Parenting

Cara mudah seimbangkan WFH sambil menjaga Si Kecil

Oleh Chairunnisa   |   

Penyebaran virus corona memaksa sebagian pekerja untuk bekerja dari rumah atau dikenal dengan istilah Work From Home (WFH).

Bagi sebagian orang tua pasti merasakan WFH berjalan tidak menyenangkan. Apalagi untuk Mama yang harus bekerja sambil mengurus Si Kecil. Si Kecil yang tiba-tiba suka rewel atau hanya sekedar ingin diperhatikan di tengah-tengah saat Mama bekerja, pastinya merepotkan. Ditambah lagi setelah diberlakukannya social distancing dimana seluruh orang diperintahkan untuk selalu di rumah aja. Dengan begitu WFH dan aturan belajar di rumah terus diperpanjang. Hal ini membuat beban Mama jadi lebih berat karena harus membagi peran sebagai ibu dan pekerja dalam waktu bersamaan. Tapi, Mama jangan panik dulu! Kiddo.id punya cara bagaimana dapat seimbangkan waktu bekerja sambil mengurus Si Kecil.

Membuat Jadwal

Selama Mama WFH, membuat jadwal sangat penting untuk mengatur time manajemen Mama. Tujuannya agar Mama dapat menyesuaikan kapan Mama harus bekerja dan kapan harus mengurus Si Kecil. Mama mungkin bisa membuat semacam agenda harian. Mama bisa list apa saja pekerjaan kantor yang harus diselesaikan hari ini dan mengurus Si Kecil seperti membuatkan makanan, mengajar, dan bermain dengan Si Kecil. Tulis secara rinci beserta jam-nya ya, Ma.

Manfaatkan Tidur Siang Si Kecil

Manfaatkan tidur siang Si Kecil untuk Mama menyelesaikan tugas kantor. Apakah Si Kecil tidur 1 jam atau 2 jam? Mama perlu mengamatinnya kemudian memanfaatkan kesempatan ini untuk menyelesaikan tugas yang membutuhkan fokus atau konsentrasi lebih. Jika Si Kecil tidak tampak kelelahan atau dengan alasan tertentu tidak ingin tidur siang Mama mungkin dapat mengalihkan Si kecil kepada aktivitas. Contohnya seperti memberikannya video tontonan yang menarik atau memberi ruang ia bermain.

Luangkan Waktu Untuk Si Kecil

Si kecil tak jarang rewel ketika ia tampaknya sudah mulai bosan kemudian mengganggu Mama saat bekerja dengan maksud meminta perhatian. Mama bisa mencoba menenangkannya dengan cara biarkan Si Kecil bermain dengan mainan favoritnya. Atau Mama bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk mengajak Si Kecil memainkan permainan yang menarik setidaknya sampai Si Kecil tenang. Terakhir Mama bisa memberikan pengertian pada Si Kecil kalau ini waktunya Mama untuk bekerja.

Libatkan Suami

Mama bisa meminta pertolongan Papa untuk menjaga Si Kecil secara bergantian. Saat waktunya Mama harus mengerjakan tugas kantor Mama bisa meminta Papa untuk menemani Si Kecil bermain, belajar, atau aktivitas lainnya agar tidak menggangu Mama. Begitu juga sebaliknya yang dapat Mama lakukan ketika waktunya Papa bekerja.

Baca artikel lainnya seputar coronavirus dan aktivitas yang bisa dilakukan Si Kecil di rumah: kiddo.id/lawancorona dan ikuti juga kelas Whatsapp di kiddo.id/kulwap

Sumber : Parents.com, cnbc.com
Gambar : Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?