Aktivitas Anak

5 Cara Cepat Agar Anak Cepat Belajar Huruf dan Angka

Oleh Kiddo.id   |   

Mengenalkan huruf dan angka pada anak bisa dilakukan sejak dini.Mama Papa dapat mengenalkan huruf dan angka ketika anak berusia lima belas bulan dan bila dirasa anak telah siap. Namun, apabila Mama Papa merasa si kecil belum siap, sebaiknya Mama Papa perlu bersabar dan tidak perlu khawatir. Sebab, beberapa anak baru bisa mengucapkan huruf dan angka ketika ia menginjak usia empat tahun. Lantas, adakah cara belajar huruf yang efektif untuk anak? Berikut yang bisa Mama Papa simak.

Permainan berhitung

Anak memang tidak bisa diajarkan huruf dan angka dengan paksaan. Anak-anak biasanya lebih suka bermain daripada memahami hal-hal yang serius. Namun, ini bukan menjadi hambatan, justru inilah saat yang tepat untuk mengenalkan huruf dan angka kepada mereka. Mama Papa bisa mengajak anak untuk melakukan permainan berhitung. Permainan bisa dilakukan dengan memasukkan baju ke dalam keranjang.  Mama Papa juga bisa mengeluarkan semua koleksi mainan yang anak miliki. Lalu, mintalah si kecil untuk menghitung mainan tersebut. Meski cukup sederhana, mengajaknya melakukan permainan berhitung lambat laun akan membuatnya cepat hafal. 

Buatlah gambar yang unik

Apabila metode permainan berhitung dirasa kurang dalam belajar huruf dan angka, cobalah untuk mengajak anak menggambar. Hal ini sangat cocok bila anak Mama Papa suka menggambar. Selain mengajarkan huruf dan angka, metode menggambar di sisi lain juga mampu mengembangkan kreativitasnya. Ajaklah anak untuk menggambar beberapa huruf atau angka terlebih dahulu. Biarkanlah anak Mama Papa berkreasi dalam menggambar. Setelah itu, biarkan mereka memberi warna sesuka hati. Ketika gambar tersebut sudah jadi, selanjutnya ajaklah anak untuk menempel karya tersebut di tempat yang mudah diingat. Misalnya di dinding kamar, pintu, dan sebagainya.

Ajaklah bernyanyi

Bernyanyi memang menyenangkan bagi anak-anak. Aktivitas ini membuat anak cepat hafal dalam menanggapi hal-hal tertentu. Mama Papa bisa menggunakan beberapa kata kunci agar anak mudah menghafal huruf dan angka. Untuk langkah awal, Mama Papa bisa melafalkan alfabet lewat lagu ABCD misalnya. Atau dengan menyanyikan lagu tentang angka seperti ‘Five Little Monkeys’ dan lagu anak ‘Sayang Semuanya’. Saat bernyanyi inilah Mama Papa bisa menunjukkan jari sesuai angka yang diucapkan.  Selain itu, Mama Papa juga bisa menunjukkan video yang berkaitan dengan lagu tersebut agar membantunya  belajar.

Ajarkan untuk merangkai huruf dan nama

Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam belajar huruf untuk anak-anak selain menggunakan buku adalah menggunakan balok alfabet. Ajaklah anak Mama Papa untuk merangkai balok-balok huruf tersebut hingga membentuk sebuah nama dengan jelas. Pertama, Mama Papa bisa mengajarkannya untuk merangkai namanya sendiri. Lalu, lanjutkan dengan merangkai nama keluarga lainnya seperti nama ayah, ibu, atau kakak. Cara ini cukup efektif untuk mengenalkan bentuk huruf kepada anak. Dalam memilih balok huruf ini, pilihlah yang berwarna-warni dan mudah digunakan. Tentu dengan balok warna-warni ini akan membuat anak semakin tertarik.

Mengenalkannya lewat buku

Dengan memberikannya sebuah buku pada anak, ia akan semakin mudah belajar. Mulailah dengan membacakan buku cerita kepada anak untuk mengajarkan huruf dan angka. Gunakanlah intonasi suara yang berbeda-beda agar anak semakin tertarik dan berinteraksi secara langsung. Untuk jenis bukunya sendiri, disarankan untuk memilih buku yang memiliki banyak gambar. Hal ini dikarenakan anak lebih mudah dalam menghafal sesuatu melalui visual. Dengan demikian, anak akan belajar menghafal seperti nama-nama tokoh, benda, dan sebagainya dari buku tersebut.

Bagaimana, cukup mudah bukan belajar huruf bersama anak Mama Papa dengan cara tersebut? Kini, sebagai orang tua, Mama Papa bisa memilih dan menentukan strategi atau cara mana yang digunakan sesuai dengan karakter buah hati. Ketahui tips mengasah bakat anak lainnya di laman Info & Tips Kiddo.id 

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?