Parenting

Cara Membersihkan Masker Kain

Oleh Chairunnisa   |   

Pemerintah telah menghimbau penggunaan masker kain bagi masyarakat yang sehat. Penggunaan masker kain merupakan alternatif lain karena masker bedah N95 harus dicadangkan untuk petugas layanan kesehatan. Tersedianya masker kain yang banyak dijual dimana-mana membuat masyarakat mudah untuk mendapatkannya. Bahkan Mama juga dapat membuatnya sendiri, Mama bisa cek tips Kiddo.id tentang cara membuat DIY masker kain.
Selain itu, Masker kain juga dapat digunakan secara berulang yang Mama perlu perhatikan hanyalah kebersihan dari masker. Berikut Kiddo.id telah menyiapkan tips membersihkan masker kain yang benar agar terbebas dari coronavirus.

1. Cuci Setiap Kali Penggunaan

Tidak ada aturan yang pasti mengenai seberapa sering mencuci masker kain tetapi, untuk mencegah penyebaran virus lebih baik mencucinya setiap kali penggunaan. Pasalnya, coronavirus dapat hidup dan menempel pada benda. Hal ini, memungkinkan ketika kita keluar rumah tidak sengaja terpapar virus melalui droplet orang yang sedang bersin atau batuk. Maka dari itu, lebih baik untuk mencucinya langsung.

2. Bersihkan menggunakan Air Hangat

Carolyn Forte, Direktur Laboratorium Pembersihan Good Housekeeping Institute, menyarankan bahwa semua masker kain harus dicuci dengan air hangat. Gunakan air panas dengan suhu 140 – 150 derajat Fahrenheit, sehingga efektif membunuh kuman dan virus corona. Tetapi, tingkat suhu air disesuaikan juga dengan bahan masker yang Mama miliki. Selain itu juga perlu untuk tetap melihat standar aturan WHO.

3. Gunakan deterjen

Gunakan deterjen saat mencuci masker kain untuk memaksimalkan dalam membersihkannya. Perlu juga untuk Mama memperhatikan senyawa dalam diterjen yang mendukung efektivitas dalam membersihkan masker. Seperti yang dijelaskan Rodney Rohde, associate dekan untuk penelitian di College of Health Professions di Texas State University bahwa penting untuk menggunakan deterjen dengan senyawa seperti pemutih atau bahan aktif lainnya untuk mencuci masker kain. Senyawa tersebut akan membunuh mikroba dengan lebih efektif daripada deterjen standar.

4. Cuci dengan tangan atau mesin cuci

Mencuci dengan mesin adalah ide yang bagus karena Mama tidak perlu menguras tenaga lebih. Namun, beberapa masker yang memiliki bahan kain halus lebih baik untuk mencuci dengan menggunakan tangan. Hal ini agar masker tersebut tidak rusak. Mama dapat menggosok masker kain setidaknya sebanyak 20 kali.

5. Setrika

Ada beberapa metode pembersihan lain yang mengambang di Internet yang menyarankan masker wajah sanitasi dengan menempelkannya di microwave, oven, atau panci air mendidih. Hal ini tidak direkomendasikan karena itu tidak seefektif standar mencuci dan pengeringan standar. Maka dari itu, Mama cukup menyetrikanya seperti biasa untuk memastikan masker tersebut benar-benar sudah bersih.

Baca artikel lainnya seputar coronavirus dan aktivitas yang bisa dilakukan Si Kecil di rumah:  kiddo.id/lawancorona dan ikuti juga kelas Whatsapp di kiddo.id/kulwap

Sumber : GoodHousekeeping.comhealth.txstate.edu
Gambar : Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?