Aktivitas Anak

Begini 5 Cara Mengetahui Anak Memiliki Bakat Musik

Oleh Kiddo.id   |   

Tidak seperti orang dewasa, anak-anak lebih mudah menyukai musik, apapun jenis musiknya. Saat mendengar musik, khususnya pada mereka yang aktif, anak-anak secara spontan ikut menyanyi, menari, menggoyangkan tangan maupun kepala, atau sekedar menghentakkan kaki. Namun, meskipun turut menggoyangkan badan dan menyanyi saat mendengar musik, belum tentu buah hati mempunyai bakat musik. Terdapat tanda-tanda khusus yang bisa Mama Papa amati pada anak apakah mereka memang mempunyai bakat musik atau tidak. 

Cara Mengetahui Bakat Musik

Gerakan

Amati gerakan pada buah hati. Menurut banyak penilitian, anak dengan bakat musik pada umumnya mempunyai gerakan yang unik. Gerakan mereka pada umumnya sesuai dengan irama musik. Contoh gerakan tersebut misalnya gerakan dalam berjalan, bergoyang, atau saat menghentakkan kaki saat mendengar lagu. 

Pertanda paling jelas yang bisa Mama Papa lihat adalah ketika Mama Papa memainkan musik di depannya, ia pun turut meramaikan dengan menambahkan bebunyian seperti dengan memukul meja  yang sesuai dengan irama musik yang ada. 

Menurut sebuah penelitian, anak pada umumnya baru mampu mengenal waktu di usia sekitar 3 tahun. Namun, anak dengan bakat musik bisa lebih dini dari usia tersebut. Mereka pun mampu mengingat waktu lebih sering dibandingkan dengan anak seusianya. 

Kemampuan mendengar

Hal yang perlu Mama Papa perhatikan selanjutnya adalah kemampuan Si Kecil dalam mendengar atau mengenal suara. Dibandingkan dengan yang lainnya, anak dengan potensi bermusik lebih peka terhadap suara. Mama Papa bisa memperhatikan bagaimana ia berbicara mengenai suara yang ia dengan. Apakah ia secara spesifik mengatakan asal suara tersebut  seperti air yang mengalir, suara klakson mobil, atau mengenal musik yang Mama Papa putar dalam rumah dan dalam mobil. 

Kemampuan mengamati

Cobalah bernyanyi lagu kesukaannya dengan nada yang salah secara sengaja. Kemudian perhatikan apakah Si Kecil berusaha mengoreksi Mama Papa atau tidak. Jika  ia mampu mengetahui kesalahan yang Mama Papa sengaja tersebut, kemungkinan buah hati mempunyai bakat bermusik cukup besar. Mama Papa juga bisa meminta mereka untuk mengulang melodi yang ia dengar untuk melihat kemampuan mengamati ini.

Kemampuan bermain instrumen

Dibandingkan kemampuan lain, kemampuan ini yang paling kentara yang bisa Mama Papa amati. Coba ajak Si Kecil  untuk memainkan instrumen musik. Tunjukkan cara bermain gitar misalnya, dan lihat apakah Si Kecil mampu membuat ulang melodi yang ia dengar dari gitar Mama Papa. Jika Si Kecil memang berbakat dalam musik, bahkan mereka bisa mengejutkan Mama Papa dengan memainkan sesuatu yang baru atau original dari instrumen musik tersebut. 

Dapatkan pendapat ahli

Selain melakukan pengamatan terhadap kemampuan dan perilaku anak, Mama Papa juga bisa mencoba mendapatkan pendapat profesional apakah Si Kecil memang memiliki bakat musik atau tidak. Mama Papa bisa sekadar menanyakan guru musik di sekolah misalnya. Jika tidak ada guru musik khusus, Mama Papa juga bisa menanyakannya kepada guru kesenian. Selain pendapat guru di sekolah, Mama Papa juga bisa meminta pendapat  para tutor di tempat les musik terdekat. 

Akhir kata

Bakat akan lebih mudah diasah jika telah diketahui sejak kecil. Oleh karena itu, penting bagi Mama Papa sebagai orang tua untuk mengenali bakat yang dimiliki oleh anak. Mengenal bakat Si  Kecil memang membutuhkan observasi yang lebih, termasuk bakat musik.

Meskipun akan lebih mudah mengenali bakatnya jika Mama Papa sebagai orang tua juga berpengetahuan dalam musik, Mama Papa yang awam bermusik juga bisa mengenali bakatnya dengan memperhatikan hal-hal di atas. 

Mama Papa bisa melihat rekomendasi kelas musik anak untuk segala usia di website Kiddo.id. Jangan ragu untuk mengenalkan beragam genre serta alat musik untuk mengetahui musik apa yang sebenarnya disukai anak. Semoga informasi ini membantu! 

Mama Papa juga dapat mengetahui informasi dan ide aktivitas lainnya yang dapat membantu Mama Papa untuk mendidik si kecil di laman Info dan Tips Kiddo.id

Gambar: Unsplash

Seberapa suka dengan artikel ini?