Aktivitas Anak

5 Ide Kreasi Mainan Anak dari Kardus Bekas

Oleh Immanuela Harlita Josephine   |   

Kardus bekas memang memiliki banyak manfaat jika didaur ulang kembali. Bahannya yang mudah dibentuk membuat kardus jadi pilihan tepat untuk membuat mainan anak. Masih dalam masa pandemi ini, Mama Papa mungkin menemukan kondisi si kecil yang jenuh karena hanya bisa bermain di dalam rumah saja.

Selama di rumah, si kecil jadi jarang bersosialisasi dengan teman-teman sebaya mereka. Hal tersebut akan semakin terasa apabila orang tua tidak aktif dalam membuat kegitan-kegiatan penunjang harian si kecil. Dengan menggunakan kardus bekas yang ada di rumah, Mama Papa dapat mengajak si kecil berkreasi membuat mainan baru. Tujuannya agar si kecil tidak mudah jenuh bermain di rumah. Berikut ini 5 ide kreasi mainan anak yang dapat dari kardus bekas.

Kostum Ksatria

Sesekali, Mama Papa bisa mendekor rumah agar berbeda dari suasana seperti biasanya. Dekorasi tersebut dapat berupa panggung pertunjukkan untuk si kecil agar dapat menampilkan bakat mereka di depan Mama Papa. Untuk itulah, Mama Papa dapat mendesain kostum ksatria atau karakter lainnya agar bisa dipakai oleh si kecil di rumah. Ajak si kecil pula untuk ikut dalam pembuatan kostum dari kardus bekas.

Kereta Api

Jika mobil-mobilan sudah biasa dibuat menggunakan kardus bekas, kali ini giliran kereta api. Hanya dengan bahan-bahan seperti kardus bekas, stick ice cream, lem, dan gunting, Mama Papa dapat membuat mainan transportasi kereta api sampai pada lintasan dan terowongannya juga loh. Si kecil pasti akan suka dengan hasilnya karena bentuknya yang unik dapat memberi gambaran baru pada si kecil untuk bermain menggunakan barang-barang bekas.

Baca juga: 5 Ide Mainana Anak dari Bahan Bekas

Akuarium Ikan

Si kecil suka pelihara ikan? Kini, Mama Papa dapat mengkreasikan peliharaan si kecil tersebut menggunakan kardus bekas. Buat pola berbentuk ikan menggunakan kardus bekas lalu warnai menggunakan cat air. Jangan lupa juga membuat pola biota laut lainnya untuk melengkapi isi akuarium. Gunting pola tersebut lalu warnai sesuai selera. Jangan lupa untuk mengajak si kecil dalam proses pembuatan akuarium ini ya Mama Papa.

Setelah isi akuarium selesai dibuat, Mama Papa dapat melanjutkan ke step berikutnya yaitu membuat akuarium. Buat pola persegi panjang dari kardus bekas dan gunting menyerupai kotak sepatu yang diberi bolongan pada bagian tengahnya. Lem setiap sisi akuarium kemudian warnai dengan cat air. Jika sudah, masukan pola ikan dan biota laut tadi ke dalam akuarium dengan menempelkannya di dalam akuarium. Ta-da, akuarium pun selesai dibuat.

Mainan ini dapat digunakan untuk mengajarkan si kecil perbedaan warna, bentuk, jenis ikan dan masih banyak lagi. Akuarium dari kardus bekas ini pun juga dapat dijadikan pajangan untuk mempercantik kamar si kecil.

Tenda Kemah

Bukan hal asing lagi jika melihat anak usia 5 tahun kebawah sedang bermain sambil berimajinasi. Anak cenderung gemar membuat rumah-rumahan mereka sendiri di dalam kamar menggunakan bantal, guling, dan selimut. Agar lebih menarik dan seru, Mama Papa bisa mengajak si kecil untuk membuat kreasi tenda seperti sedang berkemah di tengah hutan. Kardus bekas bisa jadi solusinya. Si kecil jadi bisa bermain di tenda menggunakan senter dengan keadaan lampu kamar yang dimatikan. Wah, rasanya seperti sedang berkemah betulan ya.

Robot-robotan

Siapa bilang mainan robot-robotan hanya bisa diproduksi oleh perusahaan pembuat mainan? Mama Papa juga bisa membuatnya di rumah loh. Dengan memanfaatkan kardus bekas, Mama Papa dapat membentuk pola menyerupai robot yang juga tak kalah bagus dan menarik untuk dimainkan oleh si kecil. Selain bisa mengurangi produksi sampah bagi bumi, si kecil juga dapat lebih kreatif dengan membuat mainannya sendiri.

Bagaimana nih Mama Papa, seru bukan? Mama Papa bisa menemukan ide-ide kreatif dan aktivitas anak lainnya di Kiddo.id. Selamat berkreasi!

 

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?