Parenting

Mengenal Virus Corona, Lakukan Pencegahan Dini

Oleh Chairunnisa   |   

Beberapa kasus infeksi virus corona sudah ditemukan pada bayi dan balita. Pentingnya saat ini Mama mengenal lebih dalam tentang COVID 19, bagaimana pencegahan dini untuk Si Kecil?

COVID 19 adalah Corona Virus Disease tahun 2019 atau penyakit yang disebabkan oleh virus corona (nCov). Kepanikan yang muncul di tengah masyarakat saat ini disebabkan oleh penyebaran virus yang begitu cepat. Beberapa hal yang perlu Mama ketahu mengenai virus ini yaitu penularannya melalui droplet (cairan tubuh yang dikeluarkan dari saluran napas atas, bisa hidung atau mulut), baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, virus ini sifatnya self limiting disease artinya daya tahan tubuh kita yang dapat melawan virus ini, dengan kata lain virus ini beresiko untuk orang yang daya tahan tubuhnya lemah seperti lansia atau orang dengan komplikasi penyakit bawaan. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan akan menyerang Si Kecil, Mams. Lalu bagaimana cara mama untuk melindungi Si Kecil?

Mengenali Gejala Pada Si Kecil.

Apabila Si Kecil batuk dan bersin di situasi saat ini pastinya membuat  Mama khawatir. Ya, Seperti yang diketahui gejala awal akibat virus corona biasanya seperti gejala infeksi virus pada umunya dan gejala ini biasanya muncul setelah 2-14 hari setelah terpapar virus. Demam, batuk, dan pilek merupakan bentuk reaksi penolakan dari tubuh kita terhada virus.  Lalu bagaimana membedakan gejala infeksi virus biasa atau corona symptom? perbedaannya pada corona virus yang ini, dia dapat menyebabkan komplikasi berat seperti pneumonia. Untuk Si Kecil yang berumur di bawah 1 tahun akan mengalami diare, kurang mau menyusu, dan lemas kurang aktif.

Terus kapan waktu yang tepat untuk memeriksakan Si Kecil? Apabila Si Kecil masih mengalami gejala awal pada umunya seperti demam, batuk, pilek yang dapat mama lakukan yaitu mengkarantina diri agar di rumah saja dulu. Menjaga asupan Si Kecil dengan memberikan makanan gizi seimbang dan Asi. Pastikan jaga kebersihan dan droplet Si Kecil agar tida menyebar kemana-mana. Bila gejala semakin memburuk seperti, kesulitan bernapas yang persisten (terus menerus) barulah mencari tenaga medis untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Mencegah Virus Corona Pada Si Kecil.

Proteksi terhadap anak lebih sulit terhadap corona, terutama pada anak dengan usia di bawah 5 tahun. Beberapa strategi yang bisa dilakukan diantaranya :

  • Ajarkan kebiasaan cuci tangan dan hindari menyentuh wajah sembarangan sedini mungkin
  • Berikan lingkungan yang bersih bebas virus terhadap anak kita dengan cara lebih rajin membersihkan rumah/kamar, dan kembali biasakan cuci tangan sebelum menyentuh si kecil. Hindari menerima tamu di rumah untuk saat ini
  • Isolasi diri dan keluarga di rumah, karena bila lingkungan kita bersih, kecil kemungkinan Si kecil bisa terjangkit virus dibandingkan bila dia berada di luar rumah
  • Memberikan asupan makanan gizi seimbang seperti, makanan pokok, nabati, hewani dan sayur-sayuran. Untuk Si Kecil di bawah 1 tahun cukup konsumsi Asi karena saat ini Asi adalah satu-satunya nutrisi terbaik untuk bayi.

Bila kita harus keluar untuk melakukan suatu hal, misalnya berjemur, dilakukan dulu penimbangan baik buruknya, bila untuk keluar ternyata lingkungannya dinilai tidak kondusif, ada baiknya lebih baik jangan berjemur untuk saat ini.

Berikut beberapa informasi yang di dapatkan melalui Dr. Adrian Hartanto mengenai virus corona melalui kulwap. Mama bisa mendapatkan informasi-informasi lebih banyak lagi dengan kulwap-kulwap berikutnya, jika berminat silahkan cek di kiddo.id/kulwap . 

Baca artikel lainnya mengenai corona virus dan aktivitas yang bisa dilakukan Si Kecil di rumah: kiddo.id/lawancorona.

Seberapa suka dengan artikel ini?