Do It Yourself

DIY Pengharum Ruangan dari Kulit Jeruk? Begini Caranya!

Oleh Immanuela Harlita Josephine   |   

Jangan buang kulit jeruk karena ternyata sampah ini bisa dijadikan bahan pembuat pengharum ruangan di rumah. Rumah yang harum dan nyaman membuat penghuninya pun jadi tentram. Tahukah Mama Papa kalau bekas kulit jeruk dan daun kemangi bisa mengharumkan seisi rumah? Kini, tak perlu keluar mencari pengharum ruangan di supermarket lagi karena Mama Papa bisa membuatnya sendiri di rumah.

DIY pengharum ruangan dari kulit jeruk ini menggunakan bahan-bahan alami tanpa kandungan kimia sehingga akan jauh lebih sehat untuk dihirup oleh tubuh. Udara dalam rumah menjadi lebih bersih dan sehat karena yang kita hirup juga merupakan tumbuh-tumbuhan. Pernapasan si kecil pun juga akan lebih sehat dan dapat menangkal bakteri maupun virus lainnya melalui pengharum ruangan. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 3/4 cangkir air matang
  • 1/2 cangkir air mentah
  • 4 sdm kemangi kering
  • 1 lembar kulit jeruk, potong kecil
  • 1 sdm alkohol
  • 1 sdm minyak zaitun

Baca juga: Resep Peach Gum dan Manfaatnya Bagi Tubuh

 

Cara Membuat:

  1. Didihkan 1/2 cangkir air mentah dalam panci, masukan daun kemangi kering dan potongan kulit jeruk serta minyak zaitun. Aduk perlahan dan diamkan selama beberapa menit dalam panci dengan api kecil.
  2. Jika campuran tadi sudah meresap dan menghasilkan aroma wangi, matikan api lalu dinginkan campuran air tersebut di wadah.
  3. Setelah dingin, masukan cairan ke botol semprot sambil menggunakan penyaring teh agar sisa daun dan potongan kulit jeruk tidak ikut masuk ke dalam botol.
  4. Tambahkan air matang dan alkohol kemudian kocok hingga merata.
  5. Pengharum ruangan semprot siap digunakan.

Mudah kan Mama Papa membuatnya? Temukan berbagai ide DIY lainnya hanya di Info & Tips Kiddo.id. Selama mencoba!

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?