Aktivitas Anak

6 Aktivitas Yang Dapat Melatih Kemampuan Motorik Anak

Oleh Chairunnisa   |   

Keterampilan motorik halus sangat penting untuk melakukan kegiatan sehari-hari Sebagai orang dewasa, Mama Papa sering menggunakan keterampilan motorik halus dalam kehidupan sehari-hari sehingga mudah untuk tidak menyadari bahwa tugas yang di selesaikan memerlukan serangkaian keterampilan tertentu dan penggunaan otot-otot tertentu.

Jika Si Kecil tidak dapat melakukan tugas-tugas sehari-hari seperti mengancing baju, menggunting kertas, dan lainnya. Hal itu dapat mempengaruhi kepercayaan diri mereka, kemampuan untuk mengembangkan keterampilan diri seperti kemandirian, dan juga kinerja akademik mereka.

Di bawah ini Mama akan menemukan  cara untuk meningkatkan keterampilan motorik halus Si Kecil yang bisa Mama lakukan di Rumah.

1. Puzzles

Bermain puzzle bersama Si Kecil. Aktivitas Mengambil dan memindahkan potongan puzzle ke tempatnya membantu mengembangkan kemampuan genggaman Si Kecil.

Menonton TV di ruang keluarga sambil membantu Si Kecil belajar bagaimana menyelesaikan teka-teki kadang-kadang bisa membuat frustrasi. Si Kecil sering sekali tidak sabar dan mudah menyerah. Tidak jarang juga kehilangan potongan puzzle atau memasukkannya ke dalam mulut mereka. Mama harus tetap bersabar agar Si Kecil terus semangat mengerjakan puzzle. Libatkan dan dorong Si Kecil sebanyak mungkin awalnya muda untuk mengerjakannya, namun semakin kesini semakin sulit, melakukannya hal semacam ini dapat meningkatkan keterampilan tangan – mata, koordinasi dan keterampilan motorik mereka.

Menyaksikan senyum dan merasakan kepuasan Si Kecil setelah menyelesaikan puzzle, pastinya memberikan kesenangan luar biasa kan bagi Mama??

2.  Menggambar, mewarnai dan melukis

Dorong Si Kecil untuk menggambar dan melukis. Aktivitas ini tidak hanya membantu keterampilan motorik halus mereka, tetapi juga kreativitas dan imajinasi juga. Cobalah berbagai jenis lukisan dan media yang berbeda, seperti krayon, kapur tulis, cat jari, kuas cat atau arang, untuk memicu minat mereka dan memperkuat koordinasi tangan dan mata Si Kecil. Melukis dengan kuas cat membantu anak-anak belajar memegang kuas dan mendapatkan kontrol yang lebih besar menggunakan benda-benda di tangan mereka termasuk pensil dan barang-barang lainnya. Cat dengan angka dapat menjadi bentuk yang sangat baik untuk melukis kuas bagi Si Kecil.

3. Bangun dengan balok dan Lego

Aktivitas seperti menyusun, menyambungkan, dan membangun balok atau lego dapat melatih kemampuan motorik Si Kecil. Kegiatan-kegiatan seperti gerakan mendorong dan menarik dengan baik melatih otot-otot tangan Si Kecil. Lego juga bagus untuk menumbuhkan kreativitas. Membangun dengan lego adalah cara yang efektif untuk bekerja dan mengembangkan keterampilan motorik halus Si Kecil. Ketika anak-anak membangun dan bahkan mengambil potongan lego, mereka akan membangun otot yang lebih kuat di tangan mereka dan meningkatkan koordinasi, ini akan membantu mereka untuk meningkatkan dengan keterampilan lain, seperti belajar memegang pensil dan belajar menulis.

4. Bermain dengan tetes mata

Tuangkan air ke beberapa gelas. Tuangkan beberapa tetes pewarna makanan di setiap gelas, sehingga air menghasilkan warna yang berbeda di setiap gelas. Gunakan beberapa mangkuk dan gelas kosong di mana Si Kecil dapat menggunakan penetes mata untuk bereksperimen dengan mencampurkan air dengan warna berbeda secara bersamaan. Cobalah menggunakan cuka alih-alih air, dan semangkuk soda bikarbonat yang akan mendesis ketika cuka berwarna dimasukkan. Aktivitas seperti ini akan mengaktifkan gerak tangan Si Kecil.

5. Bermain gelang karet

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melatih otot-otot kecil anak adalah dengan memberikannya karet gelang untuk dimainkan. Ajarkanlah Si Kecil untuk mengalungkan karet gelang ke kaleng. Sembari melakukannya, Bunda dan Ayah juga bisa mengajak Si Kecil belajar berhitung.

6.  Menggunting kertas

Menggunakan gunting adalah cara yang bagus untuk memperkuat keterampilan motorik halus serta meningkatkan koordinasi dan konsentrasi mata-tangan. Mama dapat menggambar bentuk untuk dipotong oleh Si Kecil. Buat beberapa kepingan salju kertas, lingkaran, bintang atau pola lainnya. Bahkan memotong sambil bermain adalah kegiatan yang menyenangkan. Pastikan Si Kecil menggunakan gunting sesuai usia dan dalam pengawasan Mama Papa.

Masalah dengan koordinasi dan keseimbangan mungkin tidak terlihat sampai anak-anak mencapai usia sekolah. Maka dari itu, perlu untuk Mama latih sedini mungkin, untuk mencegah kemungkinan buruk masalah tersebut akan dialami Si Kecil. Baca juga 3 permainan sederhana latih kemampuan motorik anak.

Sumber : Inspiro.com, Alodokter.com
Gambar: Freepik

 

Seberapa suka dengan artikel ini?