Aktivitas Anak

5 Gerakan Pijat Anak yang Sehat dan Bermanfaat

Oleh Naziha Adzkiya   |   

Melakukan pijat anak sudah menjadi tradisi yang melekat di Indonesia. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga didukung oleh dokter-dokter anak karena terbukti sehat dan bermanfaat bagi tumbuh kembang sang buah hati. Ternyata, pijat anak ini juga bisa Mama Papa lakukan sendiri di rumah. Siapkan saja alas datar, handuk, dan minyak telon sebelum memijat si kecil.

Sebetulnya, gerakan memijat anak bisa dilakukan segera setelah bayi lahir, sekitar 10-14 hari setelah bayi keluar dari rumah sakit. Sangat dianjurkan untuk memijat bayi secara rutin. Berikut 5 gerakan pijat anak yang bisa Mama Papa coba di rumah, demi kesehatan si kecil.

Pijat wajah

Gerakan pijat anak yang satu ini dapat menstimulasi perkembangan kemampuan penglihatan, pendengaran, dan penciuman si kecil. Terlebih lagi, sangat bermanfaat untuk menghilangkan kebiasaan menghisap bayi serta mendukung kemampuan berbicara si kecil. 

Pertama-tama, pijat lembut dahi anak dengan ujung jari. Kemudian, kedua tangan Mama Papa mengusap di sepanjang tulang hidung sampai ke kedua sisi pipi anak. Lakukan gerakan melingkar di bagian dagu si kecil. Pijat lembut kedua alis anak tanpa menyentuh kelopak mata. Terakhir, buatlah gerakan tersenyum di area bibir anak.

Pijat dada

Selanjutnya, Mama Papa juga bisa melakukan gerakan pijat anak di area dada. Lakukan gerakan pijat membentuk kupu-kupu. Letakkan kedua tangan di dada anak, usap ke arah atas, dan buat simbol hati. Pijat dada anak dengan gerakan menyilang, dari dada ke bahu anak. Manfaat dari gerakan pijat anak ini adalah mampu memperlancar pernafasan dan merangsang saraf otonom peristaltik, sehingga pencernaan sang buah hati juga tetap sehat.

Pijat perut

Gerakan pertama yang harus dilakukan adalah mengusap lembut dari atas hingga bawah perut anak. Angkat kedua kaki anak, tekuk kedua lututnya, dan lakukan gerakan melingkar searah jarum jam secara bergantian ke arah perut. Terakhir, lakukan gerakan pijat ‘I Love You.’

Bagaimana cara melakukan gerakan pijat ‘I Love You’? Cukup mudah, buat huruf I di area samping kiri perut anak, usap lembut dari atas hingga bawah. Buat huruf L terbalik dari arah kanan ke kiri perut anak, kemudian lanjutkan ke arah bawah perut. Buat huruf U terbalik, dimulai dari bagian kanan bawah perut hingga ke bagian kiri bawah perut.

Lakukan gerakan pijat perut dengan hati-hati tanpa tekanan. Memijat perut anak sangat efektif bila anak sedang kembung atau sembelit. 

Pijat tangan dan kaki

Selain bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, gerakan pijat anak pada tangan dan kaki juga bermanfaat untuk menstimulasi motorik si kecil. Mama Papa bisa mulai dengan melakukan pijatan lembut dari bahu sampai pergelangan tangan, lakukan seperti sedang memerah sapi. Pijat jari-jari anak dengan menariknya secara lembut. Usap juga permukaan tangan sang buah hati. Kemudian, lakukan gerakan seperti memeras baju pada tangan anak. 

Untuk area kaki anak, Mama Papa bisa memijat kedua kaki dari paha hingga pergelangan kaki, sama seperti gerakan memerah sapi. Lakukan juga gerakan seperti memeras baju pada kedua kaki anak. Kemudian, tarik dengan lembut jari-jari anak. Pijat juga kedua telapak kaki anak dengan menekankan ibu jari.

Pijat punggung

Memijat punggung anak sangat bermanfaat untuk merelaksasikan tubuh anak serta membentuk postur tubuh yang baik. Selain itu, gerakan pijat anak ini juga menstimulasi kelenturan otot punggung anak. Dalam posisi tengkurap, mulailah dengan gerakan maju mundur di atas punggung anak. Kemudian, usap lembut dari atas hingga bawah punggung. 

Buat gerakan melingkar di bagian samping punggung, usap lembut menggunakan jari Mama Papa. Akhiri dengan memijat dari bagian bawah leher hingga tulang ekor anak. Jangan lupa untuk menggunakan bantal untuk membantu menopang perut anak.

Cukup mudah, bukan? Ingatlah untuk melakukan pijatan lembut agar anak pun tetap nyaman. Sesi pijat anak ini bisa Mama Papa jadikan sesi spa bayi selama di rumah. Selama PSBB berlangsung, Mama Papa juga bisa mencari tempat spa bayi yang terpercaya melalui situs Kiddo.id. Nantinya, Mama Papa bisa mengunjungi tempat spa bayi tersebut saat kondisi sudah mulai kondusif.

Gambar: Khoa Pham on Unsplash

Seberapa suka dengan artikel ini?