Aktivitas Anak

Cara Memilih Buku Bacaan untuk Anak Sesuai Usianya

Oleh Kiddo.id   |   

Membiasakan anak gemar membaca bisa dimulai sejak dini.Namun, memilih buku bacaan anak terbilang cukup tricky karena harus disesuaikan dengan usianya. Hal ini dikarenakan anak-anak dapat menyerap sempurna segala pengetahuan yang didapatkan. Rasa ingin tahu yang begitu tinggi juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi Mama Papa untuk memilihkan buku bacaan anak. Nah, agar penerapan kebiasaan gemar membaca ini berjalan efektif, berikut panduan lengkap untuk memudahkan Mama Papa memilih buku anak sesuai usianya. Yuk, simak!

Perhatikan kemampuan membaca anak

Setelah mempertimbangkan usia dan minat anak, Mama Papa juga harus kembali memperhatikan kemampuan membaca anak sebelum memilih buku bacaan untuknya. Apabila anak-anak masih tergolong balita dan belum bisa membaca, sebaiknya pilih buku yang memiliki banyak gambar dan tampilan visual menarik. Sebaliknya, jika anak-anak sudah bisa membaca, Mama Papa bisa memberikan buku 

Pertimbangkan usianya

Sebelum membeli buku untuk anak, sebaiknya pertimbangkan usia mereka terlebih dulu. Pastikan isi buku yang akan dibeli sesuai dengan perkembangan anak-anak. Hindari memilih buku bacaan anak bertema horor, percintaan, ataupun yang mengandur unsur-unsur kekerasan. Sebaliknya, pilih buku-buku yang dilengkapi dengan gambar dan berwarna. Jika anak-anak sudah mulai belajar membaca, pertimbangkan juga untuk memilih buku bacaan anak yang memiliki font berukuran besar agar lebih mudah terbaca.

Utamakan buku dengan banyak gambar

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, buku bacaan anak bergambar memiliki daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Oleh karena itu, saat memilih buku yang tepat untuk anak, tidak ada salahnya jika Mama Papa mengutamakan tampilan visualnya. Pilih buku cerita atau ensiklopedia yang dilengkapi dengan banyak ilustrasi atau gambar berwarna. Visualisasi yang seperti ini akan memudahkan anak-anak untuk mencerna dan menangkap keseluruhan isi dari buku tersebut.

Sesuaikan dengan minatnya

Siapa bilang Mama Papa tidak bisa mengetahui minat anak-anak sejak kecil? Dari memperhatikan koleksi mainannya saja Mama Papa sebenarnya sudah bisa dengan mudah mengenal apa yang diminati atau disukai oleh anak-anak. Dengan begitu, Mama Papa bisa memilih buku bacaan anak yang sesuai dengan minatnya. Misalnya, jika anak menyukai mobil-mobilan, Mama Papa bisa memilih buku bergambar tentang ragam kendaraan sesuai dengan jenis dan fungsinya. Cara ini dapat memotivasi anak untuk gemar membaca secara maksimal.

Hindari memilih buku terlalu tebal

Berbeda dari orang dewasa, anak-anak umumnya lebih cepat merasa bosan dengan kegiatan membaca. Sangat disarankan agar Mama Papa memilih buku bacaan anak yang hanya terdiri dari 10 – 20 halaman saja. Apabila halaman buku terlalu tebal, bukan tidak mungkin anak-anak akan berhenti membaca karena merasa bosan dan capek. Jadi, pastikan Mama Papa sudah meneliti terlebih dulu berapa jumlah halaman yang tersedia untuk buku bacaan anak yang akan dibeli.

Pilih buku yang memiliki pesan moral

Selain memperhatikan tampilan visual, Mama Papa juga bisa memilih buku bacaan anak yang memiliki pesan moral positif. Mama Papa bisa memperhatikan judul buku tersebut serta membaca sinopsis atau ringkasan cerita yang biasa terletak di halaman belakang. Jika beruntung, beberapa buku bacaan anak di rak toko buku tidak berada dalam keadaan disegel, sehingga Mama Papa bisa membacanya lebih dulu sebelum melakukan pembelian. Buku dengan pesan moral ini secara tidak langsung akan menjadi media belajar yang tepat untuk anak.

Jangan tergesa memberikan buku bilingual

Meskipun Mama Papa berencana untuk menyekolahkan anak-anak di sekolah bertaraf internasional, jangan tergesa-gesa memperkenalkan bahasa asing pada anak-anak. Hal ini penting diperhatikan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam mempelajari bahasa. Sebelum mengenal dan memahami bahasa asing, pastikan anak-anak sudah dengan baik menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibunya. Ini juga berlaku ketika Mama Papa memilih buku  anak. Hindari memberikan buku bilingual karena justru akan membingungkan pemahaman anak-anak. Ketahui lebih lanjut mengenai manfaat dari anak bilingual

Ajak anak untuk memilih buku bacaan sendiri

Satu lagi cara memilih buku bacaan anak, yaitu dengan mengajaknya memilih sendiri buku bacaan yang ia inginkan. Mama Papa bisa mengajak anak-anak berbelanja buku ke toko buku terdekat. Jangan ragu untuk menemani anak memilih buku  yang diinginkan. Di sisi lain, Mama Papa juga bisa mengajak anak-anak berkunjung ke perpustakaan kota untuk memilih buku anak yang disukai. Dengan begitu, anak tidak lagi merasa ‘dipaksa’ oleh kedua orang tuanya untuk membaca. Pasalnya, seluruh buku yang ada adalah hasil pilihannya sendiri.

Menerapkan pendidikan literasi sejak dini memang efektif dilakukan melalui buku anak. Namun demikian, Mama Papa harus tetap bersikap cermat dan berhati-hati dalam memilih buku bacaan. Terlebih saat ini konten-konten berisi kekerasan maupun pornografi dapat terselip begitu saja. Sebagai orang tua, mau tidak mau Mama Papa harus bersikap kritis dan selektif dalam memilih buku bacaan untuk anak sesuai dengan usianya. Ketahui mengenai informasi dan ide aktivitas lainnya yang dapat membantu Mama Papa untuk mendidik si kecil di laman Info dan Tips Kiddo.id https://kiddo.id/category/parenting/ 

Gambar: Ben White on Unsplash

Seberapa suka dengan artikel ini?