Aktivitas Anak

Tips Agar Anak Tetap Semangat Belajar Selama Sekolah Diliburkan

Oleh Chairunnisa   |   

Beberapa sekolah saat ini sudah menetapkan sistem belajar jarak jauh. Kebijakan sekolah untuk meliburkan siswa merupakan bentuk tindakan meminimalisir penyebaran virus corona, pelajar diminta untuk belajar dari rumah dengan sistem online.  Bagaimana dengan sekolah Si Kecil? Apakah juga saat ini ditetapkan kebijakan tersebut? Kalau iya mama mungkin harus mengikuti beberapa tips ini untuk mempersiapkan segala kebutuhan Si Kecil selama belajar di rumah, agar ia juga tetap bersemangat layaknya belajar di sekolah.

1. Menata Ruang belajar

Bagaimana Si kecil akan betah jika ruang belajar kotor dan tidak nyaman? Mama mungkin dapat membersihkan tempat belajar Si Kecil dan menata ulang agar Si Kecil tidak merasa bosan. Rapikan barang-barang atau buku-buku yang tidak digunakan lagi kedalam kardus. Kemudian bersihkan debu di atas meja. Kebersihan sangat penting sekali karena wabah virus corona yang sudah tersebar di negara kita.

Eksplorasi setiap sudut kamar Si Kecil, ubah posisi meja belajar agar anak mendapatkan suasana baru. Mama menata se-kreatif mungkin meja belajar kecil, seperti meletakkan beberapa aksesoris menarik. Sebagai contoh meletakkan action vigure tokoh favorite Si Kecil agar menciptakan suasana yang lebih personal di ruangan belajar anak ini. Tidak perlu terlalu banyak hiasan itu juga membuat ruang belajar Si Kecil menjadi sempit. Akhirnya, membuat ia jadi tidak nyaman juga.

2. Siapkan alat tulis lengkap

Alat tulis sangat penting untuk menunjang kegiatan belajar. Mama harus memastikan bahwa alat tulis sudah lengkap  dan tersedia cukup selama kegiatan belajar di rumah berlangsung. Apabila Mama tidak menyiapkan alat tulis dari awal, kemudian kehabisan atau kehilangan pulpen atau penghapus, Mama harus keluar membelinya. Membuat anak menjadi tertunda belajarnya dan Mama menjadi repot sendiri. Ingat loh, ma untuk saat ini keluar rumah, cukup berisiko apalagi ke tempat umum.

3. Buat agenda belajar

Untuk membantunya disiplin dan teratur dengan tugas-tugasnya selama belajar dirumah, Mama bisa mengajarkan Si Kecil menggunakan catatan agenda to-do-list hal apa saja yang sudah kamu lakukan hari ini. Seperti kita tahu tetap di rumah dalam jangka waktu lama dan tidak bisa melakukan apa-apa akan membuat bosan. Fungsi agenda ini agar Si Kecil dapat menata kegiatan mereka menjadi lebih produktif di rumah.

Caranya Si Kecil dapat mencatat list pekerjaan rumah minggu ini, tugas apa yang harus dikumpulkan minggu ini, beserta deadline-nya. Mama bisa membuat agenda Si Kecil dengan gambar-gambar yang lucu pada ruang belajarnya atau juga bisa ajak Si Kecil membuatnya, untuk menciptakan metode belajar menyenangkan.

4. Siapkan makanan ringan

Supaya Si Kecil tidak cepat mengantuk, makanan adalah teman yang tepat untuk menemani. Mengunyah cukup disarankan untuk menjaga Si Kecil tetap fokus. Tapi perhatikan Si Kecil jangan jadi sibuk makan melulu ya! Usahakan konsumsi camilan yang bergizi untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah terserang virus. Camilan yang bisa kamu konsumsi contohnya buah-buahan, kacang-kacangan, dark chocolate, keju, dan yogurt. Yummy!

5. Belajar online berkelompok

Belajar sendiri di rumah pastinya sangat membosankan. Biasanya, Si Kecil merasa senang belajar di sekolah yang begitu ramai, terdapat guru dan teman-teman . Saat sekarang diperintahkan untuk belajar dari rumah juga membuat Si Kecil kebingungan sekiranya ada materi yang tidak dimengerti. Hal tersebut yang kiddo.id sarankan untuk Si Kecil belajar online berkelompok . Si Kecil bisa berdiskusi dengan teman-temanya menggunakan aplikasi online video call, voice call atau chat room.  Jadi tetap bisa berinteraksi ‘kan dengan teman sekolah?

Pastikan ya mams agar anak tetap belajar di rumah walaupun sekolah diliburkan. Saat ini juga belom dipastikan kapan kebijakan ini terus berlangsung. Tentu Mama juga tidak ingin Si Kecil ketinggalan materi bukan? Sebab belajar di rumah membuatnya tidak bersemangat. Mama juga bisa download  lembar aktivitas belajar Si Kecil di Kiddo.id

Baca artikel lainnya seputar coronavirus dan aktivitas yang bisa dilakukan Si Kecil di rumah:  kiddo.id/lawancorona dan ikuti juga kelas Whatsapp di kiddo.id/kulwap.

Sumber :TheAsiantParent, Ruangguru
Gambar :Freepik

Seberapa suka dengan artikel ini?