Do It Yourself

Cara Mudah Membuat Masker Filter Udara

Oleh Chairunnisa   |   

Kesulitan mendapatkan stok masker di pasaran? Tenang, Mama bisa buat masker filter sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan!  

Kebutuhan masker yang semakin meningkat membuat masker sulit sekali untuk ditemukan. Krisis masker ini terjadi akibat merebaknya virus corona. Banyak pihak lain yang juga menggunakan kesempatan ini untuk mencari keuntungan, menjual dengan harga yang mahal. Daripada Mama Papa membeli dengan harga mahal lebih baik untuk menggunakan masker kain. Menurut Dr Chen Xiaoting yang berasal dari Taiwan, masker kain bisa menggantikan masker operasi, dengan syarat rutin untuk mencucinya. Berikut cara pembuatan masker filter udara yang Kiddo.id kutip melalui video youtube dibawah ini :

Alat dan Bahan

  • Gunting
  • Jarum pentul, jarum tangan, benang, dedelan
  • Kapur tekstil, penggaris
  • Kawat dari bekas kamu/ kawat biasa dilapisi plastic
  • Tisu Basah/Tisu biasa
  • Karet jahit lebar 0.5 cm atau 1 cm
  • Kain katun bordir dan kain linen.

Cara Pembuatan

  1. Ambil masker bekas kamu untuk menjadi cetakkan,  Lalu lipat jadi dua dan lebarkan. Jiplak ke kertas untuk membuat polanya.
  2. Siapkan kain, Kain yang berserat alami seperti katun bordir untuk kain utama (bagian luar) dan kain linen (bagian dalam). Letakkan kertas yang sudah bentuk pola tadi di atas kain utama lalu gunting mengikuti polanya sebanyak dua kali. Lakukan hal yang sama untuk kain bagian dalam.
  3. Jahit sisi tengah masker untuk kedua bagian. Metode jahit yang digunakan yaitu mulai dari ujung kemudian jahit maju sekita 0.5 cm, tusuk dari bawah, kemudian mundur 0.3 cm tusuk dari atas, lalu maju sekita 0.6 cm dari titik jahit yang paling depan. Ulangi langkah tadi sampai ujung. Jika Sudah, simpul dengan cara tusuk sedikit, kemudian lilit benang 5-6 kali lalu tarik. Ulangi cara yang sama pada kain untuk bagian dalam.
  4. Pasang 2 karet 17cm untuk mengkaitkan ke kuping Anda. Jahit setiap pinggir masker dengan metode yang sama lalu sisakan lubang sekitar 5cm untuk membalikan jahitan. Tutup sisa lubang tadi dengan jahitan selip – Caranya tusuk dari dalam ke luar di satu sisi, kemudian selip sekitar 0.3 cm di tengah atas ke satu bagian lainnya (jahit bersebrangan). Lakukan sampai lubang tertutup dan simpul.
  5. Sekarang, pasang filter udara. Siapkan tissue bisa atau tissue basah, tetapi lebih disarankan untuk menggunakan tissue basah. Dokter Taiwan menyarankan untuk menambahkan kain non woven seperti tissue basah untuk men-filter udara.  Gunting mengikuti pola masker. Untuk memasukan tissue lepas jahitan tengah pada bagian dalam masker lalu selipkan tissue masah di dalamnya.
  6. Masker sudah siap digunakan! Perlu diingat untuk mengganti tissue sesering mungkin 2-3 kali saat kamu aktivitas di luar dan cuci masker setelah menggunakannya.

Silahkan dicoba ya, Mams! Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker saat keluar rumah atau berada di tempat umum. Semoga Keluarga kiddo selalu tetap sehat!

Sumber: Sagithayang
Gambar: Pinterest

Seberapa suka dengan artikel ini?