Aktivitas Anak

Ajarkan Hidup Sehat, Coba 5 Olahraga Seru Bersama Anak

Oleh Kiddo.id   |   

Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu bersama si kecil. Kalau mungkin Mama Papa bosan dengan berbagai mainan yang ada di rumah, sesekali coba anak bergerak aktif dengan berolahraga bersama! Tenang saja, Mama Papa tidak perlu mengajak anak ke gym, ada cukup banyak kok pilihan seru untuk olahraga bersama anak di rumah. Berikut beberapa di antaranya yang bisa dipraktikkan!

Aktivtas Olahraga Bersama anak

Bersepeda

Bagi yang punya sepeda di rumah, cobalah olahraga bersama anak dengan bersepeda keliling kompleks perumahan. Mama Papa dan si kecil bisa mengayuh sepeda masing-masing atau menggunakan sepeda tandem. Sebagai alternatif lain, Mama Papa juga bisa mengajak si kecil bersepeda bersama saat Car Free Day.

Biasanya ada layanan penyewaan sepeda yang bisa Mama Papa manfaatkan. Tidak hanya itu, di Car Free Day juga biasanya ada begitu banyak stand menarik yang bisa dikunjungi bersama si kecil. Misalnya, aneka snack hingga mainan anak buatan lokal.

Lari atau jalan pagi

Ini dia alternatif olahraga bersama anak yang bisa dibilang paling mudah dan murah. Cukup berbekal sneakers, Mama Papa bisa mengajak anak untuk jogging keliling kompleks perumahan saat pagi hari. Ingatlah untuk tidak berlari atau jogging terlalu cepat, seimbangkan dengan langkah si kecil.

Jangan lupa membawa air mineral dalam botol, ya. Jadi, jika si kecil merasa haus di tengah jalan, ia bisa langsung minum. Lalu, sambil jogging atau jalan pagi, Mama Papa bisa mengajari anak tentang objek-objek yang ditemui, misalnya pohon, batu, dan mobil.

Functional movement

Functional movement, atau disebut juga dengan functional training, adalah opsi olahraga bersama anak dengan melakukan gerakan-gerakan yang umum dilakukan sehari-hari. Salah satunya adalah squat, yang biasanya tanpa kita sadari bakal dilakukan saat mengambil barang di lantai. Mama Papa harus jongkok terlebih dulu, kan? Di sinilah gerakan squat sebetulnya dilakukan.

Kalau menurut rekomendasi WHO, anak dianjurkan agar bergerak aktif selama sekitar enam puluh menit dalam sehari. Tidak harus selalu gerakan olahraga, tapi juga gerakan-gerakan biasa lain seperti berjalan kaki.

Berenang

Namanya juga anak-anak, kemungkinan besar ia pasti suka bermain air. Nah, Mama Papa bisa memanfaatkan hal ini untuk olahraga bersama anak dengan berenang. Cocok buat Mama Papa yang memang memiliki kolam renang di rumah. Jika tidak, Mama Papa juga bisa menggunakan kolam renang plastik untuk dipompa, lalu diisi air secukupnya.

Sambil berenang, Mama Papa bisa membawakan mainan-mainan si kecil seperti bola plastik warna-warni atau boneka bebek plastik. Melalui aktivitas berenang, fungsi pernapasan si kecil bakal semakin kuat dan otot-ototnya juga lebih terbentuk. 

Bermain bola

Main bola juga bisa menjadi alternatif olahraga bersama anak yang seru buat dilakukan. Pilihannya pun cukup banyak, mulai dari bola basket, bola tenis, sampai sepak bola. Tidak harus mengumpulkan banyak pemain, Mama Papa berdua dengan si kecil sudah cukup untuk menghasilkan olahraga yang seru.

Misalnya, Mama Papa bisa bertindak sebagai kiper, sedangkan anak yang akan menendang bola. Selang beberapa menit, Mama Papa dan si kecil bisa bertukar peran agar ia tidak merasa bosan. Mama Papa juga bisa mengajak pasangan untuk ikut bermain bola agar permainan berlangsung lebih seru.

Beraktivitas sambil bermain bersama anak memang mengasyikkan, apalagi kalau Mama Papa dan si kecil bisa sekalian berolahraga. Tidak hanya membuat anak senang, olahraga bersama anak tentu juga akan membuat tubuh jadi lebih bugar. Yuk, ajak si kecil buat melakukan berbagai olahraga seru di atas! Mama Papa juga dapat mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan saat si kecil olahraga

 

Gambar: Adrià Crehuet Cano on Unsplash

Seberapa suka dengan artikel ini?