Parenting

Tips Cara Alami Obati Pilek Pada Bayi

Oleh Chairunnisa   |   

Si Kecil sering sakit? sehingga membuatnya terjaga sepanjang malam, ini pastinya membuat Mama sangat khawatir.Selama tahun pertama Si Kecil lahir, sebagian besar menderita flu sebanyak tujuh kali. Kebanyakan Si Kecil mengalami pilek di malam hari dan itu membuatnya terjaga sepanjang malam. Hal tersebut lah yang selalu menjadi kekhawatiram Mama. Bagaimana Mama bisa membantu Si Kecil saat seperti ini? Obat-obatan medis biasanya tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun, tetapi beberapa obat alami ini dapat membantu meringankan gejala Si kecil dan membuat keduanya akan merasa lebih baik.

1. Berikan Banyak Cairan

Cairan yang paling baik dikonsumsi Si Kecil adalah ASI. Berikan ASI kepada Si Kecil sesering mungkin, karena umumnya ASI merupakan vitamin dan suplemen untuk bayi. Susu formula juga dapat diberikan apabila ASI Mama tidak lancar. Mengkonsumsi banyak cairan mampu menipiskan lendir dan mengatasi hidung tersumbat. Jangan berikan minuman berasa seperti teh atau jus dengan gula tinggi, Mams – itu tidak akan membantu. Lalu, bagaimana Mama bisa tahu jika Si Kecil cukup minum? Pastikan urinnya berwarna terang. Jika gelap, dorong dia untuk minum lebih banyak.

2. Gunakan Aspirator

Si kecil sudah cukup mengkonsumsi air, tetapi ia belum bisa bernafas melalui hidungnya? Gunakan aspirator untuk membersihkan lendir pada Si Kecil, Mams. Untuk menggunakannya, peras bohlam dan masukkan sekitar seperempat hingga setengah inci ke dalam salah satu lubang hidung. Lepaskan bohlam untuk membuat daya isap, keluarkan aspirator. Cuci jarum suntik dengan sabun dan air setelah menggunakannya. Mama juga dapat menggunakan aspirator hidung – versi elektrik.

3. Pastikan posisi kepala Si Kecil cukup tinggi

Untuk membantu Si Kecil tidur lebih nyenyak di malam hari, angkat kepala dan topang cukup tinggi. hal Ini menempatkan gravitasi pada sisinya dan membantu mengeringkan lendir, sehingga ia dapat bernapas dengan lebih mudah. Mama dapat meletakkan handuk yang digulung di bawah kasur untuk mengangkat kepalanya jauh lebih tinggi dari posisi badanya. Jangan pernah menggunakan bantal untuk menopangnya karena akan meningkatkan kemungkinan mati lemas atau sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena pada umumnya untuk bayi di bawah 5 tahun  jika diluar control Mama, sewaktu-waktu bisa terjadi dimana bantal menutupi wajah dan hidung Si Kecil sehingga akan sulit bernafas. Saat seperti itu Si kecil juga tidak bisa meminta tolong atau menolong dirinya.

4. Sajikan Sup Ayam

Jika Si Kecil sudah di atas 1 tahun dan sudah bisa makan, sup ayam adalah obat yang pas sekali untuk Si Kecil.  Sup ayam dapat membantu Si Kecil merasa lebih baik. Penelitian menunjukkan ini bekerja dengan baik ketika Anak sedang pilek dan tersumbat. Nutrisi dalam bahan, seperti ayam dan sayuran, meredakan peradangan yang menyebabkan banyak gejala pilek. Kaldu sup yang hangat bisa mengencerkan lendir sehingga mempelancar pernapasan. Jika Si Kecil masih belum bisa makan makanan padat, Mama bisa berikan kaldunya saja.

5. Gunakan Humidifier

Kelembaban di udara dapat membantu batuk dan tersumbat. Untuk menjaga Si Kecil aman, gunakan Humidifier. Alat ini mengeluarkan Uap  yang berfungsi melembabkan udara ruangan. Gunakan saat malam hari Si Kecil ingin tidur, kenapa? Karena di malam hari lah Si Kecil mengalami hidung tersumbat. Perhatikan agar rutin mengganti air setiap hari, dan membersihkannya sesuai dengan instruksi yang tertera pada alat. Hal Ini bertujuan untuk membuat jamur dan bakteri tidak tumbuh di dalamnya.

Semoga Si Kecil lekas sembuh ya, Mams!

Sumber : Webmd.com
Gambar : Freepik

 

Seberapa suka dengan artikel ini?