Aktivitas Anak

Manfaat Berenang untuk Anak Umur di Bawah Satu Tahun

Oleh Fiona Aberima   |   

Bermain air di usia yang sangat muda ada banyak manfaatnya, lho. Berada di dalam air melibatkan tubuh Si Kecil dengan cara yang benar-benar unik seperti menciptakan miliaran neuron baru saat Si Kecil menendang, meluncur, dan menampar air. Karena sistem kekebalan tubuh mereka yang halus, dokter biasanya menyarankan agar orang tua menjaga bayi mereka dari kolam atau danau yang diklorinasi sampai mereka berusia sekitar 6 bulan. Tetapi Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memperkenalkan Si Kecil ke kolam renang. Anak-anak yang tidak basah sampai nanti cenderung lebih takut dan negatif tentang berenang. Anak-anak yang lebih kecil juga biasanya kurang tahan terhadap mengambang di punggung mereka, suatu keterampilan yang bahkan beberapa bayi dapat belajar! Berikut ini adalah perkiraan manfaat berenang untuk anak umur di bawah satu tahun:

1. Meningkatkan fungsi kognitif

Gerakan yang menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan suatu tindakan, membantu otak Si Kecil tumbuh. Saat berenang, Si Kecil menggerakkan tangan mereka sambil menendang kaki mereka.  Dengan melakukan tindakan ini di dalam air, otak mereka mendaftarkan sensasi sentuhan air ditambah daya tahannya. Berenang juga merupakan pengalaman sosial yang unik, yang semakin meningkatkan kekuatan otaknya.

2. Meningkatkan kepercayaan diri

Sebagian besar kelas bayi meliputi elemen seperti permainan air, lagu, dan kontak kulit dengan orang tua atau pengasuh. Anak-anak berinteraksi satu sama lain dan dengan instruktur dan mulai belajar berfungsi dalam kelompok. Elemen-elemen ini, ditambah kesenangan mempelajari keterampilan baru, dapat meningkatkan kepercayaan diri Si Kecil.

Sebuah studi tahun 2010 menyarankan anak-anak berusia 4 tahun yang telah mengambil pelajaran berenang pada selang waktu dari usia 2 bulan hingga 4 tahun lebih baik beradaptasi dengan situasi baru, lebih percaya diri, dan lebih mandiri daripada yang belum berenang.

3. Meningkatkan waktu berkualitas

Waktu berenang yang melibatkan Mama Papa di dalam air memperkuat ikatan antar orang tua dan anak. Selama berenang, hanya Mama Papa dan Si Kecil yang fokus kepada satu sama lain, jadi ini cara yang luar biasa untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama.

4. Membangun otot

Berenang membantu meningkatkan perkembangan otot dan kontrol penting pada bayi di usia muda. Anak-anak kecil perlu mengembangkan otot-otot yang diperlukan untuk mengangkat kepala, menggerakkan tangan dan kaki, dan melatih otot perut mereka dalam koordinasi dengan seluruh tubuh mereka.

Swimming.org menunjukkan bahwa waktu berenang Si Kecil tidak hanya meningkatkan kekuatan dan kemampuan otot mereka di luar, tetapi latihan memberikan manfaat internal juga dengan membuat sendi-sendi itu bergerak. Berenang juga akan membantu memperkuat jantung, paru-paru, otak, dan pembuluh darah Si Kecil.

5. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Seiring dengan pembentukan otot, waktu di kolam renang dapat membantu Si Kecil meningkatkan koordinasi dan keseimbangan. Tidak mudah belajar menggerakkan lengan dan kaki kecil itu bersama-sama. Bahkan gerakan terkoordinasi kecil mewakili lompatan besar dalam perkembangan Si Kecil.

Sebuah studi oleh Paediatr Child Health menemukan bahwa pelajaran berenang dapat membantu pembentukan perilaku yang baik bagi anak-anak ketika mereka tumbuh. Penelitian ini tidak mengatakan mengapa anak-anak yang memiliki pelajaran mungkin berperilaku lebih baik di luar lingkungan kolam, tetapi mungkin mereka dilatih untuk mendengarkan instruktur dewasa sebelum masuk ke dalam air dan diminta untuk mengikuti instruksi.

6. Memperbaiki pola tidur

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, waktu berenang membutuhkan banyak energi bagi Si Kecil. Mereka berada di lingkungan yang baru, menggunakan tubuh mereka dengan cara yang benar-benar baru, dan mereka bekerja ekstra keras untuk tetap hangat.

Semua aktivitas ekstra itu menghabiskan banyak energi, sehingga Mama Papa mungkin memperhatikan bahwa Si Kecil lebih mengantuk setelah pelajaran berenang. Mama Papa mungkin harus menjadwalkan waktu untuk tidur siang setelah waktu berenang atau memajukan waktu tidur pada hari-hari dimana Si Kecil berenang.

7. Meningkatkan nafsu makan

Menghabiskan seharian di kolam renang atau pantai pasti membuat Mama Papa menjadi lapar, Si Kecil pun demikian. Semua aktivitas fisik di dalam air, serta energi yang dibutuhkan tubuh kecil mereka untuk tetap hangat, membakar banyak kalori. Mama Papa mungkin akan melihat peningkatan nafsu makan Si Kecil setelah waktu berenang yang teratur.

 

Itulah beberapa manfaat berenang untuk Si Kecil yang masih di bawah satu tahun umurnya, Mama Papa! Namun perlu kita ingat, bayi tidak boleh dibiarkan sendirian di sekitar badan air, seperti bathtub atau kolam. Penting untuk diingat bahwa Si Kecil dapat tenggelam bahkan di ketinggian 2.5 cm air. Untuk anak-anak di bawah 4 tahun, yang terbaik adalah melakukan “pengawasan sentuhan.” Itu berarti bahwa orang dewasa harus cukup dekat untuk menyentuh mereka setiap saat. Meskipun ada manfaat berenang bagi Si Kecil, ini bukan berarti Si Kecil harus mulai berenang sebelum umur 1 yah, Mama Papa. Semoga ini bermanfaat untuk Mama Papa!

Source: Healthline

Seberapa suka dengan artikel ini?