Parenting

Lebaran Di Rumah Ngapain Aja, Ya?

Oleh Chairunnisa   |   

Larangan mudik telah diberlakukan oleh pemerintah, serta himbauan untuk tidak saling bertemu di hari raya nanti.

Sejak 24 April 2019, pemerintah sudah menetapkan larangan mudik Ramadhan. Hal ini diharapkan agar dapat menekan angka penyebaran virus corona yang masih berlangsung saat ini. Bukan hanya larangan mudik saja, pemerintah juga meminta agar masyarakat tidak saling bertemu dan tetap di rumah aja sampai waktu yang masih belum ditentukan.

Kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk merayakan hari lebaran saat di rumah aja, ya? Pastinya, Mama dan keluarga harus tetap membuat momen lebaran tahun ini tetap istimewa. Berikut simak langkah-langkah dibawah ini!

1. Bangun Pagi

Tidak bisa sholat ied  di lapangan atau masjid, bukan berarti jadi alasan untuk bangun siang. Agar tetap semangat, Mama dan keluarga harus bangun pagi seperti biasanya, untuk bersiap-siap melakukan sholat idul fitri. Kemungkinan besar sholat idul fitri akan dilakukan di rumah masing-masing, maka dari itu mama perlu bangun lebih awal untuk mempersiapkan peralatan ibadah.

2. Dandan dan Pakai Baju Lebaran

Meski tidak bisa keluar rumah, kita perlu menyambut hari lebaran ini agar tetap istimewa! Caranya dengan berdandan dan mengenakan baju lebaran. Tak apa bukan baju baru, yang penting itu baju terbaik yang disiapkan spesial untuk lebaran. Jika punya tradisi mengenakan baju yang seragam dengan keluarga, boleh banget untuk dilakukan. Nah, “lebaran vibes”-nya jadi tetap ada, kan?

3. Foto Keluarga

Hari lebaran juga kerap sekali menjadi momen untuk foto keluarga, karena ini biasanya menjadi ajang keluarga besar berkumpul bersama. Meski hanya bisa berkumpul dengan keluarga inti, momen lebaran tahun ini harus tetap diabadikan, dong! Apalagi sudah dandan dan pakai baju rapi. Agar foto keluarga Mama terlihat kece perlu diperhatikan cahaya, latar tempat, dan angel saat mengambil foto ya, Ma.

4. Maaf-Maafan Dengan Kerabat Lain Lewat Videocall

Maaf-maafan menjadi tradisi di hari lebaran. Nah, ditengah situasi yang mengharuskan untuk kita physical distancing ini tidak membatasi hal ini. Mama dan keluarga tetap bisa bermaaf-maafan melalui aplikasi videocall dengan akses internet. Selepas melakukan sholat idul fitri bersama di rumah, Mama bisa langsung videocall kerabat, teman, dan sahabat secara bergantian sambil mengucapkan selamat hari raya idul fitri dan bermaaf-maafan.

5. Makan Ketupat

Perayaan hari raya Idul Fitri tanpa ketupat rasanya kurang lengkap. Pasalnya ketupat sangat identik dengan perayaan hari lebaran ini. Biasanya, makan ketupat dilakukan setelah anggota keluarga saling bermaaf-maafan, lalu di tutup dengan makan ketupat bersama. Makanan ketupat biasanya juga didampingi makanan favorit hari raya lainnya seperti opor ayam, sambal kentang dan rendang.

Baca artikel lainnya seputar coronavirus dan aktivitas yang bisa dilakukan Si Kecil di rumah:  kiddo.id/lawancorona dan ikuti juga kelas Whatsapp di kiddo.id/kulwap

Gambar : Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?