Parenting

Orang Tua Wajib Ajarkan 5 Keterampilan Sosial Ini Pada Anak

Oleh Immanuela Harlita Josephine   |   

Keterampilan sosial yang baik memungkinkan anak-anak memiliki hubungan antarpersonal yang baik pula dengan teman-teman sebayanya. Keterampilan sosial yang dimiliki anak akan membantu mereka beradaptasi lebih cepat dengan lingkungan baru. Hal ini kemudian akan membentuk pribadi anak yang lebih cekatan, percaya diri, dan mudah bergaul. Berikut 5 keterampilan sosial yang harus orang tua terapkan pada anak.

Keterampilan Sosial dalam Berbagi

Ajarkan kepada si kecil untuk berbagi. Berbagi menjadi karakter diri yang baik dan perlu diterapkan sejak dini. Kesediaan berbagi seperti berbagi camilan atau mainan dapat sangat membantu anak-anak dapat menjalin pertemanan. Jadikan karakter berbagi sebagai kebiasaan yang terus dilakukan hingga dewasa nanti. Berbagi juga membuat mereka merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. Hal ini dapat mendukung keterampilan sosial dalam diri anak serta kunci untuk meningkatkan harga diri mereka sendiri.

Keterampilan Sosial dalam Bekerja Sama

Bekerja sama berarti untuk mencapai tujuan bersama. Anak-anak yang terbisa bekerja sama dengan orang lain akan lebih mampu menunjukkan sikap hormat ketika hendak mengajukan permintaan kepada orang lain. Mereka juga belajar tentang apa itu berkontribusi, berpartisipasi dan membantu dalam bekerja sama.

Keterampilan sosial dalam bekerja sama yang baik sangat mampu menghasilkan pergaulan yang baik dalam suatu komunitas. Anak perlu bekerja sama dengan teman sekelasnya di lingkungan sekolah. Sekitar usia tiga tahun, anak kecil mulai dapat menerapkan kerja sama dengan teman sebayanya, seperti bermain membangun menara bersama. Hal tersebut diperlukan untuk melatih anak dalam menerapkan kerjasama dan berpartisipasi untuk membangun menara tersebut. Bagaimanapun, kerja sama adalah kesempatan besar bagi anak-anak untuk belajar lebih banyak tentang diri mereka sendiri.

Baca juga: Keterampilan Ini Harus Ada Pada Anak. Apa Saja?

Keterampilan Sosial dalam Mendengarkan

Mendengarkan bukan hanya sekedar diam saja tetapi benar-benar menyerap apa yang orang lain katakana. Mendengarkan juga merupakan komponen penting dalam terciptanya komunikasi yang sehat. Sebagian besar pembelajaran di sekolah bergantung pada kemampuan anak dalam mendengarkan apa yang guru sampaikan di kelas.

Keterampilan ini mungkin menjadi keterampilan yang bahkan sulit untuk dikuasai di era digital sekarang ini karena begitu banyak orang cenderung lebih senang terpaku hanya pada layar ponsel dan laptop saat mereka tengah mengobrol. Hal inilah yang perlu dihindari orang tua agar anak tidak ikut menerapkan pola berkomunikasi yang salah.

Keterampilan Sosial dalam Mengikuti Arahan

Setiap arahan yang tidak diikuti dengan baik akan menuntun anak pada sebuah konsekuensi. Arahan yang dilanggar oleh anak seperti tidak mengerjakan PR, tidak mengikuti aturan dalam kelas, dan perilaku-perilaku buruk lainnya.

Peran orang tua dalam menerapkan keterampilan sosial ini sangat penting dalam memberikan arahan yang tepat pada anak agar mereka bersedia mengikutinya. Salah satu arahan orang tua yang dapat dibiasakan di rumah adalah dengan meminta anak untuk merapihkan kamarnya. Jangan biasakan memberikan beberapa arahan dalam satu waktu sekaligus pada anak. Buatlah arahan satu per satu untuk mereka kerjakan kemudian orang tua dapat memberikan arahan selanjutnya agar mereka tidak kebingungan dan menjadi malas.

Keterampilan Sosial dalam Tata Krama

Membiasakan pada anak untuk mengatakan tolong, maaf, dan terima kasih adalah langkah awal yang sangat baik untuk membantu anak dalam mengajarkan soal tata krama. Tentu saja, mengajarkan sopan santun kepada anak terkadang terasa seperti perjuangan yang berat karena pada usia demikian anak cenderung akan cepat mempraktekan apa yang mereka lihat dari orang lain. Namun, penting bagi anak-anak untuk mengetahui bagaimana menerapkan cara menjadi sopan dan hormat, terutama pada saat si kecil sedang berkunjung ke rumah orang lain atau saat sedang belajar di sekolah.

5 cara keterampilan sosial ini dapat Mama Papa terapkan pada anak di rumah dengan mempraktikannya menjadi kebiasaan sehari-hari. Terdapat aktivitas-aktivitas anak lainnya juga info dan tips seputar parenting yang Mama Papa bisa lihat di Kiddo.id.

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?