Parenting

Manfaat Buka Puasa #DirumahAja Bersama Keluarga

Oleh Melynda Ajeng Saraswati   |   

Ramadhan kali ini terasa berbeda karena situasi pandemi virus corona. Berkumpul dengan keluarga pada saat buka puasa, ternyata memiliki berbagai manfaat. Salah satu dampak yang terjadi dengan adanya pandemik COVID-19 di bulan Ramadhan adalah tidak dapat menjalankan tradisi buka puasa bersama dengan teman serta kerabat di luar rumah. Namun jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, hal tersebut justru bisa memberikan sebuah keuntungan, lho! Zaman sekarang berkumpul dengan keluarga merupakan momen yang sangat langka. Dengan adanya kesibukan masing-masing anggota keluarga, membuat anggota keluarga menjadi jarang berkumpul apalagi pada saat buka puasa. Berikut manfaat buka puasa bareng keluarga #dirumahaja, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

1. Memiliki Banyak Waktu Bersama Keluarga

Pada saat bulan puasa, biasanya banyak waktu yang digunakan untuk buka puasa di luar rumah, bersama dengan teman atau relasi. Dengan adanya pandemic corona ini, Moms jadi punya banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga #dirumahaja. Sehingga dengan adanya banyak waktu bersama keluarga, nikmatilah waktu ini sebaik mungkin karena momen indah tidak akan terulang untuk kedua kalinya.

2. Hemat Pengeluaran

Ketika menjalankan tradisi buka puasa di restoran atau kafe, tentu Mama harus mengeluarkan budget ekstra. Apalagi, jika acara buka puasa tersebut dilakukan di restoran ternama yang memiliki daftar menu dengan harga selangit. Namun, berbeda jika Mama berbuka puasa bersama anggota keluarga di rumah. Sebab, Mams bisa jadi lebih hemat karena tidak harus mengeluarkan uang sepeser pun.

3. Hemat Tenaga

Di tahun-tahun sebelumnya, kita berpuasa sambil tetap beraktivitas diluar rumah. Kali ini dengan puasa #dirumahaja, kita jadi lebih hemat tenaga karena nggak perlu naik kendaraan umum atau stres karena harus menyetir di tengah kemacetan. Bukan cuma hemat tenaga badan kita, tetapi juga energi bahan bakar kendaraan. Belum lagi saat harus buru-buru pulang jelang waktu berbuka puasa, yang untungnya di tahun ini bisa kita skip dengan langsung berbuka puasa di rumah!

4. Komunikasi Antar Anggota Keluarga Meningkat

Suatu keberuntungan bagi Mama yang bisa berbuka puasa bersama dengan keluarga tercinta di rumah. Di mana kegiatan positif tersebut akan terjalinnya silaturahmi dan mempererat komunikasi satu sama lain. Ya, jika biasanya saat buka puasa di sebuah restoran kadang dalam berkomunikasi menjadi terbatas. Ini dikarenakan ada pengunjung lain yang sedang berbuka puasa juga. Dengan menyelenggarakannya di rumah, tentu komunikasi akan terjalin lebih baik dan leluasa tanpa takut mengganggu kenyamanan orang.

5. Ibadah Bersama #DirumahAja

Menikmati buka bersama dengan keluarga adalah saat terindah yang pernah terjadi di dalam hidup, apalagi jika bisa melakukan salat sunnah tarawih bersama. Setelah buka bersama dengan keluarga, gunakanlah waktu untuk salat tarawih bersama, walaupun hanya #dirumahaja. Kemudian belajar Al-Qur’an bersama dengan keluarga. Selain meningkatkan keakraban dengan keluarga, hal ini juga bisa membuat anggota keluarga lebih dekat hubungannya dengan Allah SWT.

Baca artikel lainnya seputar coronavirus dan aktivitas yang bisa dilakukan Si Kecil di rumah:  kiddo.id/lawancorona dan ikuti juga kelas Whatsapp di kiddo.id/kulwap

Seberapa suka dengan artikel ini?