Parenting

Manfaat Teh Herbal, Baik Untuk Anak

Oleh Chairunnisa   |   

Teh pastinya menjadi minuman favorite buat Mama dan keluarga saat berbuka puasa di bulan Ramadhan.  Namun yang menjadi pertanyaan, apakah teh manis aman untuk anak-anak? Pasalnya, teh juga mengandung kafein yang tidak baik untuk anak.  Maka dari itu, sebaiknya ganti teh berkafein Mama dengan teh herbal yang aman untuk anak. Berikut kiddo.id merekomendasi beberapa teh herbal yang bermanfaat baik untuk anak.

Chamomile

Chamomile dianggap sebagai ramuan penenang, bahkan memiliki sifat anti-inflamasi dan antispasmodik (pikirkan kejang otot). Ini juga merupakan salah satu teh herbal paling umum yang mudah Mama temukan di toko. Chamomile memiliki rasa seperti bunga aster yang ringan. Dilansir melalui healthline yang mengatakan Lisa Watson, seorang dokter dan blogger naturopati, merekomendasikan seduhan teh ini di malam hari sebelum tidur atau acara-acara yang membuat stres untuk membantu menenangkan Si Kecil. Sebaiknya jangan dikonsumsi apabila Si Kecil mungkin sensitif atau bahkan alergi terhadap chamomile, jika mereka memiliki masalah dengan ragweed, krisan, atau tanaman sejenis lainnya dalam keluarga Compositae.

Fennel

Fennel secara tradisional digunakan untuk membantu tekanan lambung seperti sakit gas atau bahkan kolik. Mungkin juga bermanfaat bagi saluran pernapasan bagian atas saat cuaca dingin dan batuk. Sayangnya fennel sendiri memiliki rasa yang kuat, seperti black-licorice yang mungkin tidak disukai anak-anak pada awalnya. Beberapa orang khawatir menggunakan teh ini, karena mengandung zat organik yang disebut estragole. Mereka percaya bahwa estragol dapat menyebabkan kanker – khususnya kanker hati. Namun, setidaknya satu studi menyebutkan bahwa Fennel umumnya digunakan di Italia pada bayi dan anak-anak dan bahwa kanker hati anak sangat jarang terjadi di negara ini.

Jahe

Teh jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan sering dikonsumsi karena kemampuannya untuk membantu pencernaan dan membantu meringankan mual atau mabuk perjalanan. Selain itu, ramuan ini dapat membantu sirkulasi tubuh. Teh jahe memiliki rasa pedas yang mungkin disukai atau tidak disukai anak-anak. Sekali lagi, sementara penelitian terbatas, informasi terkini menunjukkan bahwa jahe aman untuk anak-anak. Namun, terlalu banyak jahe, terutama jika diseduh dengan kuat, dapat menyebabkan mulas.

Lemon Balm

Lemon balm juga memiliki manfaat dalam membantu masalah tidur dan kecemasan. Selain itu, memiliki sifat antivirus yang membuatnya menjadi minuman yang baik untuk dikonsumsi saat situasi seperti ini. Dalam sebuah penelitian, para peneliti memasangkan lemon balm dengan akar valerian untuk membantu anak-anak kecil yang gelisah dan sulit tidur. Mereka menyimpulkan bahwa ramuan ini efektif dan ditoleransi dengan baik bahkan oleh anak kecil.

Peppermint

Peppermint dapat membantu mengatasi apa pun mulai dari perut yang kesal (mudah tersinggung, sakit perut, dan mual) dan stres hingga hidung tersumbat dan penekan batuk. Karenanya, Watson merekomendasikan untuk memberikan teh ini kepada tot Anda di malam hari untuk membantu mereka agar tidak masuk angin. Ini memiliki rasa yang kuat dan menyegarkan yang mungkin sudah akrab dengan anak Anda jika mereka pernah menjilat permen. Dalam artikel healthline mengatakan, tidak banyak penelitian tentang teh peppermint, akan tetapi dari yang sudah ada, belum ada yang menunjukkan efek negatif jika dikonsumsi untuk anak-anak.

Sumber : Popmama.com, healthline.com
Gambar : Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?