Aktivitas Anak

Cara Seru Merayakan Ulang Tahun Anak di Tengah Corona

Oleh Kiddo.id   |   

Wabah akibat penyebaran virus corona mengharuskan masyarakat Indonesia berdiam diri di dalam rumah selama waktu yang belum ditentukan.Jika ulang tahun si kecil sudah dekat, maka rencana untuk merayakan ulang tahun ramai-ramai pun harus dirancang ulang! Namun tidak perlu khawatir, pandemi ini bukanlah penghalang bagi Mama Papa dan keluarga untuk membuat perayaan ulang tahun anak yang seru dan memorable. Berikut cara-cara mudah yang bisa Anda lakukan agar ulang tahun anak tetap meriah walau hanya di rumah saja.

Dekorasi rumah

Walaupun perayaan ulang tahun anak tahun ini tidak mengundang tamu, tetap saja rumah harus diberi dekorasi pesta yang meriah. Mama Papa bisa membeli balon, pita, banner, confetti, dan jenis dekorasi lainnya secara online. Cara memasangnya juga cukup mudah, Mama Papa bisa menjadikan salah satu ruangan di rumah sebagai spot perayaan ulang tahun anak.

Ajak juga si buah hati untuk ikut memilih dan memasang dekorasi ulang tahun. Jika Anda dan keluarga ingin membuat kejutan perayaan ulang tahun, Mama Papa bisa mendekor ruangan selagi si kecil masih tertidur lelap. Nantinya, Mama Papa bisa melakukan sesi foto bersama untuk mengenang perayaan ulang tahun anak yang berbeda dan spesial di tahun ini.

Buat kue ulang tahun

Rasanya ulang tahun belum lengkap tanpa kehadiran kue ulang tahun. Tentu saja momen tiup lilin dan potong kue menjadi tradisi ulang tahun anak yang paling ditunggu-tunggu. Tenang saja, masih ada toko kue yang melayani pemesanan kue ulang tahun meski di tengah PSBB ini. Mama Papa juga bisa membuat kue ulang tahun sendiri di rumah, bahan-bahannya bisa ditemukan di supermarket atau e-commerce.

Baik memesan atau membuat kue ulang tahun sendiri, pilihlah rasa kue yang disukai seluruh anggota keluarga. Hiasan pada kue juga harus sesuai dengan hobi atau selera sang buah hati, mengingat kue ini menjadi simbol hari spesial anak. Jangan lupa untuk membeli lilin ulang tahun juga, ya!

Video call dengan teman dan keluarga

Anak-anak pasti merasa kesepian karena tidak bisa merayakan ulang tahunnya bersama teman dan keluarga. Berkat kemajuan teknologi saat ini, Mama Papa bisa mengajak teman-teman sepermainan si kecil dan anggota keluarga lainnya untuk bergabung dalam video call

Hubungi orang tua dari teman-teman si kecil, jelaskan bahwa Mama Papa ingin merayakan ulang tahun si kecil via video call. Beritahukan juga waktu dimulainya video call ke setiap orang yang diajak. Meski tidak bisa disamakan dengan pesta ulang tahun anak pada umumnya, dijamin si kecil akan merasa sangat bahagia saat bisa melihat dan mengobrol bersama orang-orang yang disayanginya. 

Lakukan games seru!

Agar perayaan ulang tahun anak lebih seru, ajak si kecil dan seluruh anggota keluarga untuk bermain games seru. Apa saja kira-kira games yang bisa dimainkan? Bisa menggunakan konsol game atau melakukan permainan sederhana, seperti petak umpet, mencari harta karun, atau tebak gambar.

Mama Papa perlu mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan dalam permainan-permainan tersebut. Misalnya saja papan tulis atau kertas untuk permainan tebak gambar atau barang-barang yang harus disembunyikan untuk permainan mencari harta karun. Pastikan Anda sudah mempersiapkannya sebelum hari ulang tahun.

Beri hadiah ulang tahun

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah memberikan hadiah ulang tahun anak. Sebetulnya, Mama Papa tidak perlu membeli hadiah mahal, asalkan hadiah tersebut sesuai dengan minat dan bakat si kecil. Contohnya seperti memberikan baju renang baru kepada anak yang hobi berenang, memberikan ukulele untuk anak yang suka bermusik, atau memberikan pensil warna baru bagi anak yang suka menggambar.

Itulah kelima cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk merayakan ulang tahun anak selama PSBB berlangsung. Meski tidak bisa dirayakan meriah, Mama Papa masih bisa berkumpul bersama keluarga inti dan melakukan perayaan ulang tahun agar membuat hubungan menjadi lebih intim. Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen-momen ulang tahun ini bersama si kecil.

Saat PSBB sudah berakhir, Mama Papa juga bisa mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas-aktivitas seru yang sesuai dengan minat maupun bakatnya. Tidak perlu repot, Mama Papa bisa menemukan banyak aktivitas anak di kolom Aktivitas Anak kiddo.id Mulai dari les musik hingga berenang bisa ditemukan di sini.

Gambar: Douglas J S Moreira on Unsplash

Seberapa suka dengan artikel ini?