Aktivitas Anak

Selamat Hari Dongeng Sedunia! Ini Manfaat Mendongeng Untuk Si Kecil

Oleh Chairunnisa   |   

Selamat Hari Dongeng Sedunia! Mams, tahukah kalau ada banyak manfaat mendongeng untuk Si Kecil.

20 Maret adalah peringatan Hari Dongeng Sedunia. Ini berawal pada tahun 1991 sampai 1992 yang memperingati Hari Dongeng Nasional atau disebut “Alla Beratteres Dag” di Swedia, Mams. Pada tanggal 20 Maret 1997 para pendongeng di Perth juga mengadakan acara yang sama seperti di Swedia yang disebut dengan “Celebration of Story” atau lebih dikenal “International Day of Oral Narrators” . Amerika pun juga merayakan di hari dan tahun yang sama pada saat itu. Dari situ lah dimulainya disepakati oleh orang-orang seluruh dunia, 20 Maret diperingati sebagai Hari Dongeng Sedunia.

Memunculkan hasrat untuk membaca sejak usia muda sangat penting bagi perkembangan anak, dan itu menyenangkan! Anak-anak secara naluriah menyukai buku dan cerita ketika mereka diperkenalkan dengan cerita-cerita indah,tempat, dan makhluk yang belum pernah mereka temui. Melalui cerita, anak-anak dapat belajar lebih banyak tentang kehidupan, dunia, dan diri mereka sendiri. Selain menciptakan peluang ikatan, ada banyak manfaat untuk mendongeng dengan Si Kecil.

Keingintahuan, imajinasi dan komunikasi

Mendongeng kepada seorang anak dapat meningkatkan kesediaan Si Kecil untuk mengekspresikan diri dan mengomunikasikan pikiran dan perasaannya. Mintalah untuk berbicara dengan Mama tentang plot dan karakter dalam cerita; untuk menyarankan bagaimana masing-masing karakter dapat menggerakkan cerita ke depan dan untuk memberi tahu Mama mengapa menurut mereka karakter berperilaku dengan cara tertentu. Saat bercerita, Mama harus secara aktif mendorong anak-anak untuk bertanya dan berbicara tentang perasaan mereka. Membacakan sebuah cerita adalah cara sempurna untuk memperluas kosa kata anak, karena Si Kecil akan mengambil kata-kata baru saat mereka mendengarnya. Jika mereka tidak mengerti sepatah kata pun, mereka kemungkinan besar akan meminta penjelasan. Bercerita juga mendorong anak-anak untuk menjadi kreatif dan menggunakan imajinasinya untuk menggambarkan latar, karakter, dan cerita saat itu terjadi. Daripada diberikan gambar untuk mengiringi kata-kata, seperti ketika menonton film, anak lebih mampu membangun dunia di mana cerita diatur untuk diri mereka sendiri. Artinya, mereka dapat menggambarkan imajinasi mereka melalui cerita.

Fokus dan keterampilan

Melalui mendongeng Si Kecil didorong untuk mendengarkan orang lain, apakah itu saat Mama sedang membacakannya atau bercerita. Si Kecil belajar untuk lebih sabar dan membiarkan orang lain berbicara; Si Kecil mulai mengerti bahwa orang lain mungkin tidak menafsirkan hal-hal dengan cara yang sama ia  lakukan. Fokus dan keterampilan mendengarkan mereka, dikembangkan ketika mereka berkonsentrasi pada apa yang dikatakan Mama saat mendongeng, jika mereka tidak mendengarkan, mereka akan kehilangan sebagian alur ceritanya. Bercerita memberi anak-anak jendela ke dunia baru. Ini memberi mereka kesempatan untuk mempelajari ide dan informasi baru; tanpa disadari, mereka belajar pelajaran hidup yang berharga melalui mendengarkan kisah yang menarik dan mengasyikkan.

Pemahaman budaya

Bercerita memungkinkan anak-anak untuk mengetahui bahwa setiap negara di seluruh dunia memiliki tradisi yang berbeda. Ini dapat membantu mengembangkan apresiasi terhadap seluruh dunia dan budaya yang berbeda-beda. Bercerita telah terbukti membantu mengembangkan rasa empati ketika Si Kecil didorong untuk menempatkan diri pada posisi protagonis dalam cerita; untuk mempertimbangkan tindakan dan reaksi mereka dan mengapa mereka mungkin membuatnya.

Ayo mendongeng dengan Si Kecil mulai sejak dini! Perkenalkan dunia melalui bercerita. Happy reading!

Sumber: Bobo, Kumon.com
Gambar: Freepik.

Seberapa suka dengan artikel ini?