Parenting

5 Manfaat Lain Dari Physical Distancing

Oleh Chairunnisa   |   

Selain menekan angka penyebaran coronavirus, physical distancing juga dapat membawa beberapa manfaat lainnya, loh.  Seperti yang umumnya Keluarga Kiddo sudah ketahui, physical distancing ini bertujuan agar orang sakit tidak melakukan kontak dengan orang sehat untuk mengurangi peluang penularan coronavirus. Salah satu caranya, dengan tetap di rumah. Menariknya, physical distancing ini tanpa disadari membawa dampak positif.

1. Family Time

Social distancing membuat Mama dan keluarga dapat menghabiskan waktu lebih panjang di rumah. Adanya kebijakan perusahaan untuk work from home (WFH) dan sekolah yang memerintahkan untuk belajar dari rumah menjadi kesempatan bagi Mama, Papa dan Si Kecil untuk menghabiskan waktu bersama. Seperti halnya, membersihkan rumah bersama, bermain bersama, atau melakukan aktivitas lainnya. Pastinya momen social distancing ini dapat Keluarga Kiddo manfaatkan untuk menghanggatkan kembali hubungan keluarga.

2. Kerja lebih Fleksible

Adanya kebijakan physical distancing ini, beberapa perusahaan  melakukan work from home (WFH). WFH ini memiliki kelebihan dimana Mama atau Papa jauh lebih fleksible dalam mengatur waktu dan tempat. Misalnya Papa saat bosan bekerja, bisa berpindah tempat ke ruang keluarga sambil menemani Si Kecil yang sedang belajar. Begitu juga dengan Mama, adanya WFH ini Mama dapat dengan mudah menyesuaikan waktu bekerja sambil mengurus Si Kecil.

3.  Pola Hidup Sehat

Keluarga Kiddo sebelumnya memiliki waktu yang padat pastinya akan sulit menerapkan pola hidup sehat. Momen physical distancing ini menjadi kesempatan. Anda akan memiliki cukup waktu untuk menjaga tubuh tetap sehat dengan cara istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan bergizi, dan olahraga yang rutin. Ketiga hal ini mungkin akan sulit diterapkan kembali jika Anda beraktivitas seperti biasa.

4. Udara Yang lebih baik

Pencemaran udara khususnya di Jakarta, memang turun menipis. Dilansir melalui medcom.id KPBB Syarifuddin menilai bahwa kualitas udara Jakarta semakin membaik jika physical distancing diterapkan secara disiplin. Hal ini berkaitan dengan berkurangnya angka kendaraan yang beroperasi sepanjang social distancing berlangsung. Saat ini yang menjadi faktor utama pencemaran udara di Jakarta akibat paparan dari industri pabrik yang masih beroperasi.

5. Menjadi Kesempatan Untuk menyalurkan Hobi

Memiliki banyak waktu membuat seseorang dapat melakukan berbagai aktivitas yang sebelumnya jarang dilakukan. Bahkan hobi sekalipun akan sulit dilakukan di tengah-tengah waktu yang padat. Namun dalam moment physical distancing ini Keluarga Kiddo dapat menyalurkan hobi. Contohnya, Mama yang memiliki hobi memasak dan membuat kue dapat menyalurkannya bahkan dapat mengajak Si Kecil. Atau Papa yang hobi menanam juga dapat menyalurkannya selama physical distancing ini masih berlangsung.

Baca artikel lainnya seputar coronavirus dan aktivitas yang bisa dilakukan Si Kecil di rumah:  kiddo.id/lawancorona dan ikuti juga kelas Whatsapp di kiddo.id/kulwap

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?