Aktivitas Anak

Bosan di Rumah Saja? Coba Bermain Ini Dengan Si Kecil

Oleh Chairunnisa   |   

Mama merasa bosan di rumah saja sepanjang hari? Coba aja Si Kecil bermain, agar suasana di rumah menjadi lebih menyenangkan. Kiddo.id akan memberitahu ke Mama Permainan apa aja sih yang bisa mama lakukan dengan Si Kecil saat di rumah. lihat juga beberapa info aktivitas anak di Kiddo.id.

Berburu Harta Karun

Buat peta rumah Keluarga Kiddo dan sembunyikan benda-benda kecil di sekitarnya. Tandai setiap bagian harta yang tersembunyi di peta. Jelaskan peta kepada Si kecil dan tawarkan bantuan untuk permainan berburu seandainya mereka membutuhkannya.

Jika anak-anak Mama sudah bisa membaca, Mama bisa menggunakan kartu kata yang menggambarkan tempat dimana Mama menyembunyikan benda. Misalnya: “Saya kedinginan dan membuat suara ‘bing bing’ jika dibiarkan terbuka”. Jawabannya adalah lemari es, ya tentu saja. Anak-anak suka kombinasi permainan kuis dan perburuan ini. Sangat tidak mungkin untuk tidak bersenang-senang.

Bahkan setelah mereka menemukan semua harta karun, mengapa tidak membiarkan Si Kecil  mengatur perburuan mereka sendiri? Mereka dapat menggambar peta mereka sendiri atau membuat pertanyaan tersembunyi mereka sendiri untuk mengirimi sebuah pencarian yang hebat.

Indoor Gym

Ubah ruang tamu Mama menjadi gym buat Si Kecil dan ciptakan beberapa jenis olahraga yang menyenangkan dengan sesuai usia. Mama dapat meletakkan lembaran kertas di lantai, anak-anak harus berjalan melewati kertas dan tidak boleh menginjak sisi lain selain berdiri di atas kertas.

Permainan Latihan senam jenis apa pun juga dapat dilakukan hanya dengan menggerakkan badan mereka sendiri menggunakan musik, berlompat-lompat dan lari mengelilingi meja. Untuk membuatnya lebih kompetitif, Mama dapat menggunakan stopwatch untuk menentukan durasi setiap latihan. Tapi pastikan untuk tetap pada durasi yang sesuai usia Si Kecil. Yang lebih asyik lagi adalah ketika Mama dan Papa bergabung dalam kegiatan olahraga anak-anak dan setelah itu Anda semua berhak mendapatkan hadiah istimewa!

Membuat trek mobil dengan selotip berwarna

Bermain mobil-mobilan sangat menyenangkan untuk anak-anak. Si kecil akan mengunakan imajinasinya untuk memainkan permainan ini. Agar imajinasi Si Kecil lebih berkembang Mama bisa menambahkan trek dan instrument pendukung lainnya agar terlihat lebih real. Caranya Mama bisa mengambil selotip dan membuat jalan di seluruh lantai. Pikirkan tentang bagaimana Si Kecil akan terhubung, ke mana ia akan mengarah, dan pemandangan apa yang mungkin perlu Mama tambahkan di sepanjang jalan. Buat Skenario bersama Si Kecil agar lebih menyenangkan!

Memancing di Bak Mandi

Permainan berikutnya yaitu mengajak Si Kecil memancing di Bak mandi. Ada banyak jualan mainan ikan-ikan magnet tetapi jika Si Kecil tidak punya Mama bisa membuatnya. Berikut langkah-langkah yang perlu Mama lakukan dikutip melalui The Asian Prenting :

  • Gambarlah pola ikan dalam berbagai ukuran pada kertas karton, kemudian gunting.
  • Tempelkan magnet di setiap pola ikan yang sudah Mama buat.
  • Siapkan kail untuk memancing. Kail ini bisa Mama buat dengan mengikatkan benang ke tongkat/ bekas gagang sapu. Lalu, ikatkan juga magnet di bagian ujung benang agar kail mainan ini bisa digunakan untuk memancing ikan-ikan kertas yang sudah Ibu buat sebelumnya.
  • Letakkan ikan-ikan kertas ke dalam bathub kosong dan berikan kail pada Si Kecil untuk memancingnya.

Selain seru dan menyenangkan, permainan yang bisa melatih kesabaran ini juga mengakomodir Si Kecil belajar hal baru, yaitu konsep gaya tarik magnet.

Baca artikel lainnya mengenai corona virus dan aktivitas yang bisa dilakukan Si Kecil di rumah: kiddo.id/lawancorona dan ikuti juga kelas Whatsapp di kiddo.id/kulwap

Sumber : Toucanbox.com, Theasianparenting
Gambar : Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?