Aktivitas Anak

Olahraga di Rumah? Bisa Dong!

Oleh Chairunnisa   |   

Melakukan latihan fisik seperti olahraga bersama Si Kecil tidak harus rumit. Bahkan, itu bisa menyenangkan! Mama tidak memerlukan peralatan, atau ruangan yang besar. Mama cukup mengajak Si Kecil Olahraga bersama di rumah. Yuk kita lihat olahraga apa yang bisa Anda lakukan dengan Si Kecil di rumah.

Running

Berlari merupakan olahraga yang paling sederhana untuk anak. Si Kecil akan menyukainya! Si kecil bisa berlari-lari di sekitar rumah dan tidak perlu jauh-jauh, Mams. Cukup ajak Si Kecil ke perkarangan rumah untuk berlari-lari, sambil Mama bersih-bersih halaman rumah. Dengan begitu Mama tetap bisa beraktivitas dengan Si Kecil.

Olahraga ini juga dapat lebih bervariasi dengan menyuruh Si Kecil berlari sambil melompat. Si kecil juga bisa berlari sambil mengangkat lutut tinggi kedepan atau berlari dengan mengarahkan tumit kaki kebelakang menyentuh bokong. Lakukan terus pada setiap langkahnya. Perubahan arah dari sisi ke sisi bekerja baik untuk otot, otak serta meningkatkan koordinasi Si Kecil.

Jump

Lompat olahraga yang mudah dan menyenangkan untuk Si Kecil. Lompatan dapat membangun kekuatan otot, kebugaran, dan daya tahan tubuh. Caranya, Mama dapat berdiri tegak berhadapan dengan Si Kecil lalu melompat ke udara. Rentangkan kedua tangan saat melompat sambil berseru! berikut beberapa jenis Jump yang dapat dicoba :

  • Jumping Jacks  lakukan dengan merentangkan tangan dan kaki kesamping seperti bintang laut sambil  melompat, kembalikan posisi tangan dan kaki kesemula setelah mendarat.
  • Tuck Jump tekuk lutut  dan angkat tumit tinggi sambil melompat.
  • Hurdle hops melompat dari kanan ke kiri atau depan ke belakang.
  • One – foot hops lompat dengan satu kaki diangkat dan berdiri dengan satu kaki lainnya. Hal Ini dapat melatih keseimbangan Si Kecil.
  • Criss- cross fit melompat dengan silangkan satu kaki ke depan sisi lainnya. Lakukan bergantian.

Mama bisa coba lakukan setiap jenis Jump ini secara bergantian di ruang keluarga sambil menghidupkan musik agar Si Kecil lebih bersemangat.

Squats

Latihan sederhana ini melatih kekuatan kaki Si Kecil. Mama bisa melakukannya bersama Si Kecil, caranya berdirilah berhadapan. Masing-masing melebarkan kaki sejajar dengan bahu, dan tekukan lutut, seperti duduk di atas kursi. Pastikan punggung berdiri tegap dengan tangan lurus kedepan. Mama bisa sambil berpegangan dengan Si Kecil selama kurang  lebih 60 detik.

Mama juga bisa memasukan lompatan dalam urutan squat, melompat setelah berdiri diantara squat. Lakukan bergantian ya, Mams.

Push Up and Sit Up

Push Up bermanfaat untuk memperkuat tubuh bagian atas dan otot-otot perut.  Caranya, luruskan tangan Mama sejajar dada taha perut dan punggung secara lurus. Mama dan Si Kecil bisa melakuka ini dengan  kaki tertekuk atau lurus. Sit Up bisa mama lakukan dengan keadaan terlentang lalu tekukan kaki, minta Si Kecil untuk menahan kaki Mama dan lakukan sebaliknya.

Akhiri Dengan Stretching

Setelah berolahraga bersama anak-anak, selanjutnya lakukan beberapa peregangan sederhana untuk menjaga otot tetap kuat dan sehat. Melakukan peregangan dan pendinginan juga dapat membantu anak-anak meregangkan otot dan badan agar lebih relax. Pendinginan dilakukan juga untuk membantu mencegah cedera setelah olahraga.

Berikut beberapa aktivitas fisik yang tetap bisa Mama lakukan bersama Si Kecil di dalam rumah. Walaupun hanya di rumah tetap akan menyenangkan kok, Mams. Silahkan dicoba, ya.

“Baca artikel lainnya seputar coronavirus dan aktivitas yang bisa dilakukan Si Kecil di rumah:  kiddo.id/lawancorona dan ikuti juga kelas Whatsapp di kiddo.id/kulwap

Sumber  : Haibunda.comVerrywellFamilly.com
Gambar : Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?