Aktivitas Anak

Ajarkan Si Kecil Tentang Malam Lailatul Qadar

Oleh Melynda Ajeng Saraswati   |   

Tentang “Malam Kekuasaan” Islam, Allah SWT mengatakan dalam Al-Qur’an, “Malam Al Qadr (dekrit) lebih baik daripada seribu bulan (yaitu menyembah Allah SWT pada malam itu lebih baik daripada menyembahnya seribu bulan: 83 tahun dan empat bulan) ” (QS. 97: 3).

Ini berarti setiap ibadah tambahan berpotensi memiliki lebih banyak pahala dan lebih banyak kekuatan di malam Lailatul Qadar daripada malam lainnya di tahun itu. Sebagai umat muslim, kita disarankan untuk melakukan ibadah tambahan dan bisa kita ajarkan kepada Si Kecil dirumah:

  • Melafalkan dzikir tambahan (peringatan khusus Allah (SWT) dengan melafalkan nama dan gelar-Nya atau dengan berterima kasih dan memuji-Nya)
  • Membaca dan memahami Al-Qur’an dan tafsirnya (beberapa umat Muslim mencoba membaca dan memahami seluruh isi Al-Qur’an selama bulan Ramadhan.)
  • Membaca Al-Quran (beberapa umat Muslim bertujuan untuk menyelesaikan bacaan mereka pada malam ke-27, malam yang banyak dianggap sebagai Malam Kekuasaan.)
  • Melakukan i’tikaf (menjauhkan diri dari urusan duniawi selama beberapa hari dan sebagai gantinya mengabdikan diri untuk beribadah selama beri’tikaf itu.)
  • Membuat doa yang kuat dan tulus (doa kepada Allah) untuk memuji-Nya, meminta pengampunan bagi diri kita sendiri dan orang-orang yang kita kasihi, untuk meminta bantuan dan berkah-Nya, dan untuk meminta Allah SWT meringankan atau mengakhiri penderitaan orang lain.
  • Sebagai orang dewasa, mudah untuk melihat manfaat dari Lailatul Qadar. Orang dewasa mengerti bahwa kita perlu mendorong diri kita lebih keras dalam 10 malam terakhir. Hal ini untuk memaksimalkan pahala kita dan mencapai manfaat tertinggi.

Namun, bagaimana kita dapat membantu anak-anak kita memahami berkat dari beribadah pada malam Lailatul Qadar? Ketiga sumber yang ramah anak ini akan membantu!

Semoga beberapa sumber diatas dapat membantu keluarga untuk mengajarkan Si Kecil tentang malam Lailatul Qadar.

Sumber : noorkids.com

Seberapa suka dengan artikel ini?