Aktivitas Anak

5 Trik Tumbuhkan Kemampuan Dasar Musik Pada Anak

Oleh Naziha Adzkiya   |   

Banyak orang tua di luar sana yang ingin anaknya memiliki kemampuan dasar musik. Pasalnya, anak yang memiliki kemampuan memainkan alat musik dipercaya sebagai anak yang cerdas dan berprestasi. Benarkah demikian? Faktanya memang begitu.

Anak yang memiliki kemampuan dasar musik memiliki skor IQ yang lebih tinggi daripada anak yang tidak bisa memainkan alat musik sama sekali. Hal ini dikarenakan musik bukan hanya menjadi media hiburan, tapi juga media untuk mengasah dan menstimulasi kecerdasan otak buah hati. Apakah Mama Papa juga ingin buah hati memiliki kemampuan bermusik? Yuk, simak trik mengajarkannya di bawah ini!

Sering memperdengarkan musik sedari dini

Sebelum melatih kemampuan dasar musik, terlebih dahulu Mama Papa harus memperkenalkannya pada musik, dong. Tidak mungkin, kan, tiba-tiba saja menyuruh buah hati belajar alat musik jika ia tidak memiliki kecintaan ataupun minat pada musik? Oleh sebab itu, sering memperdengarkan musik kepada buah hati semenjak ia dini adalah trik untuk menumbuhkan minta dan kecintaannya terhadap musik. 

Nah, caranya bisa pilih beberapa lagu atau musik yang memiliki nada ceria. Kemudian, rutinlah memperdengarkan musik-musik ceria ini kepada anak. Mama Papa bisa memutar lagu atau musik ketika di rumah; contohnya saat makan malam dan makan siang. Bisa juga saat menemani buah hati tidur malam. Dengan terbiasa mendengarkan musik, si kecil akan lebih menyukai lagu-lagu dan alat musik. 

Kenalkan pada beragam alat musik

Untuk mulai melatih kemampuan dasar musik buah hati, coba perkenalkan beberapa alat musik sambil ia bermain. Saat ini, sudah banyak mainan anak yang dibuat menyerupai alat musik sebenarnya. Bedanya, ukurannya lebih kecil dan fiturnya tidak sehebat alat musik sungguhan. Mama Papa bisa membelikannya keyboard kecil yang bisa dimainkan. Bisa juga piano kecil dengan tuts yang lebih sederhana. Sambil bermain, kenalkan nama alat musik ini dan bagaimana cara memainkannya. 

Ajak buah hati nonton konser musik

Supaya kemampuan dasar musik lebih terasah, mengajak buah hati untuk menonton konser secara langsung ataupun di YouTube menjadi pilihan yang bagus. Dengan melihat orang memainkan beragam jenis alat musik serta mengenali beberapa jenis musik, anak akan penasaran dan ingin juga mencoba memainkan alat musik yang ia lihat.

Contohnya saja, ketika ada musisi yang memainkan gitar, si kecil tentu akan penasaran bagaimana bisa alat musik tersebut mengeluarkan suara. Kalau sudah begini, orang tua bisa memberikan penjelasan tentang alat musik tersebut. Mama Papa juga bisa, lho, memberikan penjelasan masing-masing alat musik yang dimainkan dalam konser tersebut untuk melihat alat musik mana yang sekiranya disukai buah hati.  

Perkaya repertoar musik

Setiap anak tentu memiliki minat yang berbeda terhadap musik dan alat musik. Oleh karena itu, jangan sekali-kali memaksa atau membatasi jenis musik dan alat musik yang dipelajari buah hati, ya. Ingat, untuk melatih kemampuan dasar musik ini, orang tua harus sabar dan memberikan banyak pengetahuan tentang beragam jenis maupun alat musik. Selanjutnya, biarkan anak sendiri yang menentukan alat musik mana yang ingin dipelajari. 

Sebagai orang tua, yang harus Mama Papa lakukan adalah memperkaya pengetahuan dan kemampuan anak di bidang musik. Perkenalkan ia pada berbagai genre musik, mulai dari ballad hingga pop. Saat pengetahuan musik anak sudah berkembang jauh dan ia ingin tahu genre musik lainnya, fasilitasi dan jangan halangi keinginannya tersebut. 

Daftarkan pada sekolah musik

Nah, trik terakhir yang bisa para orang tua coba untuk melatih kemampuan dasar musik anak adalah dengan mengikutkannya ke kelas atau sekolah musik. Tapi ingat, lakukan langkah ini berdasarkan persetujuan dan keinginan anak, ya. Kalau memang anak belum mau ke sekolah musik, jangan paksakan. Alih-alih anak pandai bermusik, yang ada nanti ia jadi tidak mau belajar musik sama sekali. 

Begitulah tadi trik untuk melatih kemampuan dasar musik anak. Mama Papa bisa melihat rekomendasi kelas musik anak untuk segala usia di website Kiddo.id. Jangan ragu untuk mengenalkan beragam genre serta alat musik untuk mengetahui musik apa yang sebenarnya disukai anak. Semoga informasi ini membantu! 

Mama Papa juga dapat mengetahui informasi dan ide aktivitas lainnya yang dapat membantu Mama Papa untuk mendidik si kecil di laman Info dan Tips Kiddo.id 

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?