Do It Yourself

DIY: Science Hack Hujan Buatan di Toples

Oleh Melynda Ajeng Saraswati   |   

Si Kecil bertanya tentang peristiwa bagaimana terjadinya hujan? DIY kali ini Kiddo.id ingin mengajak Mama mempraktikan science hack bersama si kecil di rumah! DIY ini mempraktekkan secara sederhana tentang peristiwa bagaimana terjadinya hujan. Tentu saja dengan cara-cara mudah. Yuk Mams, simak caranya di bawah ini:

Bahan-bahan:

  • Toples kaca
  • Piring
  • Air
  • Es batu

Cara Membuat:

 

Panaskan air hingga mendidih. Mohon awasi Si Kecil ya Mam saat memanaskan air!

Tuang hati-hati air panas yang sudah mendidih ke dalam toples kaca yang telah disediakan dan isi 1/3 bagian. Lalu letakan piring diatas toples kaca yang sudah berisi air. Tunggu sekitar 1 hingga 2 menit sebelum lanjut ke step berikutnya.

Letakan es batu di atas piring dan perhatikan secara seksama peristiwa apa yang terjadi pada toples kaca.

Embun-embun air yang menempel di dinding toples kaca akan berjatuhan ke bawah sisi-sisi toples, seperti rintik-rintik hujan.

 

Lalu, bagaimana DIY ini menjelaskan peristiwa hujan?

Apa yang terjadi? Piring dingin menyebabkan kelembaban di udara hangat, yang ada di dalam toples kaca mengembun dan membentuk tetesan air. Hal yang sama yang terjadi di atmosfer bumi kita. Udara hangat dan lembab naik dan memenuhi udara yang lebih dingin di atmosfer. Uap air mengembun dan membentuk presipitasi yang jatuh ke tanah.

Selamat mencoba di rumah!

 

Sumber: icanteachmychild.com, weatherwizkids.com
Gambar: Freepik

 

Seberapa suka dengan artikel ini?