Aktivitas Anak

6 Aktivitas Menyenangkan Saat Social Distancing

Oleh Melynda Ajeng Saraswati   |   

Saat pertama kali mendengar kata social distancing, apa yang ada di pikiran Mama Papa? Pasti ada perasaan panik di mana  setiap orang diminta untuk #dirumahaja sampai masa yang belum bisa ditentukan ditengah pandemik Coronavirus ini. Biasanya kita semua dapat beraktifitas leluasa di luar rumah. Namun sekarang sekedar bermain bersama teman atau pergi ke sekolah saja tidak bisa. Pastinya hal ini menjadi salah satu kekhawatiran banyak keluarga apalagi yang sedang memiliki anak di masa-masa tumbuh kembang. Apakah kegiatan belajar dan bermainnya terganggu? Apakah ia akan bosan jika di rumah terus?

Jangan khawatir, ini dia ide hiburan sederhana guna menyeimbangkan kegiatan pembelajaran anak dan bekerja dari rumah saat ini.

Alphabet Scavenger Hunt

Kegiatan ini akan memberikan anak-anak anda pengalaman yang bermakna dan dapat belajar tentang ejaan huruf alfabet secara langsung. Mintalah anak-anak untuk mencari benda-benda yang dimulai dengan 26 huruf alfabet. Begitu mereka menemukan benda sesuai huruf alfabet yang dipilih, mereka dapat meletakkannya di atas poster huruf alfabet. Kegiatan ini merupakan cara terbaik untuk belajar huruf kapital dan huruf kecil.

Video Chat dengan Teman

Berikan akses komunikasi untuk si kecil bersama teman-temannya di rumah. Mama bisa mengajak orang tua dari teman anak moms untuk ikut memantau video chat agar tetap positif seperti melakukan permainan-permainan sederhana yang bisa dilakukan jarak jauh hingga melontarkan pertanyaan-pertanyaan menyangkut kegiatan anak-anak dirumah.

Surprise Obstacle Course

Obstacle course merupakan olahraga yang melibatkan ketahanan fisik, keseimbangan badan, serta kekuatan otot tangan dan kaki. Mama Papa bisa mengajak anak-anak untuk bermain sambil berolahraga. Sebagai contohnya permainan “The Floor is Lava.”

Baking Projects

Mengisi waktu bersama si Anak bisa dilakukan dengan segala keseruan di rumah, lho. Memasak bersama bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Keluarga Kiddo lakukan di rumah, nih. Seberapa sering Mama mengajak keterlibatan anak-anak di rumah dalam memasak? Kalau belum pernah, mungkin kali ini waktu yang tepat untuk mengajak mereka, ya. Tidak hanya untuk mengisi waktu luang saja, memasak bersama si kecil justru membuat dirinya belajar banyak hal.

Tugas Rumah Tambahan

Agar pekerjaan rumah dapat berjalan dengan lancar, tugas yang membosankan dan menghabiskan waktu ini harus diselesaikan. Secara umum pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengepel, mencuci piring dikerjakan oleh orang tua atau asisten rumah tangga. Namun, tidak ada salahnya loh jika kita melibatkan si kecil dalam pekerjaan tersebut. Banyak orang tua ingin masa kecil anak tidak terganggu selama mungkin, membiarkan “let kids be kids” dan menikmati banyak waktu bermain. Tidak sedikit orang berpikiran bahwa melibatkan anak di tugas rumah bukanlah pilihan yang efisien padahal banyak manfaat positif dari hal tersebut.. Diantaranya yaitu mampu membantu mengajarkan keterampilan hidup, membantu anak-anak belajar tanggung jawab dan kemandirian, mengajarkan kerja tim, memperkuat rasa hormat, membangun etika kerja yang kuat, meningkatkan keterampilan perencanaan dan manajemen waktu, serta memberi keluarga kesempatan untuk saling mengenal lebih baik.

Fairy Juice

Ini adalah kegiatan sederhana lainnya yang bisa Mama lakukan di rumah karena melibatkan imajinasi si kecil. Jika memiliki akses ke halaman, taman, atau ruang luar, mintalah si kecil untuk mengumpulkan barang-barang yang mungkin disukai oleh peri. Seperti memberikan mangkuk dan biarkan anak berlarian di luar mengumpulkan bunga, tongkat, dan daun. Lalu Mama Papa bisa membantu menuangkan air dan glitter ke dalam mangkuk dan voilaa..! Jadilah Fairy Juice! Tidak perlu banyak waktu dan usaha, tetapi ini dapat dijadikan contoh sempurna bahwa kegiatan sederhana juga dapat menghibur anak-anak di rumah.

Beberapa kegiatan diatas bisa langsung Mama coba dengan Si Kecil!

Baca artikel lainnya seputar coronavirus dan aktivitas yang bisa dilakukan Si Kecil di rumah:  kiddo.id/lawancorona dan ikuti juga kelas Whatsapp di kiddo.id/kulwap

Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?