang tua harus bijak dalam memberikan arahan. Kendalikan diri dan jangan memakai bentakan apalagi kekerasan dalam merespon kenakalan anak karena mungkin mereka sendiri tidak tahu risiko apa yang akan terjadi atas perilaku tersebut. Berikut 5 alasan yang memicu kenakalan anak.

Kesulitan Mengendalikan Emosi

Wajar bila anak melampiaskan amarah mereka, justru hal tersebut baik untuk mengenal pribadi diri mereka lebih lagi. Namun, jika amarah yang mereka keluarkan melebihi batas wajar, itu bisa menjadi tanda bahwa anak memiliki kesulitan dalam mengelola emosi yang mereka rasakan.

Kesulitan mengendalikan emosi membuat anak cenderung lebih sulit diatur. Mereka akan lebih mengikuti apa yang sesuai dengan kehendak diri sendiri. Bila ada suatu hal yang bertentangan dengan kehendak mereka, itu akan membuat diri mereka menjadi tidak aman sehingga mereka akan menutupinya dengan melakukan kenakalan-kenakalan. Peran orang tua penting disini untuk mengajarkan anak dalam hal mengendalikan emosi.

Gagal dalam Menerapkan Perilaku Disiplin

Adalah normal bagi anak-anak untuk mengulangi kesalahan mereka dari waktu ke waktu untuk melihat apakah orang tua akan menindaklanjutinya dengan menerapkan disiplin pada anak. Namun, jika seorang anak terus menunjukkan perilaku yang sama berulang kali disaat orang tua sudah menerapkan perilaku disiplin dengan konsisten, berarti anak tersebut memang gagal dalam menerapkan perilaku disiplin. Buah dari perilaku tidak disiplin mereka akan berujung pada kenakalan-kenakalan dengan intensitas yang lebih tinggi melampaui usia mereka. Perlu penanganan khusus agar anak dapat merasakan konsekuensi setimpal untuk membuat mereka jera.

Baca juga: 4 Cara Untuk Mengasah Kecerdasan Emosional Anak

 

Masalah yang dialami di Sekolah

Kenakalan anak juga ditimbulkan karena masalah-masalah yang mereka alami di sekolah. Anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktu mereka di sekolah dan mengalami banyak peristiwa baru disana. Masalah-masalah yang dialami tersebut jika tidak bisa mereka selesaikan akan membentuk diri mereka melakukan kenakalan di sekolah. Peran orang tua dalam berkomunikasi dengan anak sangat penting untuk menolong anak menyelesaikan masalah-masalah yang mereka alami di sekolah dengan bimbingan dan saran yang tepat.

Kesulitan Berinteraksi

Kenakalan anak bisa dipicu akibat kesulitan berinteraksi dengan sekitar. Jika anak terbiasa dengan menutup diri, tidak bisa mengeluarkan pendapat, terkucilkan dan tidak mampu berinteraksi dengan baik saat berada di lingkungannya, perilaku nakal dan pemberontak pun akan timbul sebagai wujud dari keinginginan mereka untuk mau didengarkan dan ingin berinteraksi.

Kontrol Impulsif yang Buruk

Perilaku impulsif anak yang tidak bisa dikendalikan menjadi salah satu faktor kenakalan anak terjadi. Anak-anak menjadi lebih agresif dan sering membangkang serta melawan guru karena mereka mau keinginginan mereka harus terwujud. Mereka akan lebih mudah mencontoh apa yang mereka lihat bila sifat inpulsif dalam diri tidak dapat dikontrol dengan baik. Perlu peran orang dewasa disini dalam membantu anak mengembangkan keterampilan mereka ke arah yang lebih baik lagi.

Kelima alasan yang dapat memicu kenakalan anak di atas dapat menjadi pedoman bagi Mama Papa dalam membimbing si kecil dalam proses pertumbuhannya. Mama Papa dapat lebih memahami kembali hal-hal apa yang melatarbelakangi atau mendasari anak yang melakukan perilaku nakal. Simak Info&Tips seputar kehidupan anak lainnya hanya di Kiddo.id.

 

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?