Parenting

Tingkatkan Minat Baca Si Kecil Dengan Cara Ini

Oleh Chairunnisa   |   

Masih dalam peringatan Hari Dongeng Sedunia. Sudahkah Mama berhasil menigkatkan minat membaca Si Kecil? Tenang Kiddo.id memliki beberapa cara untu meningkatkan minat baca Si Kecil :

1. Membacakan cerita rutin setiap hari

Penelitian menunjukkan bahwa menyisihkan waktu setiap hari untuk membacakan cerita secara teratur  dapat meningkatkan kemampuan membaca Si Kecil di banyak bidang, seperti Pemahaman membaca, keterampilan kosakata, belajar mengenali kata-kata yang sudah mereka ketahui, belajar mengenal kata-kata asing. Jika Si Kecil belum belajar membaca, Mama bisa membacakan untuknya. Biasakan setiap hari membacakan cerita sebelum Ia tidur karena hal ini akan menumbuhkan ketertarikan mereka terhadap buku. Sampai akhirnya, Si Kecil menginginkan  belajar membaca sendiri. Kemudian secara bertahap,minta untuk Si Kecil bergantian membacakan cerita dan Mama mendengarkannya. Ini akan mendorong mereka untuk membaca tanpa bantuan Mama, tetapi biarkan mereka melakukannya di lingkungan di mana Mama masih dapat membantu mereka menguraikan kata-kata yang tidak dikenal atau sulit. Semakin lama Anak akan terbiasa untuk Membaca dan tumbuh minat membaca.

2. Biarkan mereka memilih buku yang disukai

Jika Si Kecil tampaknya tidak tertarik membaca, itu mungkin bukan karena ia tidak suka membaca. Sumber masalahnya adalah Si Kecil mungkin ia tidak suka membaca buku yang ia miliki. Menemukan genre atau jenis cerita yang tepat bisa menjadi kunci untuk akhirnya memicu minat Si Kecil. Coba Mama membacakan Si Kecil pada berbagai jenis cerita. Semakin tertarik Si Kecil pada pokok bahasan di dalam sebuah buku, semakin bersemangat mereka membacanya. Misteri, fiksi ilmiah, dan kisah petualangan sangat populer di kalangan anak laki-laki dan perempuan dengan imajinasi petualangan. Jika anak Anda sangat ingin tahu tentang binatang, luar angkasa, atau teknologi, coba berikan mereka materi tentang subjek-subjek itu.

3. Dorong anak Anda membaca secara teratur

Ada dua cara yang sangat efektif untuk mendorong Si Kecil membaca secara teratur. Salah satunya adalah membuat buku tersedia di mana-mana di rumah Anda. Pancing Si Kecil membaca dengan memiliki buku di rak atau di keranjang, di kamar-kamar, di seluruh rumah Mama. Menyediakan buku-buku di mobil, di kamar mandi, di sebelah tempat tidur mereka, dan bahkan di ruang tamu di sebelah TV akan memberi sinyal kepada Si Kecil bahwa membaca adalah penting dan mudah diakses. Cara lain untuk mendorong Si Kecil membaca adalah dengan memberi contoh. Mama Papa adalah teladan utama bagi Si Kecil, dan Si Kecil cenderung meniru perilaku yang Mama Papa perlihatkan. Jika Si Kecil melihat Mama membaca sebelum tidur setiap malam, maka ia cenderung melakukan hal yang sama. Demikian juga, ketika Si Kecil melihat Mama membaca untuk kesenangan Mama sendiri, Si Kecil akan melihat secara langsung bahwa membaca adalah tentang kesenangan dan bukan hanya tentang belajar.

4. Gunakan contoh bacaan di luar buku

Tidak semua Anak dapat didorong untuk membaca buku. Namun ada banyak cara lain untuk memastikan bahwa mereka terus membaca. Si Kecil tidak harus membuka buku untuk meningkatkan keterampilan membaca Si Kecil – ada banyak hal untuk dibaca di dunia sekitar Si Kecil!

Jika Si Kecil suka membantu Mama membuat makan malam, biarkan mereka memilih resep dari buku masak favorit dan bacakan langkah-langkahnya untuk Mama. (Jika Anda memodifikasi resep, ini juga cara yang bagus untuk membantu Si Kecil meningkatkan keterampilan mencocokkan mereka!) Dorong Si Kecil untuk membaca rambu-rambu jalan, laporan cuaca, menyimpan jam operasi, atau email dari anggota keluarga lainnya. Memasukkan kegiatan membaca ke dalam kegiatan yang disukai Si Kecil dan menunjukkan kepada mereka cara membaca merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari mereka akan mendorong mereka untuk terus meningkatkan minat membaca Si Kecil.

5. Membuatkan Perpustakaan mini

Mama mungkin bisa menyediakan ruang baca seperti perpustakan mini dirumah. Memiliki ruang di mana anak bisa membaca tanpa terganggu dengan suara televisi atau kesibukan orang-orang  lainnya di rumah. Juga dengan cahaya yang terang dan tempat duduk yang nyaman. Mama bisa mempercantik ruangan dan membuatnya senyaman mungkin agar Si Kecil lebih tertarik.

Ayo mulai ajak Si Kecil membaca 15 menit perhari!

Sumber: Petitjourney.com
Gambar: Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?