Do It Yourself

Saat Si Kecil Bertanya: “Kenapa Sih Harus Pakai Sunscreen?”

Oleh Melynda Ajeng Saraswati   |   

Mama, pernahkah Si Kecil protes saat dipakaikan sunscreen sebelum beraktifitas di luar ruangan? Untuk apa sih sebenarnya pakai sunscreen? Kenapa harus pakai sunscreen sebelum beraktifitas? Dan pertanyaan-pertanyaan protes Si Kecil lainnya saat dipakaikan sunscreen? Yuk, simak artikel DIY Science Hack ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan Si Kecil saat ia tidak mau dipakaikan sunscreen! Kita bermain sambil belajar selama masa social distancing untuk mengisi waktu di rumah! Asyik bukan?

 

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Sunscreen (bukan yang spray).
  • Construction Paper berwarna hitam / biru gelap.

 

Cara membuat:

 

Lipat 1 construction paper menjadi 2 bagian.

Keluarkan sedikit saja sunscreen dari botol dan taruh di satu sisi construction paper dengan sisi sebelahnya dibiarkan kosong.

Minta si anak untuk membalurkan sunscreen yang telah dikeluarkan pada 1 sisi construction paper saja.

Jemur construction paper yang tadi sudah diberi sunscreen selama seharian dan pindahkan beberapa kali mengikuti letak sinar matahari di sekitar rumah agar terpapar sinar secara sempurna.

Ini contoh setelah kertas dijemur selama kurang lebih 5 jam. Bisa Moms dan anak lihat pada sisi yang dipakaikan sunscreen, kertas tetap berwarna gelap sedangkan pada sisi sebelahnya yang tanpa sunscreen kertas memudar warnanya.

Jelaskan kepada si kecil tentang bagaimana sunscreen melindungi kulit kita seperti halnya melindungi kertas. Sinar matahari baik bagi tubuh kita karena mengandung UVB untuk membantu penyerapan vitamin D3, tetapi terlalu banyak terpapar sinar matahari pun berbahaya. Tanpa sunscreen, matahari akan melukai kulit kita. Jelaskan juga tentang hal-hal lain yang dapat melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari berlebih seperti topi, bangunan, pakaian, tempat teduh, dan lain-lain. Selamat mencoba, Mams!

 

Sumber: www.icanteachmychild.com.
Gambar: Freepik

 

 

Seberapa suka dengan artikel ini?